Oct 1, 2010

Karakteristik Web 2.0


Setelah sebelumnya dibahas mengenai pengertian Web 2.0, dimana itu adalah dunianya user dengan segala kemudahannya, seperti adanya usaha pembaca dalam berkomentar dan trackback di Blog, atau dari sisi web adalah adanya RSS didalam Blog sehingga semua informasi bisa dimungkinkan dapat diadaptasi, dikoleksi, dan di-share untuk menjadi bagian dari Blog lainnya. User yang awam  pun tidak sekedar membaca halaman web tapi juga bisa merespon bahkan bikin sebuah content. Mau berkomentar , tanya ini itu di blog mudah, mau nambah teman di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter mudah, mau jadi member suatu komunitas juga mudah.  Bahkan mau bikin Blog juga mudah, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman sekalipun.

Nah pada kesempatan kali ini, saya ajak anda untuk mengenali seperti apa karakteristik Web 2.0 itu? Langsung saja kita simak poin-poin berikut ini:
  1. Network is Platform. Web 2.0 ini merupakan platform bagi aplikasi, dimana web yang menjadi platform menjadikan web sebagai tempat bekerja dimana pun berada. Cukup kita dengan membuka browser (mozilla, Internet Explorer, Opera, dsb), kita sudah dapat mengerjakan berbagai keggiatan seperti mengerjakan mengetik dokumen, perhitungan keuangan, atau merancang berbagai persentasi menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia yang dapat dijalankan secara langsung. Tentu saja dalam hal ini Google adalah menjadi yang terdepan saat ini.
  2. Harnessing Collective Intelligence. Adanya partisipasi dari pengguna dalam berkolaborasi dengan pengetahuan. Misalnya pemberian kepercayaan yang diberikan oleh Wikipedia kepada pengguna untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai ilmu pengetahuan.
  3. Data is the Next Intel Inside. Data menjadi trademark sebuah aplikasi, dimana penyuply data akan memberikan trademark yang akan digunakan oleh pemilik website untuk memberikan garansi kepercayaan kepada pengunjungnya. Kita ambil contoh portal peta dengan selogan "Powered by Google" yang memakai dukungan Google pada peta dunia berbasis web.
  4. End of the Software Release Cycle. Dikatakan bahwa Web 2.0 ini adalah sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software. Sehingga dengan cara ini setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Dan karena Web 2.0 menjadi platform inilah seorang pengguna cukup mendatangi website untuk menjalankan aplikasi yang ingin digunakan. Alhasil pengembangan fitur software ini dapat langsung dirasakan dan kini software bukan lagi sebagai produk tapi layanan (service).
  5. RSS & XML. Adalah dukungan dari sebuah program yang sederhana, sehingga dengan adanya RSS ini akan memudahkan pengguna untuk menikmati informasi secara cepat dengan cara berlangganan, atau bagi para pelaku web akan mudah untuk me-remix atau re-post dari website lainnya.
  6. Rich User Experience. Yaitu adanya kemajuan dari sisi antar-muka (interface) di sisi pengguna (user). Seperti misalnya dengan dukungan AJAX, yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML pada Blog, Yahoo!Mail, GMail, membuat pengguna merasakan lebih dari sekedar user atau hanya sekedar mengirim e-mail.
  7. Software is not Limited to a Specific Device. Kini software tidak lagi terbatas pada perangkat tertentu. Dimana setiap perangkat dapat mengaksesnya. Lebih jelasnya bahwa komputer bukan lagi satu-satunya alat untuk menjalakan berbagai aplikasi di internet. Sehingga setiap aplikasi di desain untuk dapat dinikmati di perangkat lain seperti di Ponsel, PDA, Iphone, dsb.
Untuk lebih mengenal Web 2.0 kita dapat melihat bahkan anda sudah merasakan seperti di situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, MySpace, dll), dan juga di situs aplikasi berbagi gambar seperti Youtube, Flickr, Photobucket, dll. Dan situs untuk berbagi bookmark seperti digg atau del.ico.us, dsb. 
Dengan demikian kita akan semakin emrasakan kelebihan daripada Web 2.0 ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

2 komentar

Makasih sob,,,, uda ngasih info tentang Web 2.0 kebetulan saya ada mata kuliah yang berhubungan dengan itu... cuman belum dapat software web 2.0 padahal saya pengen share kepada sahabat blogger lainnya....

Sobat @Astho: iya sob sama2 mksih jg, moga2 bermanfaat n lancar kulnya sob.. :)


EmoticonEmoticon