Jun 15, 2010

Rangkaian Pemancar (Tx) dan Penerima (Rx) Pada Handphone


Dalam proses pemancaran dan penerimaan sinyal, ponsel memiliki dua unit rangkaian penunjang yaitu rangkaian suplai daya  dan rangkaian pengaturan logika. Rangkaian suplai daya berfungsi memberikan atau menyalurkan daya ke seluruh unit rangkaian dalam ponsel. proses penyaluran inidimulai dari baterai yang mengalirkan arus searah (DC) kemudian daya yang dikeluarkannya diatur oleh sebuah unit regulator yaitu IC power Suply untuk menentukan besarnya energi yang dibutuhkan oleh setiap unit rangkaian yg lain. Kemudian energi yang terserap oleh ponsel diatur dan diolah oleh unit logika (CPU) yang juga mengatur tampilan data dan suara.

Rangkaian Pemancar (TX), yang berfungsi mentransmisikan sinyal gelombang elektromagnetik menuju operator (BTS / Base Transmitter System). Selain itu sinyal tersebut juga membawa identitas pelanggan sehingga memungkinkan dorespon oleh operator baik itu GSM maupun CDMA dengan keluarnya sinyal operator. RF processor merupakan pusat pengolahan gelombang radio, pada ponsel yang diperkuat sinyalnya oleh Power Amplifier. Selanjutnya sunyal tersebut disesuaikan terhadap antena melalui Duplexter.

Rangkaian penerima (Rx) merupakan unit rangkaian yang berfungsi sebagai penerima gelombang radio dari BTS operator. rangkaiannya secara mendasar ini sebagai berikut:

  1. Antena, merupakan komponen ponsel yang menangkap dan menerima sinyal operator.
  2. Switch antena (Duplexter), berfungsi sebagai penyesuai hubungan antara antena terhadap unit rangkaian transmisi dan receiver. Kerja komponen ini juga rangkap yaitu sebagai pemancar dan penerima agar terjadi komunikasi dua arah.
  3. IC Power Amplifier, berfungsi memperkuat sinyal menggunakan frekuensi yang telah diatur dan ditetapkan oleh ponsel. Selain memancarkan sinyal gelombang elektro magnetik, IC Power Amplifier juga berfungsi mengunci sinyal agar tetap tersambung ke operator.
  4. RF Processor, adalah merupakan komponen yang menngolah sinyal secara terpadu, sekaligus memperkuat selisih sinyal yang diperlukan pada saatpemancara dan penerimaan. Kemudian sinyal tersebut diatur dan disesuaikan agar kambali diubah menjadi bentuk suara atau data tampilan.
  5. IC Audio, berfungsi memperkuat sinyal yang telah diolah oleh RF Procesor, kemudian diperkuat menjadi bentuk getaran suara. unit ini berhubungan dengan ,icrophone dan speaker.
  6. CO (Crystal Ocscilator), berfungsi menghasilkan sinyal osilasi sebagai proses pengaturan frekuensi yang melakukan perbandingan frekuensi dengan signal data operator melalui RF Processor.
  7. Penala, adalah merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari jaringan komponen pasif atau filter yang berfungsi melakukan pendeteksian dan menangkap sinyal operator.
Selain unit tersebut diatas, ada unit yang lain yang juga penting yaitu rangkaian Power suply. Rangkaian ini terdiri dari baterai sebagai sumber utama energi ponsel yang mengantarkan arus searah ke IC Power Supply dan komponen UI. IC Power Supply berfungsi sebagai pendistribusi sekaligus mengatur tegangan dari baterai ke seluruh unit rangkaian. Komponen ini juga mengatur tegangan pengisian baterai untuk memutuskan arus pengisian secara kompak pada baterai.


EmoticonEmoticon