Aug 13, 2011

Pengertian Modem


modem usbSepertinya sudah tidak asing lagi untuk istilah yang satu ini, sebuah alat yang dapat menghubungkan seperangkat komputer dengan komputer lainnya diseluruh dunia. Pilihan dari produk pun bermacam-macam dengan harga yang bervariasi kini bisa dimiliki oleh siapapun. Tapi sebetulnya apa itu yang disebut dengan Modem?

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai modem yang mungkin diperlukan oleh kita semua sebagai bahan pengetahuan. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Yang mana modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Dan Modem adalah merupakan penggabungan dari keduanya, sehingga modem ini dapat diartikan sebagai alat komunikasi dua arah. Secara umum, setiap alat komunikasi dua arah menggunakan bagian ini (modem), seperti misalnya VSAT, Microwave Radio, dll. Tapi akhirnya pada umumnya perangkat modem ini sering diartikan sebagai alat komunikasi pada komputer.

Lalu bagaimana cara kerja dari perangkat tersebut? Singkatnya adalah bahwa data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, dan sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti misalnya radio atau telepon. Selanjutnya setelah sinyal analog tadi tiba di modem tujuan, kemudian diubah kembali menjadi sinyal digital dan dikirimkan kepada komputer. Dan karena inilah akhirnya terjadi komunikasi antara dua arah antara dua komputer (atau lebih).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada umumnya modem ini terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu Internal dan Eksternal. Dan pada saat ini modem mungkin lebih dikenal dengan bentuk yang menyerupai flashdisk, padahal sebetulnya bukan hanya itu, tapi dikarenakan memang saat ini sedang marak sekali penggunaan internet untuk ponsel seluler sehingga modem internal lebih kurang dikenali. Itulah penjelasan singkat mengenai modem, semoga bermanfaat.

Mau beli modem? Ingin tahu cara memilih modem usb dan koneksi internet? silahkan klik disini


EmoticonEmoticon