Dec 22, 2010

Tips Agar Hemat Baterai Ponsel


Sudah menjadi suatu keharusan ketika baterai handphone anda habis anda mengisinya kembali (charging), agar bisa kembali digunakan tentunya. Tapi apakah tidak pusing ketika anda sedang menggunakan ponsel lantas tiba-tiba mati begitu saja, atau sedikit-sedikit lowbat, sedikit-sedikit battery empty atau kosong? Padahal belum waktunya mengisi karena anda sudah biasa melakukannya pagi atau malam hari, misalnya. Nah, kalau sudah seperti itu berarti baterai ponsel anda bermasalah sehingga cepat habis.

Selanjutnya, menyambung artikel sebelumnya, masih mengenai baterai kali ini saya akan coba berikan tips agar baterai ponsel anda hemat. Sebetulnya banyak sekali penyebab kenapa energi baterai ponsel cepat habis, misalnya kualitas baterai, pemakaian, atau dari ponsel itu sendiri yang bermasalah. Namun pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai bagaimana agar baterai ponsel anda hemat, tidak dalam segi teknis melainkan lebih kepada kebiasaan atau cara menggunakan ponsel anda. Untuk itu mari kita simak tips berikut ini:

  1. Kurangi volume. Biasakanlah menyetel volume ringtone anda pada level sedang atau kalu dilihat dari baris nada setel lah pada posisi kurang dua menuju full. misalnya jika ponsel anda mempunya 5 (lima) bar level volume ringtone, maka anda menyetelnya pada posisi 3 (tiga) saja, karena volume yang keras akan menguras baterai. Hal ini bisa anda lakukan juga ketika anda memutar mp3 atau video.
  2. Matikan Vibrate. Gerakan vibrate ini adalah gerakan mekanik dimana merupakan sebuah kumparan yang dialiri arus dengan kepala (bandul) yang setengah sehingga menimbulkan getar. Dan kumparan biasanya memerlukan arus yanng cukup besar.
  3. Redupkan atau matikan lampu latar. Tentu saja semakin terang lampu maka semakin besar pula arus yang diperlukan, untuk itu matikanlah lampu latar ponsel anda di siang hari karena pada waktu itu lamu tidak akan terlihat dan hanya mengkonsumsi energi saja. Atau ketika malam hari redupkanlah jika perlu.
  4. Kurangi penggunaan fitur yang tidak perlu. Untuk sesuatu yang tidak penting sebaiknya dihindari, seperti misalnya lampu blitz pada kamera (di siang hari), atau memutar mp3 atau video yang terlalu lama.
  5. Matikan fitur nirkabel. Untuk kebiasaan yang satu ini terkadang kita lupa mematikannya setelah menggunakannya, misalnya setelah anda mentransfer file melalui blue tooth atau infra red, atau Wi-Fi yang lupa dimatikan. Jangan salah bahwa ketika fitur tersebut aktif tetap memerlukan energi, jadi percuma kan energi baterai terbuang sia-sia?
  6. Tetaplah di mode GSM. Tips ini khusus untuk ponsel 3G yaitu biasanya  memiliki pilihan seting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila Anda tak sedang menikmati fasilitas 3G, gunakanlah mode GSM. Pengaturan ini ada di pilihan “Jaringan”.
  7. Hindari restart ponsel yang terlalu sering. Kebanyakan jaman sekarang seseorang biasanya mempunyai lebih dari satu kartu seluler, bisa dua atau lebih. nah, ketika mengganti karetu, tentu ponsel anda dimatikan bukan? lalu dihidupkan kembali untuk menggunakannya. Secara teknis, ketika ponsel dinyalakan maka kemudian dia akan mencari jaringan yang tersedia sesuai dengan kartu yang digunakan. Dan untuk mencari jaringan tersebut tentu saja memerlukan energi, dan energi yang diperlukan untuk sekali mencari jaringan adalah sama dengan energi yang diperlukan untuk satu jam standby. lagi-lagi baterai anda terkuras sia-sia.
  8. Aturlah Pengecasan baterai. Perlu diketahui bahwa untuk pengecasan baterai yang normal adalah pada waktu indikator menunjukkan "baterai penuh" pada layar, namun kenyataannya tidak selalu tepat karena karakter dan jenis baterai yang berbeda. Untuk itu anda juga perlu mengenali baterai ponsel yang anda gunakan, anda bisa baca pada artikel sebelumnya mengenai jenis-jenis baterai ponsel atau pada artikel lainnya yaitu "tips pengecasan handphone.
Itulah beberapa tips agar baterai ponsel anda hemat, dengan demikian anda akan leluasa menggunakan ponsel anda. Sebetulnya masih ada beberapa lainnya yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai, dan andalah seharusnya lebih tahu dengan karakter ponsel anda. misalnya matikan saja ponsel anda jika tidak akan digunakan dalam waktu lama dan lepas baterainya. Demikian dan semoga bermanfaat.

1 komentar so far

kalo aku pake mde GSM saja klo ga lagi surving internet..
sementara latar di layar selalu kuset paling redup.. Hehe


EmoticonEmoticon