Feb 13, 2011

Ketahui TOS Google Adsense Sebelum Memulai Program


Perlu kita ketahui bahwa untuk menjalankan program Adsense ini tidaklah mudah, namun tidak pula sulit selama anda mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh Google. Maka dari itu, terlebih bagi pemula seperti saya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang TOS (Term of Service) dari Google, yaitu merupakan persetujuan bagi anggota. kali ini saya coba berbagi mengenai hal tersebut yang saya kutip dari berbagai sumber termasuk dari Google Adsense itu sendiri.


1. Jangan pernah meng-klik iklan sendiri

Dengan alasan apapun, tanpa kecuali, anda tidak diperkenankan meng-klik iklan anda sendiri kalau tidak ingin akun Adsense anda di banned oleh google. Bolehlah anda penasaran apakah berjalan atau tidaknya adsense kita, sekedar mengecek, atau jengkel dengan dollar yang tak kunjung naik, tapi jangan sekali-kali melakukan klik iklan sendiri. Ini adalah merupakan harga mati dari Google makanya peraturan ini ditaruh pada poin 1. Jika anda bingung dengan adsense anda, tidak perlu khawatir, anda tinggal menghubungi langsung Google Adsense Help, atau klik disini, semua kan terbantu disana.

2. Jangan meletakkan lebih dari 3 adunit, 3 adlink, dan 2 AdSense search box.

Saya pikir jumlah tersebut diatas sudah cukup untuk kita mendapatkan peluang klik, untuk itu janganlah melebihi batas penerapan iklan yang telah ditetapkan oleh Google tersebut. Jika kita melebihinya dengan meletakkan adunit/adlink/adsearch pada satu halaman penuh, maka iklan kita ayang kesekian kalinya tidak akan muncul. Dan itu adalah merupakan peringatan bahwa terdapat jumlah iklan/searchbox melebihi yang ditetapkan oleh TOS Adsense.

3. Jangan pernah mengubah atau membuat kode di Adsense

Ketika kita mengkonfigurasi kode Adsense, yakinkan bahwa tidak ada sedikitpun yang dirubah kecuali warna dan ukuran saja. Biarkan seperti adanya, karena saya kira Adsense sudah memiliki desain yang menarik untuk diterapkan.

4. Buat satu account untuk beberapa situs

Jika kita memiliki lebih dari satu situs atau blog, kita tidak perlu repot untuk membuat account Adsense untuk jumlah situs kita tersebut. Sebetulnya cukup satu account saja untuk beberapa situs, karena nanti kita bisa mengkonfigurasi untuk situs yang diperbolehkan memasang iklan kita.

5. Rahasiakan Pendapatan Anda

Bagaimanapun juga ini adalah hal yang harus dirahasiakan, kalau ingin memberitahukan kepada orang lain atau sekedar pamer, bolehlah tunjukkan Earning-nya saja, tidak perlu pakai CTR atau Impression, sensor saja selebihnya.

6. Jangan berbohong akan Widget-label

Bagi beberapa publisher "nakal" ada yang melakukan cara untuk mendapatkan penghasilan lebih dengan berbohong, misalnya dengan menamai iklan dengan label yang menggoda seperti "Click here for more", Favourite Link", "Great Sites", "Get Free Now", atau teks lain yang sifatnya mengajak untu mengarah kepada klik. Hal tersebut tidak diperkenankan oleh Google, teks bentuk apapun yang menggoda. Kecuali untuk adsense for referral maka tidak masalah, tapi sayang di Indonesia tidak ada fiyur adsense referrals saat ini.

7. Jangan biarkan iklan terbuka di new window

Sangat disarankan untuk tidak mengubah kode adsense, dan hal ini biasanya dilakukan dengan menambahkan kode target="blank" agar terbuka di jendela baru. Walaupun ada yang mengatakan boleh, tapi ini tetap melanggar TOS, jadi sebaiknya jangan dilakukan.

8. Jangan menggunakan penyedia jasa iklan yang lain

Meskipun sudah diperingatkan, masih banyak publisher Adsense yang tetap menggunakan jasa atau hubungan iklan dengan kontera misalnya. Padahal itu tidak diperbolehkan oleh Adsense, yang diperbolehkan hanya AuctionAds, Chikita, dan YPN. Agar berhati-hati karena itu adalah merupakan peringatan.

9. Jangan pernah menyelipkan gambar dengan Adsense

Ada juga publisher yang melanggar ketentuan ini, seperti misalnya meletakkan link Adsense pada gambar-gambar menggoda seperti gambar wanita cantik, atau gambar menaik lainnya. Kalau kita ingin meletakkannya, pasang saja gambar diantara iklan minimal dengan jarak 2 faragraf jika ingin aman. Tetapi itu tidak menjamin, jangan sampai Adsense anda disable gara-gara gambar ini. Sayang bukan?

10. Jangan pernah ikutan Click Farm

Click farm ini adala seperti kumpulan publisher yang akan memberikan klik pada iklan kita dan sebaliknya. Jangan pernah mengira bahwa hal itu akan menaikkan celengan dollar adsense kita, bisa jadi sebaliknya, adsense kita malah di-banne.

