Aug 15, 2010

Tingkatan / Level Hacker


Saya yakin diantara anda yang datang ke blog ini adalah seorang hacker. Tapi saya tidak tahu hacker seperti apakah anda, sebab dari istilah hacker sendiri terbagi menjadi beberapa level atau tingkatan. Setelah sebelumnya saya membahas mengenai definisi dan perbedaan antara hacker dan cracker dalam meluruskan identitas hacker, maka berikut ini adalah mengenai level atau tingkatan hacker. Untuk lebih jelasnya, mari kita ketahui langsung. 

Gilbert alverdian, seorang senior security consultant NEO Corporation Pty Limited yang berbasis di Sydney, menyusun level2 hacker. Tingkatan ini murni diberikan berdasarkan kepiawaian dan bukan karena umur atau senioritas. Untuk mendapat pengakuan/derajat, seorang hacker harus mampu membuat program untuk mencari kelemahan system, menulis tutorial atau artikel, aktif diskusi di mailing list, membuat situs web, dsb. Tingkatan:

1. Elite: level tertinggi ini adalah ujung tombak dari indrustri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistem operasi luar dan dalam, mereka junga sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Selain itu, mereka sanggup melakukan pemrograman setiap hari, dan biasanya efisien dan terampil. Mereka tidak menghancurkan data-data, namun keberadaannya seperti siluman gentayangan yang dapat memasuki sistem tanpa diketahui. Dan yang terpenting mereka taat peraturan, 

2. Semi Elite: satu tahap dibawah level Elite, hacker pada tingkatan ini sama memiliki kemampuan dan memiliki  pengetahuan luas tentang computer. Mereka mengerti tentang system operasi dan kelemahannya. Didalam melancarkan aksinya sebagai hacker, biasanya mereka menggunakan senjata yang berupa program atau tools. Kemudian mereka mempublikasikan serangan yang telah dilakukan itu.

3. Developed Kiddie: hacker pada level ini lebih cocok disebutkan pada mereka yang masih sekolah, -katakanlah ABG-. Mereka dapat membaca metode dan cara hacking, lalu mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil lalu mereka mengumumkan kesuksesannya itu kepada yang lainnya. Pada umumnya mereka masih menggunakan tools GUI (Grafik User Interface) dan baru belajar basic dan UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru dari sistem operasi.

4. Script Kiddie: Aktivitas hacker pada level ini sama dengan yang dilakukan oleh hdeveloped kiddie. Namun lebih cenderung sama seperti pada level berikutnya (Lamer). Yaitu merekahanya mengandalkan pengetahuan teknis networking yang sangat minim. Biasanya, tidak lepas dari GUI. Hacking ini dilakukan menggunakan Trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup sebagian para pengguna internet.

5. Lamer: seperti yang disinggung tadi sebelumnya, mereka adalah pemula, tanpa pengetahuan, bahkan pengalaman. Biasanya keinginan mereka untuk menjadi seorang hacker (wannabe hacker) muncul setelah membaca atau mendengarkan kehebatan para hacker. Secara umum biasanya mereka sebagai lamer ini mempergunakan komputer mereka untuk main game, chat, tukar menukar software, atau mencuri kartu kredit. Dan biasanya melakukan haktivitas hackingnya dengan software Trojan, nuke, dan DoS. 
Tak jarang mereka menyombongkan diri melalui IRC Channel atau komunitasnya. Namun sejauh manapun, dalam perkembangannya, hacker lamer ini hanya mampu mencapai pada tingkatan depeloped kiddie atau bahkan hanya mampu pada script kiddie saja.

Dari 5 poin tingkatan hacker tadi, kira-kira anda termasuk level yang mana? Tentu anda akan bisa menyimpulkan sendiri. Dan buat anda yang berkeinginan menjadi seorang hacker sejati sebaiknya anda kuasai syarat-syarat sebagai berikut. (resep hacker ini dari sony-ak.com)


1. Mengerti dan memahami protocol-protokol di internet, seperti HTTP, FTP, IRC, SMTP, POP3, NNTP, Telnet, SSH, TCP, dsb.

2. Harus memiliki kecintaan dengan dunia pemrograman computer. Harus menguasai beberapa atau minimal satu bahasa pemrograman, Contoh programmingnya misalnya C/C++, perl, phyton, PHP, ASP, SQL, Java, Delphi, Visual Basic, HTML, XML.
 
3. Bergabung dengan komunitas internet security atau hacker yang lain. Tujuannya yaitu untuk menambah wawasan, bertukar ide dan pengalaman. Misalnya melalui mailing list, forum, atau chatting. Ikuti juga acara-acara hacker gathering atau seminar, karena dengan ini penguasaan bahasa asing adalah mutlak atau harga mati.
Itulah beberapa tingkatan level yang mungkin salah satunya adalah level anda, saya harap anda bisa menjadi seorang hacker sejati yang benar-benar bermanfaat untuk dunia. Terimakasih, semoga bermanfaat.

6 komentar

Pertamanya....
Ternyata hacker punya tingkatan juga yah sob,,, kirain cuma Google aja yang punya PageRank,,,,

Sebenernya masih ada lagi Sob.... cuma kayanya cukup hhe... klo buatku dlu itu kerjaan Sob... Ng'hack web perusahaan pokoknya hukumnya wajib klo gak dipecat haha....

Thnx 4 share Sob... met liburan ya...

@astho: iya sob, kira2 masuk level mana nih?
@ferdinand: wuih sangar sob, iya deh percaya sam dj-site mantabh.. thanks jg sobatkuw.. :-)

wah saya mah ga masuk kategori manapun.
sebagai user normal aja deh. :)

oya mas Akoey, blogmu agak kegendutan niih. Jadi klo saya pengen baca2 di sini, kudu nunggu loading yg lama. Jadi tolong, isi perutnya dibuang sedikit. Biar jadi sering visit.
Thank's.

@Muhammad Taqi: oke sob, thanks dah comment
@Arkan: oh gitu toh, iya deh makasih masukan'y sob.. biar ane proses.. :)


EmoticonEmoticon