Penyebab Kerusakan Kabel Fleksibel (Flexible) Ponsel dan Tips Pemasangan

Akoey Jr.
By -
90

flexible Diantara jenis ponsel yang beredar saat ini, kita mengenal beberapa model yang berbeda, misalnya qwerty dan touch screen yang tengah marak, slider, flip, dan model biasa. Bagaimana dengan milik anda? tentu sesuai selera bukan? Nah, diantara beberapa jenis tersebut perangkat atau ponsel yang paling rentan atau pendek umur adalah jebis flip dan slide. Mengapa demikian? ini dikarenakan pada telepon genggam jenis ini menggunakan sebuah komponen yang bersifat elastis yaitu flexible cable atau biasa disebut kabel fleksibel atau flexi. Memang sudah jarang kita temui pada ponsel keluaran baru, namun biasanya kita dapati pada ponsel CDMA yang paling banyak.

Pertanyaannya, kenapa tipe ini cepat rusak? ya jelasnya pada bagian layar atau LCD, karena komponen yang berbahan penghantar yang dibungkus plastik ini sering mengalami gerakan atau geseran sehingga terjadi gesekan yang membuat komponen tersebut rusak. Kondisi yang bisa dilihat adalah ditandai dengan buramnya tampilan layar, kedip2 pada layar, warna yang kabur, dan atau tidak tampak sama sekali.

Bagaimana penyebab kerusakkan kabel fleksibel tersebut? Seperti telah disinggung diatas, penyebabnya antara lain adalah sebagai karena seringnya terjadi gerakan membuka, menutup atau menggeser yang menyebabkan gesekan atau lipatan dan terputuslah salah satu atau beberapa jalur yang ada pada kabel tersebut. Lalu bagaimana agar ponsel slide atau flip kita tidak cepat rusak terutama pada bagian layar? tipsnya sederhana saja yaitu jangan terlalu seing membuka/menutup atau menggeser ponsel. Kemudian jika terjadi gejala seperti yang telah diurai diatas seperti LCD buram, kedip2, atau blank, maka jangan coba memaksakan untuk memakai ponsel anda (walaupun masih dapat digunakan untuk menelpon), karena jika dipaksakan, ketika ada jalur dalam fleksibel tersebut yang putus dan itu adalah tegangan, bisa mengakibatkan korsleting pada komponen lainnya dan akibatnya bisa fatal (bisa sampai mati), repot kalu sudah begitu. :D

Berikutnya ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk para teknisi ponsel, ini sekedar berbagi pengalaman saja ketika mengganti kabel fleksibel gunakanlah spare part original walaupun lebih mahal (bagi empunya hp juga anda bisa minta teknisi untuk menggunakan yang original), harga biasanya berkisar 2 s/d 3 kali lipat dari haega spare part lokal. Kemudian pada saat penggantian, pertama perhatikan posisi letak kabel dan casing, dan ujung kedua kabel jangan sampai terbalik, hindarilah kontak tangan (berkeringat) dengan elemen/jalur kabel, apalagi terkena air. Berikutnya usahakanlah pemasangan spare part sekali pasang, jangan berulang-ulang karena bisa saja posisi menjadi longgar pada socketnya. Jika pemasangan dengan cara di solder maka usahakan agar timah benar-benar rata agar tidak terjadi korsleting, karena jika terjadi hal ini akan membuat anda bekerja keras lagi. Dan terakhir tetaplah teliti dengan pekerjaan anda. :D

Baiklah teman2, demikian beberapa tips sederhana yang bisa saya bagi dengan anda, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

90Komentar

  1. mantap tipsnya bro..saya sie kalau ho rusak bawa ke bengkel

    BalasHapus
  2. bagus buat saya, karena saya tak mengerti soal handphone.. salam kenal ya mas :D

    BalasHapus
  3. Mas ni Award dari saya sebagai tanda persahabatan. diterima ya mas

    http://www.andisyam.web.id/2011/03/award-pertama-belajar-komputer.html

    BalasHapus
  4. keren artikelnya...
    tapi tetap saja aku gak ngerti :(

    BalasHapus
  5. sya mau tnya...
    klo mau masang lcd baru,,,tp hpnya lupa di matiin...ap ad pengaruhnya bt fleksibel hp...??
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruh mas, secara langsung atau tdk langsung pasti ada pengaruhnya, soalnya masih ada aliran listrik langsung dilepas bisa terjadi arus singkat mas. kemungkinan berdampak pada komponen lain selain lcd.