11. Jangan menggunakan jasa pihak ketiga untuk meningkatkan impresi

Jangan pernah menggunakan Autosurf atau program lain untuk memperbesar impresi Google Adsense kita. Kalau berani menggunakannya, maka harus berani pula untuk di banned.

12. Hati-hati jika anda meletakkan iklan pada halaman tanpa konten/isi (MFA)

Banyak juga publisher Adsense yang meletakkan iklan di halaman tanpa konten atau kosong. Situs-situs seperti itu disebut dengan Made For Adsense (MFA), dimana cuma ada sepatah kata saja didalamnya, dan tidak ada isi kecuali keyword, namun dipasangi iklan Adsense.
Kenapa adsense melarang hal itu, karena sama saja meletakkan iklan di halaman error (404) atau halaman thanks you, harap berhati-hati, karena ini bisa jadi salah satu alasan Google mem-banned Account Adsense kita.

13. Jangan mengisi konten blog dengan keyword saja

Beberapa orang mengatakan kalau keyword sah-sah saja diletakkan disalam blog selama bisa. Namun sebenarnya Clocking, adalah suatu cara Black-Hat SEO yang ingin dengan cepat menandingi para pemain utama di SERP (Search Engine Result Page), dimana disanalah search engine menuliskan hasil pencariannya kepada pengunjungnya.
Jika hal ini terus dilakukan, adsense akan mem-banned account kita. Lalu bagaimana hal itu bisa diketahui oleh Adsense? Tentu saja lewat Crawler Bot mereka, dimana Crawler Bot akan melaporkan hasil pengamatannya terhadap situs kita, dan Adsense akan mengecek langsung.

14. Jangan melakukan klik bersama

Ingat, klik bersama atau klik ramai-ramai sangat beresiko, jika ada orang yang mengajak saling meng-klik adsense abaikanlah kalau tidak kita akan di banned karena kita terlacak oleh adsense.

15. Iklan Pop-up atau Pop-Under tidak didukung oleh Google

Iklan berupa pop-up dan pop-under ini jelas dilarang oleh adsense, kurang tahu alasannya, namun ini terterapada TOS Adsense. jadi jangan lakukan itu.

16. Jangan menggunakan MFA atau Adsense Arbitrage

Kecuali kita bosan dengan Adsense, boleh kita melakukan hal ini. Tetapi kalu masih ingin "panjang umur" di Google adsense, janganlah lakukan hal ini, karena ini jelas tercantum dalam TOS Adsense.

17. Hanyaboleh memasang 3 referral button.

Walau pun Adsense for referral tidak ada untuk negara kita, tapi ini merupakan salah satu ketentuan agar kita tidak memasang lebih dari tiga referral button.

18. Jangan memasang adsen pada email yang kita kirim.

Ide ini cukup cemerlang, namun ini tidak dibenarkan oleh adsense, jadi sebaiknya jangan dilakukan. Biarlah orang berselancar ke situs kita sesuai apa yang mereka cari.

19. Jangan menggunakan trik yang menarik pengunjung.

Selama kita meletakkan image dengan border yang jelas diantara iklan adsense kita, itu tidak masalah. Namun ketika gambar menarik (misal gambar cewek sexy) berdampingan jelas dengan iklan adsense kita, lama kelamaan account adsense kita akan tamat.

20. Jangan membelikan topeng untuk adsense

Diluar sana, dinegara lain, banyak penyedia jasa untuk mempercantik Adsense, seperti misalnya diberi border, gambar, ataupun model lainnya. Tapi ini sebetulnya dilarang oleh adsense, bukannya adsense kita sudah cantik? jadi cukuplah dengan iklan yang asli dari adsense.

Demikianlah beberapa peraturan yang ditetapkan oleh adsense untuk publishernya, perhatikan baik-baik agar umur kita di Google Adsense panjang. Ingat, Algoriitma Adsense sangat canggih, jadi jangan sekali-kali melanggar aturan tersebut. Bemain bersih itu lebih baik dan aman. Terimakasih.

27 komentar

Terimakasih untuk tips ini kawan... saya lagi coba2 juga nih :)

yang pertama saya pernah sob, tapi ngak sengaja
gimana itu ya?
tiba2 kursor mengklik iklannyartencananya sih mau mengeditnya (mengklik tanda tang di pojok widget)

@Serba Ter: sama2 kawan, silakan smoga cepat berhasil..
@UP Tekno: sebetulnya ga ad sengaja atau engga bagi google, nanti masalahnya IP kita atau IP manapun yg sering klik itu pasti ditandai bahkan dicurigai, apalagi kalo kita buka blog kita dari bookmarks atau ketik di adresbar langsung(bukan dari search engine), sangat rawan sob. Disarankan berhati2 aja.

he3...saya belum berminat pasang adsense di blog tp tetep berterimakasih buat infonya,paling ga bertambah juga pengetahuan saya tentang adsense...

