Jun 29, 2011

Memperpanjang umur Baterai dengan Melepas atau Memasang Baterai Laptop saat digunakan


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sejauh ini ada dua pendapat mengenai penggunaan baterai laptop saat dihubungkan dengan AC adaptor, yang pertama adalah mencopot baterai untuk memperpanjang umur baterai, dan yang kedua adalah dengan tetap memasang baterai walaupun saat dihubungkan dengan AC adaptor.

Diantara anda mungkin ada yang menggunakan salah satu dari dua metode diatas, yang mana yang benar tentu saja keduanya memiliki dasar atau alasan yang kuat berkaitan dengan polemik ini. Barikut ini mari kita coba review dari kedua kondisi diatas, bukan membenarkan atau menyalahkan, hanya saja kita coba ambil yang mana yang terbaik yang sesuai dengan pilihan anda pengguna laptop / notebook dimanapun berada.

Pertama-tama kita tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa fungsi dari baterai laptop itu sendiri. Fungsi baterai umumnya, dan pada laptop khususnya adalah sebagai sebagai sumber energi, namun jika perangkat dihugungkan ke listrik maka beterai menjadi stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.

Mencopot baterai pada saat laptop dihubungkan dengan AC adaptor memang dapat memperpanjang umur baterai, akan tetapi ada resiko tersendiri yang akan dialami oleh notebook tersebut, dimana arus yang masuk ke perangkat akan dapat merusak (baca: mempercepat penurunan kinerja) komponen elektronik yang ada karena tidak melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit). Resiko lain adalah jika terjadi pemutusan rus listrik PLN, maka otomatis seketika laptop akan mati dan tanpa melalui proses shut down, mengenai masalah ini mungkin anda sendiri sudah memahaminya.

Dengan tetap memasang battery pada saat dihubungkan dengan AC adaptor, yang pertama anda akan terhindar dari kelebihan arus listrik dari PLN (jika terjadi), kemudian baterai akan senantiasa beroperasi dengan normal sesuai karakternya (rechargable) selama anda mengelola pengecasan baterai dengan benar. Namun kemungkinan yang bisa terjadi pada kondisi yang kedua ini adalah, jika anda tidak teratur pada saat pengecasan baterai, misal cabut pasang tanpa mempertimbangkan kondisi, jenis dan karakteristik baterai, ini pun tetap akan mengurangi umur baterai laptop anda. Lalu pertanyaannya, bagaimanakah cara pengecasan baterai laptop yang baik itu? Pada artikel selanjutnya akan kita bahas.

Terlepas dari baik atau tidaknya melepas baterai atau memasang baterai laptop saat digunakan atau dihubungkan dengan AC adaptor, tentu setiap individu memiliki keyakinan masing-masing. Ini juga berkaitan dengan pengalaman saya dengan beberapa teknisi komputer yang memiliki pemahaman yang berbeda mengenai hal tersebut dengan tujuan untuk memperpanjang umur baterai. Secara umum, setiap barang elektronika, termasuk baterai disini, tentu akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan, dan perawatan. Dan untuk baterai laptop sendiri pada umumnya dapat bertahan 1 s/d 6 jam pemakaian, dan memiliki umur 1 hingga 3 tahun tergantung dari jenis, penggunaan dan perawatan itu sendiri.

Demikianlah, sedikit pemahaman mengenai bagaimana menggunakan baterai laptop saat dihubungkan dengan AC adaptor, apakah melepas baterai atau tetap memasangnya. Dan semuanya saya kembalikan kepada anda yang memanage sendiri perangkat anda. Terimakasih, semoga bermanfaat.

3 komentar

Salam kenal gan...

ane punya laptop dell vostro 1088. laptop ini punya fitur khusus dimana dapat langsung menggunakan daya AC Adaptor langsung ke laptop tanpa melalui batere, jadi nggak perlu repot2 copot batre.
saya selalu menggunakan fitur ini agar umur batere lebih lama...
ehh, tapi stelah pemakean 1 tahun, batere laptop ane dah soak....

mennurut agan gimana ya? kok jadi gitu??

.arel: salam kenal jg gan.
sebetulnya banyak faktor yg mempengaruhi umur baterai diantaranya yang saya urai diatas.
kal melihat kasus agan, mungkin laptopnya sudah mempunyai regulator khusus yang setara baterai di dalamnya, masalahnya apakah agan aktifkan fiturnya teratur atau tidak (mksdnya, pake baterai saat baterai habis/penuh/atau setengah, atau sembarang ketika perlu baterai menggunakan baterai langsung pake padahal masih ada sisa baterai?) ini berpengaruh terhadap elemen baterai, karena untuk beberapa karakter baterai diharuskan mengisi setelah energi baterai minimum yg ditentukan misal 10% lagi)
kalau tidak teratur bisa saja elemen baterai tidak terisi secara maksimal sehingga pengisian dan pemakaian tidak seimbang, akibatnya baterai yang seharusnya berumur 3 tahun mejnadi 1 tahun saja.
saran sy gan, isi aja baterai sampai penuh, kemudian pake fitur tersebut, selanjutnya pake baterai sampai minimum tadi, dan begitu seterusnya. begitu, mudah2n dipahami. makasih gan udah mampir.

biasanya gan, kalau saya buka laptop di rumah, batere penuh atau tidak, saya selalu pakai fitur itu. Tapi kalau di luar, saya pakai tenaga batere dan kalau sudah mau habis, saya colokin charger langsung aktifkan fitur itu... Mungkin itu yang namanya nggak teratur kali yaaa... :D

thanz gan buat sarannya...
tapi skarang batere saya cuman tahan 10 menit, so harus colokin charges terus ne...
:D


EmoticonEmoticon