      Hapus
  6. .hery: berarti baterai masih terpoasang n cuma buka casing atas aja kan? seharusnya pada saat mereparasi ponsel, komponen apapun itu harus dalam keadaan mati. dikhawatirkan ada pengaruhnya terhadap komponen baik hardware maupun software. yang diakibatkan hubung singkat, atau karena software belum siap. begitu kira2.

    buat sobat balimoz, auraman, dan andisyam, juga nolovescal. makasih n salam kenal ya...

    BalasHapus
  7. Mas mo nanya kalo hp ku N97 mini gak mau dihidupkan on/off nya tapi cas baterai tetap jalan tu gara2 apa mas??

    BalasHapus
  8. .anonymous: maaf, pernah trjatuh ga hp nya? kemungkinan bisa ada yg bergeser komponennya. atau memang kontaknya sudah kurang bagus. mksih.

    BalasHapus
  9. mas mahal ga sih kalo ganti flexible kabel hape? kisaran harganya berapa ya. Hp saya soner xperia mini pro. trimakasih sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flexible original biasanya sekitar 3 - 4 x harga lokal. harga flexible hp punya mas sekitar 600rb-an. mkasih udh mampir ya.

      Hapus
    2. Kalo hp SE zylo berapa harga flexible originalnya??
      soalnya udah dua kali diganti pake yg biasa tetep rusak, ceritanya sekarang mw diganti ke yg 3 kalinya...

      Hapus
    3. Haduhhh.... Flexi xperia mini pro mahal bangett T_T itu taun segitu harganya segitu, tp sktr thn 2013/2014 saya betulin di t4 reparasi kok kenanya cm 200an ya? Apa itu flexi abal2? *skrg udh rusak lagi hpnya*

      Hapus
  10. saya kemarin ganti fleksible E71 tapi bukan ori, kok semua keypad dan joystik jadi keras. Apa itu pengaruh fleksibelnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi pengaruh flexible shingga casing gak rapat. karena memang ukuran flexible lokal sedikit beda terutama ketebalan. saya sarankan untuk nokia kelas seperti E71 sebaiknya pake yang ori, kalau pake yg lokal dijamin gak kan kepake lama. maksih udh mampir..

      Hapus
  11. artikelnya ngebantu bgt..
    mas kalo flexible nokia 5730 yg ori & yg palsu brp ya kisarannya?
    mksh.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg palsu (kecil) dibawah 30rb dapet mas, kalo yg ori saya kurang tau harga terakhir mas. thanks..

      Hapus
  12. mas, hp saya galaxy 551, awalnya klo dipake telp gak bisa denger lawan bicara. skrg klo slidenya digeser suka kedap kedip. duh..
    klo hpnya tetep dipake tanpa membuka slide masih bahaya gak? kebetulan hpnya touchscreen. soanya untuk ori service di SSC 300rb. klo yg lokal kira2 brp ya mas? makasih ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg prtama bahaya, lebih baik jangan dipake mas Nae, soalnya bisa terjadi korsleting kalo seandainya tergeser, kecuali dipatenkan slidenya dimatikan :D,
      yg kedua, saya sarankan jgn pake yg lokal mas, kalo yg ori 33orb, yg lokal bisa 70rb sebulan ganti. gitu mas.

      Hapus
  13. kebukti...emang bener klo flexible lokal 1 bulan ganti.soner ku zylo dahh 1 bulan+3 hari udh mulai tanda" mau rusak(layar nghang wktu d ttup slideny)

    Mas,ketahanannya flexible Ori emang berapa lama sihh..?kok mahal banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kk gitu lah klo sparepart lokal mas, dari material bahan seperti plastik/mika, terutama karbonnya kan beda kualitasnya.
      sbetulnya ada lifetimenya mas,
      misal: buat satu merek A, flexible bisa kerja normal sebanyak 10 pangkat 5 kali melipat. atau sekitar 100000x melipat, kalo sehari 10x buka tutup slider, kalikan aja 365 berarti sekitar 3650x setahun, berarti plus minus ketahanannya bisa dikalikan sendiri :). bervariasi tergantung dari kualitasnya tadi mas. thnks mas udh mampir...

