Aug 3, 2010

Era-nya Web 2.0


Di era sekarang,  Mau informasi ini itu, tinggal nyalakan komputer, hubungkan internet, klak klik sana sini apa yang kita mau ada disitu dan mudah didapat. Kalaupun kita  tidak mengerti ya tinggal tanya, interaksi dengan sumbernya, Beda halnya dengan dulu yang hanya bisa membaca saja, kalau tidak mengerti dengan apa yang kita baca ya sudah bingung. Selama kita bisa terhubung ke internet, selama jaringan cihuy segala informasi yang kita ingin tahu bisa kita dapatkan.

Saya yakin pasti diantara anda pasti tahu, tapi kalau ada yang belum tahu kenapa begitu mudah? Karena sekarang adalah era-nya Web 2.0.
Apa era web 2.0 itu? mungkin seorang programmer  akan menjelaskan dengan panjang lebar yang ujungnya merujuk pada ajax dan web service. 
Sebenarnya, istilah ini sudah diperkenalkan sejak 2003 lalu oleh O'Reilly Media dan dipopulerkan pada 2004 dan lebih populer lagi di tahu 2008, bahkan mungkin sudah ada ribuan posting mengenai ini.
Istilah web 2.0 ini bisa diartikan sebagai generasi kedua service berbasis internet yang lebih menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna.seperti situs jejaring sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi.

Definisi lain dari majalah Information Week (09/2007). Mengatakan bahwa "Web 2.0 is all the web sites out there than get their value from the actions of users" artinya bahwa pada intinya web 2.0 ini adalah keterlibatan user dan kecanggihan web tersebut dalam kolaborasi, interaksi, dan melayani user.  Seperti misalnya adanya usaha pembaca dalam berkomentar dan trackback di Blog, atau dari sisi web adalah adanya RSS didalam Blog sehingga semua informasi bisa dimungkinkan dapat dia adaptasi, dikoleksi, dan di-share untuk menjadi bagian dari Blog lainnya. User yang awam  pun tidak sekedar membaca halaman web tapi juga bisa merespon bahkan bikin sebuah content. Mau berkomentar , tanya ini itu di blog mudah, mau nambah teman di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter mudah, mau jadi member suatu komunitas juga mudah.  Bahkan mau bikin Blog juga mudah, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman sekalipun.

Selain itu ada juga yang menggambarkan bahwa web 2.0 = web 1.0 + web 1.0. Artinya, kalau web 1.0 mengenai diri kita sendiri, maka di web 2.0 adalah mengenai interaksi antara kita dan orang lain.

Ada beberapa lompatan sehingga terjadi perbedaan antara era web 1.0 dan web 2.0 diantaranya adalah:

Web 1.0 Web 2.0
Double Click Google Adsense 
Ofoto Flickr
Akamai BitTorent
mp3.com Napster
Britannica Online Wikipedia
Personal Website Blogging
Evite Upcoming.org & EVDB
Domain Name Speculation Search Engine Optimization (SEO)
Page View Paid Per Click (PPC)
Screen Scrapping Web Service
Publishing Participation
Content Management Systems Wikis
Directories (Taxonomy) Tagging (folksonom)
Stickiness Syndication

Jadi, kalau disimpulkan gampangnya adalah  Web 1.0 adalah dunianya Programmer, dan web designer dan Web 2.0 adalah dunianya User.
Itulah sedikit pembahasan mengenai web 2.0, yuk kita manfaatkan era ini dengan segala sesuatu yang positif saja. Semoga bermanfaat dan Terimakasih. :-)

5 komentar

Cukup jelas perbedaan antar web 1.0 dan web 2.0...
Ilmu yang bermanfaat sob,,,,

@Asis: makasih dah share disinisob, sukses slalu yah.. :-)

baru tau ane sob,,,,,,,,,, :),,, begitu ternyata perbedaanya yah ^^>... hmmm.... ilmu baru lageee ,,,cateet ah ^^>... thnks ya sob ^^

Terima kasih infonya A, sebenernya masih belum ngerti sih, tapi dibikin ngerti aja nih pikiran supaya sugestinya jadi bener-bener ngerti.

@elvin: ya itu dia sob, ckup jelas kan? thanks yah. dah share. :-)
@ummi: ah u,,i bs ajja pke sugestu sgala, hehe... makasih yah ummi. :-)


EmoticonEmoticon