Makasih udah share gan.. wah, makin bertambah ilmuku..

gan aku kan newbie di adsense,,aku punya blog,,dan gambar2 postingan aku dapat dari sembarangan,,apakah itu melanggar ?misalnya aku posting mengenai pamflet desain, terus pamfletnya aku ambil dari situs lain,yg bukan buatanku.makasih ya mas,,,ini sangat membantu,,mohon di balas

mas akoey ... boleh gak pasang adsende lg di situs yang pernah adsendenya kena banned???

boleh gak kalo kita pasang adsense pada blog berbahasa indonesia, dan msh pake domain gratisan??

@Tips-tips cinta remaja: Maksudnya di blogger? boleh saja, jangan kuatir karena Adsense dan blogger sama2 produk google, hanya saja perlu dihubungkan dengan GFC (Google Friend Connect) agar iklannya tampil.
mksih.

@Rakyat metal: tentu saja itu melanggar sob, karena merupakan hak cipta atau konten orang lain, dikhawatirkan nanti bermasalah. karena pemilik asli pasti ketahuan sob. saya sarankan mendingan bikin sendiri atau edit2 lah (+ -) 40% biar ga jiplak.

@Anonymus: saya sarankan jangan dipasangi Adsense lagi sob, soalnya situs yg sudah kena banned itu berarti sudah ditandai "curang" oleh Adsense. mksh.

minta pencerahannya master..
apakah memasang adsense di search result blog kita melanggar TOS GA ?

@Tonny: sebetulnya memasang iklan adsense di situs yang berisi halaman pencarian, halaman download, atau hanya memuat keyword saja itu melanggar TOS Adsense, karena bagaimanapun jg Google ingin memberikan hasil pencarian kepada netter bukan berupa keyword atau redirect saja. Walau sempat ada isu update TOS bahwa hal itu sudah diperbolehkan, namun saya sendiri belum yakin dan masih mengkaji. memang banyak yang menggunakan cara ini dan masih bertahan dengan Adsense. Begitu kira2. mksih udh mampir ya.

terima kasih tips nya gan..

lets go business on line..

mantappp' infonya
http://ferrari-finder-results.blogspot.com/

jhosss gan info tips2nya.....lengkap makasih...soalnya newbie masih mau nyobain blog www.kualcdtutorial.com kalau isi blog bahasa indonesia kemungkinan diterima ga ya gan?....

.kholid, .zak999: makasih sudah berkunjung ya, sukses slalu...
.jual cd tutorial: makasih juga, blog bhs indonesia mungkin saja diterima, asalkan memiliki visitor yang cukup, dan konten yang kompeten atau sesuai dengan advertiser adsense, dan juga pertimbangan lainnya dari adsense. semoga berhasil ya.

nice,follow me,,bw sini, jgn lupa klik semua iklan di blog saya, please click, yuk saling bantu,,,

thanxs infonya sob...
sekarang jd tau apa ja yang melanggar^^

info bagus boss, saya baru di adsense, apakah memasang backling dari free ads website di perbolehkan di blog adsense kita?

salam blogger

pak mau tanya, kalo pasang adsense tepat dibawah judul sebelum artikel dilarang apa tidak ya?

terimakasih

.berry: mksih kawan, tunggu sy segera mampir dan follow, saran saya hindari click farm atau saling click sesama publisher (sudah jelas itu melanggar tos) rentan banget, situs kita akan diketahui oleh robot adsense dan dicurigai sebagai invalid click karena dengan sengaja membuat klik. thanks.
.dede: mkasih sob, TOS ini harusnya mnjadi patokan buat publisher. thanks.
.willy: thanks kawan, sejauh ini yang saya ketahui kalau itu bukan kompetitor adsense mungkin ga masalah. tx
.bhdi: terimakasih kawan sudah mampir.
.bayure3: itu artinya kode adsense kita di phrase dan dipasang di laman posting, belum tercantum dalam TOS sejauh ini, ada yg bilang ga boleh, tapi byk jg yang menerapkan ini termasuk saya. jd boleh2 aja. salam blogger jg ya.

kode adsense di 'phrase' diapain sih mas ? (maklum gaptek mas ,hehe )
langgar TOS gak y ?
mkasih mas :)

Wah makasih gan infonya yang menarik... beberapa waktu lalu saya di banned ma mbah google karna melanggar TOS rame-rame klik... kini ane lebeh berhati2 dengan ads saya yang baru ini ...

.infonetmu: ga mimpi ko sob, klo tekun sih bisa jadi kenyataan..
.eko susilo: sama2 sobat..
.total: artinya dikonversi sob, dirubah sehingga kode2 yg berupa karakter bs mendukung untuk halaman web html. sejauh ini sih belum ada di TOS, dan banyak yng memphrase kode adsense yg smpai saat ini msih brtengger di adsense.
.jufry: sip sob, click farm sgt rawan dan bs dilacak oleh robot crawler adsense.. jd mending jangan lah. thanks ya all...


EmoticonEmoticon