      Hapus
  14. Mas, HP saya Xperia Mini Pro. Jika slidenya dibuka, layar HPnya jadi kayak bergaris2 dan bintik2 gitu. Gaada tampilannya. Tapi pas slidenya ditutup bisa normal lagi. Itu karena pengrauh flexibelnya ya? Terus kalo service ke Sony Service Center bayar gak? (Karena masih segel dan garansi masih sampe bulan Mei) Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kemungkinan besar itu krn flexiblenya yg bermasalah, biasanya karbon yg tepat pada lipatannya sudah putus sebagian, tp klo ditutup karbon nyambung. trus klo ke service center selama masa garansi biasanya gratis selama termasuk dalam kategori garansi selain human error. dibaca lagi aja ketentuan garansinya apakah termasuk sparepart atau engine saja?
      Makasih mas udah berkunjung...

      Hapus
    2. bisa minta pin atau wa nya gan ?? pnyaku juga xperia mini pro layar jadi garis garis 1/2 layar sendiri.. kali aja bisa tanya tanya..

      Hapus
    3. mas minta pin atau nomer WAnya kasus kerusakan hampir sama

      Hapus
  15. bang hp saya nokia x3 dan hampir sama kerusakannya kayak si agan ini >> ChoiSiwon_Fanboy. klo misalnya saya service di nokianya langsung, kira-kira harga flexiblenya berapa yah?

    BalasHapus
  16. Mas kalo flexible torch yg rusak,harga ganti baru nya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga flexible torch:
      Original : 225rb
      Kualitas 1: 175rb
      Kualitas 2: 130rb
      Kualitas 3: 120rb

      kurang lebih kisaran segitu harganya mas, silakan cek ke tempat2 pusat BB.
      makasih..

      Hapus
  17. mas, mau numpang tanya tempat service kabel flexi torch yang recomendeed di bandung di mana ya??

    BalasHapus
  18. Mas hp sy zylo 20i,
    Knpa pas diturunkan slide nya jd mati hpnya?
    Apa itu cz fleksibelnya?
    Klw blh tau brapa ya harga fleksibel ori w20i ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. same case here, sony ericsson W20 (pink) udah 2 tahun tapi masih mulus, kabel flexibel nya rusak , kemarin baru ganti pakai yang kanibal, ganti + pasang Rp175.000,- tau dah tu mahal atau nggak.. Untung masih bisa.. (kirain udah gak keluar lagi)

      Hapus
  19. mas hp saya x3 00
    rusak sma seperty punyanya vicky di atas. .kira2 harga fleksibel yg pling murah brpa dan yg pling mahal brpa? Truz kualitasnya gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bicara kualitas sebanding harga gan, kalo pengalaman saya nokia c6 pake lokal harga 30rb kepake 5 hari. pake yg ori aman2 aja mas.

      Hapus
  20. Gan . Saya mau nanya harga fleksibel zylo yg ori berapa ya gan?
    Soalnya saya dah 3x make fleksibel abal2 , gak sampe sebulan dah rusak gan.

    Bantu infonya ya gan.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane gak recomend part abal2 deh gan, emank harga bisa 500% lebih murah tapu kualitas juga sebanding. jadi mending pake yg ori aja sekalian gan.

      Hapus
  21. mas, hape saya samsung slide lcdnya buram, kedip2 dan blank...itu spertinya kena kabel fleksibelnya ya,? kira2 klo samsung gitu hrga kabel fleksibelnya brp+bayar servicenya??
    klo hrga kabel fleksibel yg ori br?yg lokal brp?
    makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  22. mampir gan..

    ane mau tanya nii, ane punya hp nokia n81 kamera depan kga bisa dipake alias rusak..
    cara memperbaikinya gmna gan..

    ane dch coba ganti flexibel ori nd ane dch coba flash masih juga gagal..


    ane butuh bantuan agan nih sang kuncen hp..
    hehehehee..



    ditunggu jawabannya gan..

    makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kasus kayak gitu gan, sebagian besar sih gagal total. tapi coba ganti cameranya aja gan sama yg original.

      Hapus
  23. bos, q mau tanya, q punya hp se w595 , klo di slide cuma tombol navigasi kanan yg jadi, tp klo ngga di slide smua tombol menu jadi semua, ngga ada masalah..
    kira" rusak dimana yah...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan masalah di flexiblenya gan, soalnya kalau gak salah semua terkoneksi dalam satu flexible.

      Hapus
  24. Aku mau nanya mas.hpku nokia n95 2gb,kenapa ya setelah sya ganti casing fulset..kok ktika sya sorong ke atas kunci otomatis gak terbuka ,bgtupun ktika sy sorong ke bwah gak lg berfungsi..apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. casingnya ori atau bukan mas? mungkin ada gangguan di fleksible ny, coba bongkar pasang fleksibelnya.

