Oct 23, 2010

Ponsel Gagal Suara (Bag. Speaker)


Melanjutkan posting sebelumnya mengenai perbaikan ponsel yang mengalami gangguan suara pada bagian microphone, kali ini akan dilanjutkan analisa selanjutnya dari bagian speaker. Speaker adalah merupakan unit penerima(receive) dimana pada komponen ini kita dapat mendengar suara dari lawan bicara saat melakukan panggilan. ketika komponen ini mengalami gangguan, maka otomatis kita tidak dapat mendengar suara dari lawan bicara tersebut padahal sedang terjadi panggilan. Atau bisa juga terdengar namun suara yang dihasilkan misalnya gemerisik (noise). Nah untuk memperbaikinya kita dapat melakukan serangkaian trouble shooting berikut ini:
  1. Periksa dan pastikan bahwa koneksi antara kaki speaker dan pads (bantalan PCB) terhubung dengan baik, harus bersih jangan sampai terhalang oleh apa pun, dan kalu ada media yang menghalangi terlebih dari bahan logam itu akan mengakibatkan korsleting pada ponsel.
  2. Lakukan pengukuran resistansi speaker seperti yang dilakukan pada pengukuran microphone pada pembahasan sebelumnya. Pada saat pointer multitester dihubungkan ke kaki speaker, pada kondisi normal akan terdengar bunyi gemerisik (kresek-kresek) dengan nilai resistansi antara 20 - 20 ohm.
  3. Jika pengukuran pada langkah 2 tersebut dinyatakan normal, langkah selanjutnya adalah dengan mengukur tegangan pada pads speaker (pada PCB) yaitu dengan cara mengukur pada saat melakukan panggilan. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Aatur multitester pada posisi Volt 10
    2. Hubungkan pointer hitam / negatif (-) multitester ke ground (bidy) ponsel dan pointer merah / positif (+) kesalah satu pads speaker. dalam kondisi normal akan terukur tegangan sekitar 1,8 V.
  4. Apabila pada langkah 3 dinyatakan gagal atau tidak terdapat nilai tegangan, maka lakukan penelusuran  jalur jalur IC Audio (cari dan liaht gambar) karena biasanya ada salah satu jalur yang terputus, jika ada maka lakukan pen-jumper-an.
  5. Jika jalur antara IC Audio sampai pads speaker tersebut ternyata baik, langkah selanjutnya adalah jatuhkan vonis terhadap IC Audio yang rusak, lakukan pengangkatan IC Audio dan Control.
Setelah langkah tersebut diatas dilakukan dengan benar, seharusnya  ponsel dapat kembali bersuara. Namun jika masih belum bisa diatasi kemungkinan besar ada jalur yang terputus dan tidak terkontrol karena biasanya langkah 5 adalah merupakan solusi terakhir dari repair gangguan suara ini. Ingat, lakukan blowing secara merata, pastikan komponen IC benar-benar menempel pada padsnya. Demikian, semoga membantu dan selamat mencoba.

1 komentar so far

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d


EmoticonEmoticon