Aug 11, 2010

Tentang Teknologi SMS


Di era sekarang ini, kecuali bayi yang tak kenal SMS. Semua ber-sms-ria, berbagai usia, berbagai profesi kini bisa menikmati komunikasi dengan fasilitas yang satu ini yang cukup murah dan praktis. Orang bisa menyampaikan salam, berita, atau sekedar iseng. Tak hanya kalangan tertentu tapi sekarang sudah merasuk keberbagai lapisan masyarakat sesuai dengan perkembangannya yang makin terjangkau. Mungkin anda pernah melihat seorang kaya ber-SMS dengan ponsel keren-nya, tapi dilain tempat juga anda akan melihat seorang kuli panggul yang main hape melepas lelah. Selain tarif yang murah, dengan layanan ini juga orang akan lebih mudah bereksperi, ketika malu berbicara, tidak berani mengungkapkan sesuatu, atau hanya malas menelpon misalnya, layanan ini akan menjadi pilihan. Banyak pula cara orang menggunakan layanan ini, kalau para remaja menyingkat pesan, mak para orang tua akan mengetik lebih lama lagi.

Inlah hebatnya teknologi, perkembangannya terus melaju tiada henti sehingga populer hampir di tiap benua kecuali di Amerika yang relatif jarang digunakan.
Nah, sejauh mana anda menikmati SMS? Sejauh mana pula anda mengetahui teknologinya? mari kita cari tahu lebih jauh lagi.

Kependekan dari Short Message Service, atau layanan pesan singkat. Adalah layanan yang digunakan telepon seluler untuk mengirimkan pesan-pesan pendek. Awalnya, SMS dirancang sebagai bagian dari GSM (Global System for Mobile Communication) kemudian menjadi populer karena dipakai oleh lebih dari 1 miliar orang di 200 negara.
SMS muncul pertama kali pada tahun 1991 di Eropa sebagai bagian dari komunikasi nirkabel, teknologi ini memberikan suatu mekanisme untuk mengirimkan pesan singkat langsung dari handset ke handset. Layanan yang digunakan adalah SMSC (Short Message Service Center) yang berfungsi sebagai sistem "store and forward" terhadap pesan-pesan singkat tersebut. Sedangkan fungsi dari jaringan nirkabel  untuk mengirimkan pesan singkat tersebut antara SMSC dan handset.
Mungkin diantara anda ada yang pernah menggunakan layanan Pager, maka SMS ini pun sama seperti pager hanya saja memiliki kelebihan yaitu bahwa desain semua elemennya menjamin bahwa pesan akan sampai ke tujuan.

Karakteristik dari SMS yang meonjol adalah sebuah handset yang aktif dapat menerima atau mengirim pesan singkat kapan saja walaupun handset sedang digunakan panggilan atau teks. -untuk pengiriman tergantung tersedianya pulsa-. Semua pesan akan dijamin oleh jaringan sampai ketujuan, kalaupun ada kegagalan sementara, itu dapat dideteksi, sedangkan pesan disimpan hingga nomor tujuan dapat diakses kembali. artinya ketika pesan sudah kita kirim, akan tersimpan di service center untuk dikirimkan ke tujuan.

Ukuran untuk satu pesan SMS maksimal 140 bytes, atau dengan kata lain sebuah pesan bisa memuat 140 karakter 8-bit, 160 karakter 7-bit, atau 70 karakter 16-bit untuk bahasa Jepang, China, dan Korea yang memakai huruf kanji. Selain 140 bytes ini, ada data-data lain yang ditumpangkan didalamnya.


Seiring perkembangannya, SMS juga bisa digunakan untuk mengirim gambar, suara, dan film. SMS bentuk ini dapat kita nikmati dengan layanan MMS (Multimedia Messaging Service). MMS ini adalah store and forward messaging service  yang memfasilitasi pengguna mobile device  untuk melakukan pertukaran pesan multimedia. atau bisa disebut bahwa MMS ini adalah sebagai bentuk evolusi dari SMS, yang mana didalamnya kita bisa mengirimkan media tambahan meliputi teks, image, audio, animasi, video klip, atau kombinasi dari kesemuanya.
Selain itu SMS juga dapat dipadukan dengan e-mail, dimanakita bisa mengirim dan menerima e-mail dari dan kapan saja namun dengan sfesifikasi tertentu.

