Jan 3, 2011

Setting Daftar Nomor Pusat Pesan (SMS)


Dalam pengiriman sms kadang menjadi masalah ketika tiba-tiba ponsel kita tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan padahal kita memiliki pulsa yang cukup. Berkaitan dengan ini saya akan coba berbagi mengenai hal poko yang harus diperhatikan berkaitan dengan pesan singkat ini.

Pada dasarnya, sms yang kita kirim melalui ponsel adalah terdiri dari dua proses, maksudnya yaitu pengirimannya dilakukan dua kali atau secara estafet. Sistematisnya adalah seperti ini:

Sender > Service Center > Receiver

Ketika kita mengirimkan pesan singkat atau sms ini, pertama-tama pesan yang kita kirim akan sampai ke pusat pesan yang mana pusat pesan ini berbeda untuk setiap opertor yang kita gunakan. Kemudian setelah pesan sampai di pusat pesan, selanjutnya akan dilacak nomor yang kita tuju tersebut kemudian service center mengirimkannya.

permasalahan yang sering terjadi tadi adalah ketika pesan kita tidak sampai jugakepada nomor yang kita tuju. Untuk mengatasi masalah ini, jangan ke bagian lain dulu (Hardware, software) tapi pertama yang kita cek adalah nomor service center sms tentu harus benar sesuai dengan operator yang kita gunakan. Sebetulnya nomor ini akan terpasang secara otomatis ketika kita mengaktifkan kartu seluler di ponsel. Namun terkadang ketika melepasnya, atau karena alasan teknis tertentu (restart, misalnya) maka nomor pusat pesan tersebut bisa terhapus atau hilang. Sehingga kita harus kembali meng-input nomor pusat pesan tersebut secara manual.

Masalahnya ketika nomor tersebut hilang, lantas anda harus mencari kemana? sementara menghubungi operator saja lumayan sulit atau berbayar, tapi anda mungkin bisa menghubungi toko seluler terdekat untuk bertanya.

Nah, berikut ini saya coba berbagi mengenai nomor-nomor pusat pesan operator seluler yag ada di Indonesia, mudah mudahan bermanfaat ketika anda mengalami masalah yang sama, terlebih anda adalah seorang teknisi ponsel yang baru belajar seperti saya.

Pada unumnya setiap ponsel sudah memiliki fitur yang sama pada seting pesan singkat, kita ambil contoh saja untuk ponsel Nokia yang paling mudah digunakan.

Pertama masuklah ke menu pesan kemudian pilih opsi pengaturan. Pada pengaturan sms biasanya ada pilihan nomor pusat pesan, validitas pesan, laporan kiriman, dsb. Pilih pada nomor pusat pesan, disitu biasanya ada pilihan lagi berupa daftar untuk beberapa nomor pusat pesan untuk beberapa operator. Anda pilih salah satu atau yang paling atas, biasanya merupakan nomor utama yang terpakai, kemudian disitu masukkan nomor pusat pesan yang sesuai dengan operator yang digunakan.

Berikut ini beberapa nomor pusat pesan untuk masing-masing operator yang ada di Indonesia:

Telkomsel : +628110000
IM3 :  +62855000000
Mentari : +62816124
XL : +62818445009
Three : +6289644000001
Axis : +628315000032

Setelah input kemudian save atau klik selesai.
Selanjutnya coba kembali untuk mengirim sms, jika nomor service cener benar dan sesuai dengan operator yang digunakan maka dipastikan tidak akan ada masalah. Demikian, semoga bermanfaat.