Oct 10, 2011

Cara Indosat Antisipasi Pencurian Pulsa


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa belakangan terakhir ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan mengenai pencurian pulsa yang menggunakan layanan pesan singkat atau SMS. Bagi seorang awam mungkin cukup menggiurkan, namun bagi sebagian kalangan yang sudah paham ini akan diabaikan. Tak heran kalau masyarakat pengguna seluler marah karena kehilangan pulsanya secara sia-sia. Terang saja, ini sangat merugikan bagi masyarakat dan tentu harus segera dihentikan oleh pihak-pihak terkait.

Salah satu perusahaan pelopor bisnis seluler di Indonesia yaitu PT. Indosat (dulu Satelindo) rupanya telah memiliki cara tersendiri untuk mengatasi masalah pencurian pulsa berkedok hadiah dan tawaran menarik lainnya ini.
Ini penting bagi operator yang memiliki beberapa jenis pilihan kartu seluler ini, mengingat karenanya PT. Indosat semakin banyak menerima keluhan yang dikhawatirkan akan meninggalkan dan berpindah ke operator lain.
Berikut ini adalah hal yang dilakukan oleh PT. Indosat Tbk untuk mengatasi maslah pencurian pulsa ini.
  • Mengimplementasikan konfirmasi 2 tingkat dimana sebelum berlangganan pelanggan akan ditanya ulang apakah pelanggan yakin akan berlangganan layanan bersangkutan.
  • Memberlakukan single key "STOP" untuk melakukan Unreg atau menghentikan layanan bersangkutan.
  • Menerapkan Single Short Code untuk berhenti layanan
  • Melakukan audit data dari CP secara berkala
  • Melakukan mekanisme kontrol sehingga trafik yang dikirim melalui Content Provider (CP) akan selalu melalui Indosat dan dicek keabsahan dari nomor tersebut
  • Mengimplementasikan sistem denda dan sanksi bagi CP yang layanannya mendapat komplain dari pelanggan dalam batas jumlah tertentu.
Indosat yang saat ini menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governanc) tentu Indosat selalu mentaati segala peraturan perundangan yang ada dan berkomitmen untuk menghindari praktek-praktek bisnis yang tidak sehat yang dapat merugikan pelanggannya.
Untuk itu dengan adanya upaya yang dilakukan olrh PT. Indosat ini akan berarti baik bagi kelangsungan komunikasi bagi Masyarakat terutama pengguna kartu operator dari Indosat seperti Mentari, IM3, Star One, dan Matrix. Demikian yang dituturkan oleh Sumantri Joko Yuwono (Group Head Product Development & Management Indosat).  
dari beberapa sumber

1 komentar so far

kasus ini mesti diselesaikan dengan fair.. agar konsumen menjadi tenang..


EmoticonEmoticon