Itulah kehebatan dari teknologi SMS yang layanannya sering kita gunakan sehari-hari. Akhir kata semoga bermanfaat, selamat ber-sms-ria, dan tetap gunakanlah etika dalam ber-SMS. terimakasih.

21 komentar

oh,,begono to... jdai tau ane sob,,hehe,,,thnks ilmunya ,,bermanfaat sekalee..pertamaxx,,, ^^///

@elvin: ia begono Sob, hehe.. thanks yah..
@deny: lumayan ruwet sob, moga aja jd mudah dipahami yah. thanks..
@2012: sip, sob. thanks yah. :-)

daLam kondisi tertentu SMS memang sangat membantu untuk mengirim pesan penting, sehingga tak jarang sebagian orang juga Lebih tertarik menggunakan SMS dari pada berbicara Langsung.

SMS emg alternatif praktis bwt komunikasi, slain nelpon. KLo masalah pengguna hape sudah kmn" bahkan abang becak barang langganan saya pun menggunakan hape untuk komunikasi

sms memang lebih praktis, tapi sekarang agak males smsn. baru tau nih historynya sms, jadi inget pager juga, hehehe

@om rame: iya Om, waktu terdesak apalagi sgt perlu. makanya operator seluler berlomba memberikan tarif semurah2nya. mksh om.
@oempak: sama ddaerahku, orang berkebun bawa hape. hehe.. thanks yah..
@mixdfresh: kalo smsn aku jg jarang, tp kalo sms penting pasti pake sob. coz males ngetik, :-)
pager dulu pernah pake kan? sama.. hehe..

Waduh.... darui dlu ampe sekarng aku cuma tau singkatannya doank males baca sejarahnya hhe......

dan smape sekarang aku masih ga tertarik sama sejarahnya Sob....jadi aku gak ikut baca ya hhe,.. yg penting bisa ikut meke SMS deh

semangat n met aktivitas Sob..

tambah ilmu lagee
ternyata rumit.. tdk se-sederhana jika kita sms
selamat menunaikan Ibadah Puasa Bro

Oh.... begitu toh sob,,, saya ma taunya cuma pake aja, gak tau seluk beluknya, tapi uda ngerti kok sekarang, thx yah,,,,

@ferdinand: nyantai aja sob, namanya juga user kan? hehe, tetap semangat jg sob.. :-)
@karlz: makasih sob, moga2 bermanfaat, :-)
@Astho: iya sob, sedikit tau lebih bagus kan? thanks dah share yah sob :-)

Jadi bgt ya sistem jaring sms maksh Ilmunya sob

sitem singkat yg banyak gunanya, artikel bagus & jelas

info cakep sob, happy blogging,.....lanjuuut

ths share ilmunya sob, ada gak ya yg lebih canggih selain cara sms?

Siank Sob.. wah belum ada Post baru nie... ???

semangat n met aktivitas Sob..

Sering terjadi salah faham gara-gara sms... solusinya bila menerima atau mengirim sms cek selalu apakah benar telah terkirim atau error. Karena boleh jadi merasa terkirim tapi tidak terkirim sedangkan si penerima sedang benar2 menunggu sms kita.

@encos: sama2 sob, thanks jg ;-)
@insurance: makasih n moga berguna, thanks yah..
@lokerindo: iya aku harap bermanfaat yah.. makasih sobat. :-)
@a-m-i: sama2 sob, kalo teknologi pengiriman pesan mungkin SMS skrg paling canggih dengan ditumpanginya fitur lain spt video,audio,image.
thanks Sob.
@ferdinand: belum sob tunggu aja, sip n smangat jg yah ob.. :-)
@ummi: benar ummi, tetep mesti apik dlm ber-SMS, etika jg hrs ttp dipake. jgn sampe deh terror2.. hehe.. thanks ummi.
thanks all..

Ternyata rumit juga yah..Padahal keliatannya so simple..tinggal tat..tit..tut..send

The Genuine Idea


EmoticonEmoticon