Jan 4, 2011

Tips Menghindari Radiasi Ponsel


Asumsi bahwa radiasi ponsel mengganggu kesehatan tubuh manusia ini sudah ada sejak lama. Bahkan disertai penelitian yang lebih lanjut -walaupun masih belum final-, ini sebetulnya dapat dibuktikan, namun tetap saja secara awam kita tidak dapat mengukurnya. Untuk itu  yang ada mungkin hanya sebatas mengatahui saja. 
Ada diantaranya mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat mengakibatkan kerusakan pada organ otak kita jika terlalu sering menggunakannya. Anggapan lain mengatakan jika ponsel kita dikantongi, ini juga dapat mengakibatkan gangguan impotensi. Ya ini hanya sebuah keterangan namun jika kita mau membuktikan bisa saja kita menemui ahli dibidangnya.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, menurut saya cara terbaik yang harus kita lakukan adalah menghindari kemungkinan terjadinya gangguan yang bisa diakibatkan oleh radiasi ponsel tersebut, dan ini bisa kita lakukan dengan mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan ponsel. Setidaknya, kita dapat mengurangi kemungkinan dampak dari radiasi ponsel tersebut. Baiklah, berikut ini saya coba berbagi dengan anda mengenai bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, saya kira kita semua bisa melakukannya, mari kita simak bersama:
  • Lakukan pembicaraan setelah koneksi benar-benar tersambung, karena pada saat mencari jaringan radiasi sangat kuat.
  • Hindari pemakaian ponsel di ruang yang tertutup rapat, terutama ruangan yang berbahan logam seperti di dalam mobil. Ini dikarenakan pada kondisi tersebut ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi akan meningkat, bahkan pantulan radiasi bisa saja terjadi seihingga kembali ke pengguna, terlebih di ruangan yang didominasi bahan baja.
  • Jangan menggunakan panggilan pada saat sinyal minim, ini bisa kita lihat dari baris sinyal pada layar ponsel. Misalkan jika status sinyal hanya terdapat satu baris saja, maka secara terus menerus ponsel akan berusaha menstabilkan, dan pada masa itulah radiasi akan meninggi.
  • Gunakan headset atau earphone, untuk mengurangi radiasi cara ini juga bisa dilakukan mengingat jarak ponsel dengan kepala akan cukup jauh.
  • Usahakan menggunakan ponsel dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah. Perlu diketahui bahwa Level SAR ini adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia. Semakin rendah levelnya, semakin baik untuk meminimalisir radiasi.
  • Dampingi anak-anak dalam menggunakan ponsel terutama panggilan, ini dikarenakan usia mereka yang dalam masa pertumbuhan, tentu saja daya tahan tubuh akan lebih rendah dibanding orang dewasa. Ini seharusnya menjadi perhatian para orang tua dan dewasa.
Selain beberapa poin diatas, ada satu lagi cara yang cukup baik yaitu dengan mengurangi waktu bicara anda, namun sepertinya cara ini cukup sulit mengingat tarif seluler yang semakin murah sangat memungkinkan untuk melakukan pembicaraan yang lebih lama. 
Itulah beberapa diantara cara untuk menghindari atau mengurangi bahaya daripada radiasi sinyal ponsel. Mungkin masih banyak cara lain yang anda ketahui, silakan menambahkannya dan berbagi dengan pembaca lainnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

4 komentar

Untuk sekedar menambahkan, bacaan Tips Menghindari Radiasi Ponsel seperti ini dapat dibaca juga di gubuk saya. http://arkan-indo.blogspot.com/2010/10/tips-meminimalisir-efek-radiasi-ponsel.html :)

(nitip lapak ya mas)

wahh bisa bisa pada stop pake hp nih. hahaha

Seberapa berbahayanya sih radiasi hp itu? apa bisa merusak kesehatan telinga?

Dah lama pengen cari tutorial tentang ini... hehehhehe makasih infonya.. :)


EmoticonEmoticon