Dec 28, 2010

CDMA Di Tahun 2011


Apakah anda seorang pengguna CDMA? Sebuah kabar yang beredar belakangan ini menyebutkan bahwa Teknologi ini akan mengalami kesulitan berkembang di tahun 2011. Ya begitulah Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) memperkirakannya.
Pasalnya, bila operator telekomunikasi tak mampu melobi kebijakan untuk menahan wimax dan LTE, maka layanan CDMA akan ditinggalkan. Selain itu, operator telekomunikasi harus mampu menerbitkan layanan baru yang lebih menarik dan murah. Sedangkan saat ini sepertinya CDMA belum bisa memenuhi dua hal tersebut. Sebut saja salah satu jagoan CDMA yang masih memasang tariff yang tinggi diatas GSM.

Disamping itu ada hal lain yang akan membuat teknologi CDMA menjadi sulit berkembang, dimana pada tahun 2011 nanti pemerintah akan cukup dipusingkan juga dalam membagi sumber daya frekuensi untuk layanan berbasis teknologi baru, seperti mobile wimax dan LTE. Kemudian berkaitan dengan itu, desakan desakan kepada pemerintah pun terjadi dan akan semakin kuat untuk mengizinkan penggunaan wimax 16 e oleh pemenang tender BWA 2.3 GHz. Dan kita smua tahu bahwa persaingan layanan mobile selular akan semakin tajam dan desakan konsolidasi antar layanan GSM/3G semakin kuat di tahun depan.

Demikianlah sedikit informasi  mengenai CDMA, jadi bagaimana sikap kita sebagai user tentu saja tetap bijak dalam menggunakan layanan teknoogi seluler, dan kita lihat perkembangannya. Semoga bermanfaat.

3 komentar

Wah.. nggak Sabar nih, kira-kira bisa ngalahin Esia ga ya ?

Aku dari dulu tidak pernah pake operator yg namanya CDMA, sebuah informasi yg mengejutkan tentunya bagi pengguna setia CDMA

@Pradisz: ya so kita tunggu aja apa bisa berkembang atu tisak.
@TB: tentunya, apalagi yg sudah secara jangka panjang menggunakan layanan dari CDMA. tp paling resah adalah para vendor CDMA sob. thanks ya dah mampir..


EmoticonEmoticon