Sep 21, 2011

Tips Menghentikan Layanan Konten SMS Operator


Gambar boleh pinjam dari mbah Google

Pertama-tama saya mau tanya, apakah anda menyadari kenapa tarif operator seluler sekarang murah-murah dan malah makin kesini makin murah. Bahkan -mungkin- karena memang belum di-sah-kan kode etik periklanan operator seluler di Indonesia sehingga para vendor perusahaan seluler makin terang-terangan meng-klaim miliknya lah yang paling murah, entahlah saya kurang paham. Padahal kalau dirasa-rasa -halah... kayak masakan aja dirasain- tidak sedikit juga yang bohong tidak sesuai kan? (mungkin akibat kesalahan jaringan, trik dagang, dsb.) Lalu apa hubungannya dengan tarif murah? Ya karena inilah, sekarang perusahaan operator seluler tak lagi menjadikan pulsa sebagai ladang utama dalam bisnis mereka, melainkan sekarang sudah melebar ke aspek lain seperti data, layanan konten, aplikasi, bundling dengan beberapa vendor ponsel, dsb. untuk meningkatkan pasar mereka.

Ngomong-ngomong soal layanan konten SMS yang akan saya bahas kali ini, mungkin anda pernah dijengkelkan dengan salah satu layanan SMS konten dari operator seluler yang anda pakai, seperti saya ini hampir saja saya membanting handphone saya ke kasur, haha... becanda, Ya terang saja tiba-tiba pulsa terpotong 5000 perak, atau Rp.2000 padahal tidak merasa mengikuti quiz atau layanan apapun. Memang banyak cara mereka, tiba-tiba saja dantang tak diundang seperti jelangkung sebuah layanan SMS yang secara otomatis memperpanjang layanannya setiap periodenya. Sebagai contoh, sebuah layanan dengan format MUSIK dengan nomor 9909 meminta anda untuk mengmengaktifkan Nada Sambung Pribadi secara gratis, normalnya ketika kita mengaktifkan konten tersebut adalah dengan format REG [spasi] MUSIK [spasi] kode lagu, tapi ternyata tiba-tiba datang dengan sendirinya dan pulsa kita terpotong.

Dari kasus diatas, bisa saja hal ini disebabkan oleh Nada Sambung Pribadi (NSP) dari nomor yang anda hubungi. Entah karena salah tekan tombol atau memang hubungan data yang begini begitu (baca: ngaco), tiba-tiba saja NSP tersebut nempel ni nomor kita. Nah, hal ini sudah terlanjur terjadi, apa boleh buat mau tidak mau kita harus menghentikan layanan ini. Lalu bagaimana cara me-non-aktifkannya? Pada kondisi normal, caranya adalah biasanya ber format Opposite Code [spasi] Conten Name, misal UNREG [spasi] MUSIK, atau contoh lain STOP [spasi] GOSIP, maka secara otomatis layanan akan dihentikan. Namun lagi-lagi kasus terburuk muncul ketika anda tidak bisa menghentikannya, dan yang terjadi adalah terus mnerus memotong pulsa setiap kali pulsa kita diatas tarif konten tersebut. Jengkel kan? Bukan bermanfaat malah rugi yang ada.

Nah, berhubung ini pernah saya alami maka kali ini saya akan coba berbagi trik sederhana yang mungkin anda sudah tau karena memang gampang sekali hanya diperlukan keberanian saja untuk berbicara, hehe.... Bagaimana caranya? Baiklah, hubungi saja operator atau call center operatornya, biasanya setiap operator memiliki nomor call center secara gratis, namun ada juga beberapa yang berbayar dengan tarif per panggilan. Kemudian sampaikan keluhannya, tanyakan tentang transaksi apa saja yang terjadi beberapa waktu terakhir, semisal pengisian pulsa atau biaya panggilan. Setelah itu baru kita minta operator tersebut untuk menghentikan layanan tadi dengan sistem mereka. Sebagai catatan sampaikan keluhan sedetail-mungkin dan katakan bahwa ini demi kelancaran dan kepercayaan konsumen kepada operator.

Setelah anda melakukan hal tersebut diatas, seperti pengalaman saya hal ini 90% berhasil karena dibantu langsung secara manual oleh sistem yang menghentikannya, namun ada juga yang tetap harus melakukan penyetopan melalui SMS, tapi tidak usah khawatir asalkan formatnya benar bisa dipastikan juga berhasil. Sebagai tambahan bahwa hal ini bukan hanya untuk layanan NSP saja, tapi layanan konten yang lain juga bisa dikeluhkan ke call center secara langsung, wajar dong sebagai konsumen mengeluh, bukankah pembeli itu adalah raja? Ratunya siapa dong? hehe...

Itulah tips sederhana yang bisa saya bagi pada kesempatan kali ini. Mungkin seseorang bilang, itu saja kah tipsnya?, kalau itu saya juga tahu hehe... Ya mungkin beberapa diantara anda biasa melakukannya, tapi bagi sebagian orang masih awam berhubungan dengan operator call center seluler, jadi semoga saja tips ini bisa berguna untuk anda. Terimakasih dan selamat mencoba, semoga anda tidak dipusingkan lagi dengan konten-konten yang mencuri pulsa. :)

Referensi: Daftar nomor operator seluler Indonesia Klik disini

5 komentar

Sama Sob, saya juga dah pernah ngalamin...
ketik unreg, ehh malah datang balasan salah masukin kode, kena potong lagi pulsa, sangking emosinya saya telpon langsung operatornya....
minta dimatiin semua layanan. Cara ini memang 95% berhasil(saya tambahin 5% sob :D).

Menurut saya, pemerintah sangat lamban dalam masalah ini...
Dan saya pikir harus ada undang-undang yang tegas untuk masalah ini...

:D

inikan trik operator untuk menutupi beaya pulsa murah, seperti bonus sms atau free talk. mereka dapat untung ya dari ini

Yang penting jangan daftar..karena kadang nomor reg sama unreg berbeda jadi terpaksa dech ganti nomor...

Laaa... kalo call center-nya di hubungi gak bisa.,..??? dah tk coba malah mati sendiri tu


EmoticonEmoticon