Jun 15, 2011

Cara Mudah Mengganti Favicon (Ikon Favorit) Blogger di Draft blogger

Akoey Jr. | Jun 15, 2011 - 6/15/2011 | , | 4 comments
favSelamat malam sobat blogger, kabar baik itu yang saya harapkan dari sobat2 semuanya. mudah-mudahan ya, amien. Ohya, sobat masih asik blogging kan?, kalau saya sekarang sedikit waktu buat blogging, ya berhubung lumayan ribet ngatur waktunya, hehe.. “Gayanya kayak pejabat aja…”.
Tadinya bingung mau posting apa ya? tapi kebetulan barusan saya coba  buka dasbor www.blogger.com, saya pandangilah halaman itu dengan sedikit melongo sambil menghisap kejenuhan dengan hampa ide, “ah biasa saja ga ada yang berubah” pikir saya. Nah terus saya coba buka draft.blogger.com barangkali ada yang baru, eh ternyata benar ada yang baru, apa coba? –dasar jarang sig in di draft blogger jadi ketinggalan kereta lah. Saya bertanya-tanya dalam hati –halah…-  ini sudah lama apa belum ya? perasaan sih kemarin belum berubah. Tapi biarin lah ketinggalan juga daripada tidak tahu sama sekali kan? yang penting sekarang jadi tahu, hehe…
Nah, perubahan itu seperti yang ada di gambar dibawah ini, sob:
www.blogger.com
draft.blogger.com
Dari kedua gambar diatas itu jelas kan? kalau di dasbor www.blogger.com pada pengaturan layout atau design, tidak terdapat gadget Favicon atau ikon favorit, sedangkan di draft.blogger.com sudah ada gadget favicon. Jadi, kalau biasanya sobat mengganti favicon dengan meng-edit html dengan memasang kode seperti ini: <link href=LOKASIIMAGE.png' rel='SHORTCUT ICON'/> sebelum kode </head>, sekarang sobat tinggal meng-edit gadget saja dengan klik link Edit (seperti biasa saat mengedit gadget), tampilannya seperti ini:
favicon
Setelah itu sobat tinggal mengambil gambar (ikon favorit) dari komputer sobat untuk menggantinya, kemudian simpan dan lihat hasilnya pada beranda blog sobat. Jangan lupa ya, pilih image yang berekstensi file *.ico dan berukuran maksimal 10 kb. Mudah kan? Dengan begitu blog kita jadi terlihat lebih professional dengan ikon favorit milik sendiri.
Nah mulai sekarang sepertinya saya harus sering-sering buka draft blogger biar tidak ketinggalan lagi , atau bisa saja jadikan dasbor utama blogger kita. Soalnya setiap ada perubahan biasanya lebih dulu dicoba di sini sebelum dipublikasikan di www.blogger.com, begitu kira-kira… Terimakasih ya sudah mampir, mari blogging, mari berbagi. Just kidding

Update artikel kami secara gratis via email, untuk berlangganan silakan masukkan e-mail anda:

Artikel Terkait:


4 komentar:

Ferdinand said...

Bener2 klo dulu kita mesti susah2 nambahin script buat masang favicon sekarang gak perlu lagi karena Blogger udah nyediain haha... :) Mantabz dah Blogger.... sayang Dashboardku doank nih yg blum ganti tampilan haha.. :)

Ins saja said...

hlo, cara ngubah jadi format *.ico gimana?

Akoey said...

.ferdinand: iya sob, blogger semakin meningkatkan ferformanya, thanks nsukses slalu ya.
.ins saja: hlo jg, sobat bisa secara online mengconvert image jd .ico, kunjungi aja coolutils.com/online/image-converter/ ATAU prodraw.net/favicon/index.php tinggal upload convert dan download dalm format icon (.ico) mksih udh mampir ya.

™®ofi®izqi™ said...

saya tetep aja gx ngerty haduuh gimana neh gan mohon lebih di perjelas lagi yah terima kasih dari saya oh iya gan saya mw nanya klo mw bikin cheat di blog tuh cranya gimana sich???

Post a Comment