Oct 6, 2011

Beberapa Hal yang Diperlukan untuk Koneksi Internet


Saat ini internet sudah bukan menjadi hal aneh lagi, dimana dengan internet kita bisa terhubung satu sama lain dengan orang diseluruh dunia. Untuk lebih lengkap mengenai internet silahkan baca perngertian internet (klik disini) dan daftar istilah internet (klik disini).

Disamping kecanggihannya yang sudah biasa dinikmati, mungkin bagi sebagian orang internet juga merupakan hal baru yang masih belum diketahui, untuk itu berikut ini saya akan coba berbagi mengenai beberapa hal yang diperlukan untuk terhubung dengan internet. Berikut diantaranya:

  1. Perangkat komputer/Laptop, saya yakin semuanya sudah mengenal perangkat pada poin yang pertama ini jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.
  2. Koneksi atau sambungan internet, dengan mendaftar ISP (Internet Service Provider), ini bisa didapatkan dari provider penyedia ISP seperti Telkom dengan Speedy, Indonet, dsb.
  3. Modem, pernah sayajelaskan pada posting sebelumnya mengenai modem. Biasanya saat kita mendaftar ISP sudah lengkap dengan modem DSL/ADSL. Namun pada saat ini banyak tersedia modem USB yang bisa digunakan dengan jaringan seluler GSM atau CDMA. Disamping modem USB, bagi anda yang mempunyai Ponsel yang memiliki fasilitas Modem bisa digunakan untuk koneksi internet dengan menjadikan Handphone sebagai modem.
  4. Software Internet, ada beberapa software yang diperlukan diantaranya adalah:
    1. Browser, sebagai software untuk menampilkan halaman internet yang nantinya akan dikunjungi. Browser yang bisa digunakan misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari, dan masih banyak lagi yang lainnya.
    2. Email Client, adalah software yang digunakan untuk mengelola email atau surat elektronik tanpa harus membuka browser. Contoh dari email client adalah Microsoft Outlook, Windows Mail, Thunderbird, Evolution Mail (Ubuntu), dsb.
    3. Messenger, ini bisa kita gunakan untuk chat atau obrolan online di internet, contoh software untuk chatting yang populer diantaranya adalah Yahoo Messenger, Gtalk, Digsby, Camfrog dsb.
  5. Software Anti Spam, merupakan pilihan tambahan untuk memblokir berbagai aktifitas spammer terutama pada email. Ini biasanya terdapat pada Software antivirus populer.
  6. Software Internet Security, berguna untuk melindungi komputer anda dari serangan virus, malware, spam. Ini bersifat opstional atau tambahan, artinya tanpanya anda sudah dapat melakukan koneksi internet. Untuk beberapa antivirus sudah dilengkapi dengan parental control untuk melindungi anak-anak dibawah umur dari konten-konten dewasa seperti Kaspersky Internet Security.
  7. Webcam, webcam bisa kita gunakan untuk melakukan obrolan dengan video, atau biasa dikenal dengan istilah video call.
  8. Perangkat Audio Video, perangkat ini bisa ditambahkan dan bisa juga merupakan syarat utama bagi anda yang senang dengan game online.
Demikian beberapa hal yang diperlukan untuk terhubung dengan Internet, semoga dengan ini bisa membantu terutama bagi anda yang belum memahaminya,. Terimakasih dan selamat berinternet ria dengan sehat dan aman tentunya. :)

2 komentar

nice share... yang saya belum punya nih webcam.. jadi belum bisa chat video..hiks :(

.saidialhady: makasih sobat, lama ga jumpa, sukses sllu ya... :)


EmoticonEmoticon