      Hapus
  25. kira2 harga flksibel SE W595 berapa ya gan.....?

    BalasHapus
  26. Mau tanya donk.

    Harga flexible SE xperia mini pro brapa yaa,,?? Dari kualitas ori sampe yg lokal terendah...

    Thanks

    BalasHapus
  27. mas hp saya C6 dah minta ganti flexible nih, layarnya goyang" klw di pake. kira-kira brp hrganya??

    BalasHapus
  28. flexibel soni xperia x10 mini pro u20i,, berapa ya mas,,?

    BalasHapus
  29. mas tanya dong, torch saya fleksibelnya rusak, layar mati. kalo ganti yg ori brpa kira2 yaa, thxx...

    BalasHapus
  30. Mas,flexible torch ku kemarin rusak,udah diservice kena 250ribu,setelah service malah touchscreen ga berfungsi & three pad nya trus,knp ya?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan saya sama kaya yg ini mas, setelah ganti fleksibel BB 9800, touch screennya jadi gak bisa

      Hapus
  31. mas klo ganti flexible soni experia play??? brapa ya kira2....

    BalasHapus
  32. mas klo flexible hp samsung fun club yg slide kira" brapa ya harga pasarannya..

    BalasHapus
  33. tanya ni bos klo kabel flexible n97 hrganya brp ya?

    BalasHapus
  34. Sebenarnya kalau kita mau biaya murah untuk perbaikan, gampang saja beli flexible torch di toko accesories yang saat ini harganya ori 145 rb, dan non ori 105 rb kemudian cari teknisi yang biasa ganti part tersebut suruh ganti saja biayanya murah. tapi resiko dikita kalau tdk berhasil. Makanya kita harus bisa memperkirakan mana yang kira-kira rusak. Tapi biasanya bagian yang sering bergerak maka bagian tsb lah yang sering rusak. Coba saja semoga berhasil.

    BalasHapus
  35. berarti untuk hp jnis ni tetep ga da solusinya ya agar lebih awet se original papun sperprt yg kt pke yg namnya hp flip ya makeknya sering bkak tutp

    BalasHapus
  36. Wih rame banget nih knsultasinya,ada juga konsultasi gratis. Gan membantu banget nih blognya....Saya ikutan nyimak untuk masukkan...

    BalasHapus
  37. GAN mw nanya... hp saya nokia N-81, jadi masalah hp saya saat ini..jika slide.a di geser layarnya jadi rusak.. itu gimna ya GAN.. fleksibel.a tau apa ya GAN
    mohon penjelasannya...
    terimaksh......

    BalasHapus
  38. Mas. Saya kan pke bb torch 9800. Kalo slide'a ditutup layarnya mati. Tp kalo slidenya di buka mah nyala. Itu knp ya mas? Mohon penjelasanya. Trimakasih ..

    BalasHapus
  39. HP Slider N81 saya baru dibenerin sekitar 1 Minggu yang lalu karena fleksiblenya yang rusak Gan. Eh sekarang balik lagi, kata si Abangnya sih kemarin udah di Ganti yang Baru. Gmana ya..? Terimakasih.

    BalasHapus
  40. Hapeku SE U8i .. belum ada sebulan ini ganti fleksibel, abis 300.000
    eh kemaren jatuh, terus layarnya item kayak ada garis pecah gitu .. Aku kira sih layar yang rusak .. tapi pas dibawa ke counter katanya fleksibelnya rusak (lagi) .. kok bisa? padahal aku udah jarang banget buka slidenya .. Emang jatuh bisa ngaruh ke fleksibel gan? makasih :)

    BalasHapus
  41. Mas kalo hp samsung yg c3520 flip harga flexibel yg ori brpa?

    BalasHapus
  42. Mas kalo hp samsung c3520 flip harga flexibel yg ori brpa?

    BalasHapus
  43. bagus artikelnya gan,.
    kunjungi blog saya gan.. mlisunblog.blogspot.com

    BalasHapus
  44. Om, ccara bedain flexibel ori/ga gimana

    BalasHapus
  45. hallo boss saya mau nanya nich soal hp sony w705,masalahnya hp saya kipetnya gk jln semua trs gk lama mati dan hidup lg,,,,,,,,,,,,,,,solusinya gimana boss kalo boleh tauuuu,kira2 apanya

    BalasHapus
  46. massssss, nanya dong... kalo warna nya suka kacau gitu ... tapi hanya untuk camera, video, sama penyetel video semacem vlc ... itu kenapa ya?
    makasih banyak :3

    BalasHapus
  47. Numpang ilmunya gan.....cara reset 3 jari hp nokia c2-3 gmn ya gan...?sy dah nyoba tp ggl trs....?

    BalasHapus
  48. Minta solusi gan.....cara reset 3 jari hp nokia c2-3 gmn crnya ya gan....mksh jwbnnya gan?

    BalasHapus
  49. Hallo agan2...saya mw tanya saya punya hp Soni ericsson w995 dah ganti pleksible dah bisa nyala..trs klo lagi ngtik sms to buka slide'y mati gan....knp ya...mohon info

    BalasHapus
  50. Hallo agan2...saya mw tanya saya punya hp Soni ericsson w995 dah ganti pleksible dah bisa nyala..trs klo lagi ngtik sms to buka slide'y mati gan....knp ya...mohon info

    BalasHapus
  51. Mas sy mau nanya ttng xperia mini pro.. hp tiba" mati perkiraan saya sendiri mati total tapi kenapa pas sy coba cas eh malah cuma nyala LEDnya doang layar gk respon apapa ? Nah itu gmn tks

    BalasHapus
  52. Gan yang jual kabel flexibel samsung rugby I (sgh-a837)

    BalasHapus
  53. Gan yang jual kabel flexibel samsung rugby I (sgh-a837)

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum mas,,,saya mau nanya,saya punya HP jadul Motorola v3,layar lcd dalamnya bergaris dan berkedip-kedip terus lampu pada keypad tone juga mati,,itu penyebabnya apa,,??? Flexibel nya atau lcd nya atau apaan mas,,,??? Terimakasih mohon petunjuknya

    BalasHapus
  55. Numpang tanya kenapa samsung e1272 sya buka tutup ny ga ngaruh kalo biasa ny di tutup layar mati hp sya ga, kenpa yh?

    BalasHapus
  56. Kenapa samsung e1272 sya flip ny ga ada pengaruh mas, klo biasa ny d tutup layar ny mati hp sya ga, knapa yh mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah ganti cas nda? Klw ganti cas trus casnya nda ori biasa penahan flipnya kurang cocok. Hp sya jg gitu

      Hapus
  57. Bro minta solusi hpku samsung lipat diuble card(duos) tipenya 1272...masalahnya kalo abis di tutup(lipat) trus di buka kok langsung mati gitu..tar abis buka batre trus di nyalain lagi baru nyala...mohon solusinya

    BalasHapus
  58. maaf sobat2 smua sy baru bs balas komentarnya, untuk permasalahan hp flip dgn flexible itu hampir 90% penyebabnya dari kondisi flexiblenya sendiri. bisa saja salahsatu jalur yang putus atau aus. dan pada beberapa kasus jika lama kelamaan lcd akan kena imbasnya seperti korsleting. sy sarankan jika terjadi kendala sperti buka tutup tdk normal lebih baik diganti flexiblenya. terimakasih sudah berkunjung ke blog sy.

    BalasHapus
  59. Balasan
    1. maaf baru balas mas, kebetulan enggak mas. terimakasih kunjungannya.

      Hapus
  60. Permisi gan..
    Bb torch2 saya lcdnya gak idup,tapi mesin nya masih nyala.bisa trima tlp,
    Jadi masih berfungsi,
    Lcd doang yg blank item.

    Apakah flexible nya yg rusak,atau lcd nya yg hrus ganti??

    Mohon info nya gann...

    BalasHapus
  61. Tersedia tutor dalam jumlah besar (Sorong). Ulasan nyata dan harga terjangkau. Pilih guru Anda sekarang juga, Guru bahasa asing https://preply.com/id/Sorong/guru

    BalasHapus
  62. klo flexible rusak dijumper aja bos ku, pakai https://cody.id/produk/lampu-service/ lebih manteb dalam pengerjaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas bos, teknik jumper itu salahsatu solusinya, cuma perlu skill dan ketelitian aja, pasti berhasil.. makasih udh mampir :)

      Hapus
  63. Mas flexible hp vivo y71 kira kira berapa ya yg ori nya?

    BalasHapus
  64. Gan kalau kabel fleksibel baterai pada redmi not 3 bisa diperbaiki gak

    BalasHapus
  65. Bang mau nanya, ini hp samsung note 5 ku, layarnya hitam tpi klo di cas, masuk kira" apanya yg bermasalah bang

    BalasHapus
Posting Komentar