Jul 28, 2010

Meluruskan Identitas Hacker


Bagi orang awam, kegiatan "hacking" yang dilakukan para hacker sering diartikan sebagai perbuatan jahat, misalnya saja yang terbayanglkan adalah pembobolan suatu sistem. Atau ada juga yang menyebut sebagai kegiatan menyimpang dari segelintir orang brilian sebagai bagian dari cybercrime (kejahatan dunia maya). Jadi kalau diantara anda punya pemahaman ini sepertinya salah. Sebab sebenarnya, hacker adalah sebagai bagian dari dunia bawah tanah internet yang bermakna sangat luas. Dan dalam dunia tersebut berkumpul orang-orang kreatif dengan ide dan budaya yang beragam, terdiri dari programmer, praktisi IT, pengguna komputer biasa, dan penggemar intenet.

Eric Raymond, seorang penulis buku The New Hacker Dictionary, mendefinisikan bahwa hacker adalah sebagai programmer yang pandai. sebuah hack yang baik adalah solusi yang cantik kepada masalah programming, dan hacking adalah proses pembuatannya. Namun selain pengertian hacker diatas, masih banyak lagi definisi hacker yang lainnya, diantaranya adalah:
  1. Seseorang yang tertarik dan mampu belajar secara cepat untuk mengetahui secara mendalam mengenai keja suatu sistem komputer atau jaringan komputer.
  2. Seseorang yang sangat antusias dalam membuat program dibandingkan dengan hanya berteori saja. serta menguasai bahasa pemrograman tertentu.
  3. Seseorang yang senang tantangan intelektual dngan ide dan cara-cara kreatif.
  4. Seseorang yang secara sembunyi-sembunyi berusaha menemukan informasi penting dengan cara menjelajah, memaksa, menghilangkan copy protection dengan tujuan mengambil keuntungan dan merusak -ini yang disebut Cracker.
Ini adalah tentang identitas Hacker dan Cracker. Walaupun saya bukan seorang hacker, apalagi cracker, setidaknya bisa berbagi pengetahuan  -dari sebuah buku yang saya baca beberapa waktu lalu- tentang Hacker dan Cracker ini dengan anda yang kebetulan belum mengerti tentang istilah Hacker dan Cracker ini, jangan sampai anda memiliki salah pemahaman.
Dua istilah ini sangat tipis perbedaannya, karena sama-sama berarti kegemaran memasuki sistem jaringan komputer milik orang lain. Seorang hacker murni, hanya mencoba melewati sistem keamanan yang telah dirancang tanpa disertai keinginan untuk merusak data-data yang ada didalamnya. Bahkan, si  ini selalu memberikan keamanan sistem jaringan. Hasilnya, kekurangan (bug) dari sebuah sistem itu bisa ditutupi atau diminimalkan.

Seorang hacker sejati sangat menjunjung tinggi kebebasan memperoleh informasi. Artinya bahwa dia memiliki kewajiban untuk tidak menyembunyikan pengetahuan dan informasi yang dimilikinya. Alhasil, setiap kali menemukan penemuan baru, dia selalu mempublikasikan secara umum melalui milist, web, blog, email, atau sarana lainnya.
Pekerjaan hacker adalah menyelesaikan masalah dan membuat sesuatu -dalam hal ini berkaitan dengan sistem komputer- yang berguna, dan seorang hacker percaya pada kebebasan dan kerjasama sukarela.

Sedangkan seorang cracker, bedanya dia kerap merugikan sistem komputer lain untuk kepentingan pribadi atau ambisi negatif, misalnya merusak atau mencuri data. Motifnya bisa bermacam-macam, bisa saja kebencian, dendam, politik, bisnis, atau jalan pintas untuk memperkaya diri.

Jadi, kalau saya terjemahkan secara sederhana, perbedaan antara Hacker dan Cracker adalah, Hacker berarti membangun, dan Cracker berarti membongkar. 
Semoga artikel ini bermanfaat, agar kita tidak lagi memiliki salah peamahaman mengenai Hacker ini. Terimakasih.

16 komentar

Jadi ngerti perbedaan antara hacker dan Cracker, gak selamanya hacker orang jahat, tergantung dari prestasi yang di buat,,,,,

apakah tipe anda? Hacker atau Cracker? hehe

@asis: betul sob, kalo yg ngaku hacker tp senang mengacau sistem, segeralah ganti ID jd cracker. :-)
@Daeng: haha.. apa yah..? tunggu aja posting berikutnya mengenai Level Hacker. Thanks kawan.. :-)

"Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

ky gn nih sy sngny kl masuk blog sobat, pasti ada artikel yg bemanfaat dn bs nambah pngetahuan ky bgni, manteb kawan, hahaha :))

Betul sob..
biasanya banayak banget orang salah memakai kata-kata..
eh gw dah follow tu sob,,
follow balik yackkk.
ni knjungan perdana gw ,,, moga aj sering knjung disini...

Terimakasih info dan share artikel2nya Sobat..
Sukses selalu

oh,,begono,,,tau nya aku hacker doank,,hihi,,,thnks sob ilmunya ^^

aku pengen jadi hacker nich hehe tapi gx kesampaian heheh.. bila berkenan kita tukeran link sob..

Kalo saya sih berpikiran sama kayak artikel diatas.. Oh iya, saya udah follow balik sob..

thnks infonya sob..bermanfaat bagi saya khususnya yang membaca..menanmbah ilmu juga..bila berkenan kita tukeran link sob yah..bila berkenan tukeran link komment dibloggku yah sob..happy blogging yah..sukses selalu

itu betul sekali..banyak yg salah arti apa itu hacker... malah cracker dibilangnya sama kayak hacker...waduuh paraaah... smoga yg baca ini jadi tahu siapa itu yang hacker ...dan siapa itu yg cracker... btw posting bagus ini gan..biar clear kesalahpahaman-nya.. :)

Kembali ke pribadi masing-masing pada ujungnya.

@Yohan: Makasih Sobat duh berkenan membaca, sukses slalu. :-)
@Anggasona: iy sob syukur degh kalo gitu, sama ko blog sobat jg manfaat bgt, tiap posting'y.
@Blog Progres: iy jgn ampe ktuker tuh, thanks yah.. :-)
@Lulus: Terimakasih jg Mas, sukses slalu..
@Deny, sip, setuju Sob.. :-) thanks.. :-)
@Elvin: Iya Sob begono, sama2 Sob thanks jg. :D
@Web Browser: Insya Allah tercapai degh, amien.. Iya Ok Sob.
@Rafli: Sip kalo gitu, sukses yah.. :)
@Klik: iy Sip makaseh jg Pak, hehe..
@Blajar: Alhmdllh kalo brmanfaat, iy siap. :-)
@Andi: iya Sob, padahal beda tuh, sip deh.. :-)
@umi: betul Umi, niatkan dalam hati.. :-)

Jadilah hacker sejati yg bermanfaat bagi dunia. :-)
thanks All


EmoticonEmoticon