Mar 29, 2016

Tips berinternet sehat, positif dan effisien


Seiring waktu, para depelover software dan aplikasi mobile. Semakin hari semakin gencar, canggih,  dan kreatif. Dengan tujuan bisnis, edukasi, iseng, hobi, dan sebagainya. Tentu hal ini berdampak positif, negatif, dan poshansip hehee -bercanda-. Positif ketika para user mendapatkan tambahan ilmu, memperbarui  informasi,  dan pengalaman dan juga kesenangan, namun negatif ketika hal itu berdampak pada perilaku yang tidak baik seperti budaya yang tidak sesuai dengan ala timur.

Ada beberapa cara melakukan kegiatan internet dan teknologi yang positif. Berikut adalah beberapa tips agar sehat ber-IT.

1. Bismillah dulu :)
2. Tetapkan tujuan sebelum ngawur kesana-sini (sayangi waktu dan kuota internet)
3. Sortir apa saja yang akan kita kunjungi dan gunakan.
4. Hindari iklan atau promo-promo sesuatu yang menggiurkan, seperti penawaran mendapat uang secara instan, gambar menarik dan menggoda. Jika itu pop-pup, jendela yang tiba-tiba muncul dilayar monitor atau android kita, jangan sekali2 membukanya, jangan pikir panjang dan ngiler. hehe.. close aja, tutup aj langsung, karena saya pikir manfaatnya sesikit dan itu hanyalah strategi marketing yang cukup mengganggu, membawa kita kesana-sini, mengarahkan ke link yang macam2 sehingga waktu kita terbuang. Bagaimana tidak, toh itu gak kita inginkan dan undang tiba-tiba datang sendiri seperti jelangkung.
Jika itu spam dalam email, jangan sekali2 berani dibuka, hapus saja kecuali ada komunikasi dengan pengirm email.
5. Gunakan aplikasi atau software pop-up blocker (gooling aja).
6. Gunakan apkikasi block situs dewasa, karena bagaimanapun juga itu akan merusak mental.
7. Di Windows, tingkatkan keamanan jaringan dengan mengatur User Account control, Parental Control, dan firewall.
8. Perkuat antivirus dan anti spyware atau malware, tentu saja gunakan antivirus yang berbayar karena mempunyai fitur yang lengkap.
9. Bersihkan history browser sebelum mengakhiri internetan. Lebih baik sering log in daripada akun kita rentan diretas.
10. Jagalah hati jangan kau nodai. Hehee...

Demikian tips berinternet sehat dan efisien. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon