Jan 2, 2011

Cara Back Up Data Ponsel dengan Google Sync


Untuk menghindari kehilangan data ponsel, sebetulnya banyak sekali cara yang digunakan, mulai dari cara manual, koneksi ke PC atau dengan cara online yaitu menitipkan ke server.
Selain itu sebetulnya operator seluler telah menyediakan layanan back up, terutama GSM namun sayang masih berbayar. 

Pada kesempatan ini, saya akan coba berbagi untuk menggunakan layanan back up data online secara gratis yaitu di Google Sync. Sebetulnya layanan ini sudah lama ada, tapi tidak ada salahnya kita review lagi. Lagi-lagi Google memberikan kemudahan, selain gratis juga penggunaannya cukup mudah. 
Kelebihan Google Sync selain aplikasi ini bersifat gratis, data-data kita akan disimpan di server Google sehingga bila Anda berganti ponsel, Anda dapat melakukan sinkronisasi ulang untuk daftar kontak dan kalender yang pernah kita buat di ponsel sebelumnya dan memindahkan kedalam ponsel yang baru dengan mudah.

Untuk proses sinkronisasi ini, dapat dilakukan secara otomatis sehingga kita tidak harus melakukannya secara manual walaupun disediakan juga opsi manual.Kemudian untuk menikmati layanan ini Anda sudah harus memiliki akun di Google tentunya. Dan setelah itu Anda harus melakukan beberapa langkah pengaturan yang disesuaikan dengan merek dan tipe ponsel yang Anda miliki.

Sekarang kita lihat contoh penggunaan Google Sync dengan menggunakan ponsel Symian 60 2nd edition misan Nokia type 6630. Berikut langkahnya. 

Klik Menu > Connectivity > pilih Sync > Options > New sync profile

Setelah selesai, selanjutnya bila keluar notifikasi ‘copy the values from another profile’ pilih saja ‘No’.
Berikutnya isikan data. Sync profile, isi dengan Google Sync. Data bearer, isikan dengan Web. Access point diisi sesuai dengan operator SIM card yang Anda pakai. Host address diisi dengan https://m.google.com/syncml. Port diisi dengan 443. Dan untuk user name diisi sesuai akun Anda di gmail dan password diisi sesuai password akun Anda tersebut.
Dan terakhir selanjutnya geser joystick ke kanan > pilih ‘contacts’ pilih yes > kemudian pilih back > back > save.

Demikian salah satu cara untuk mem-back up data dari ponsel anda secara gratis, melalui Google Sync. Selamat mencoba.

3 komentar

.eric: itu ga pake sob,
.harisa: coba pake aplikasi ini download saja:
http://www.box.net/shared/lj6f1qyenq
semoga berhasil ya..


EmoticonEmoticon