Sep 29, 2010

Tips Alami untuk Sakit Tenggorokan


Malam sobat blogger, masih semangat?
hmm... yang namanya hidup harus tetap semangat kan? Oke lah kalo begitu..
Jam jam segini biasanya lagi pada nyantai kan, bisa kumpul bareng temen atau keluarga. Atau menghabiskan waktu dengan koneksi internet ya seperti kita-kita ini, blogging, surfing dan lainnya. Tapi mungkin ada jg yang masih aktifitas ya? selamat beraktifitas deh semoga lancar.

Ohya, sedikit curhat cerita nih, kebetulan saya lagi sakit tenggorokan, tadi pagi sih sudah kerasa tapi ps siang kayaknya hilang. Baru kerasa lagi habis maghrib, jadi belum sempet berobat deh. biasanya kalo sakit kan saya ke Klinik langganan ga terlalu jauh juga paling 10 menit naik motor.

Sobat tau kan, kalo sakit tenggorokan ini bisa diderita sama siapa saja, ga peduli orang dewasa ataupun anak-anak. dan biasanya sih kalau sakit tenggorokan pengaruhnya sama nafsu makan jadi berkurang soalnya buat mencerna makanan kan sulit

Daripada ke Klinik jam segini males juga, tadinya mau tidur tapi belum bisa kalo belum ngantuk. Akhirnya biasa nih konekin internet, kebetulan misi kali ini blogging sambil hunting obat herbal buat sakit saya ini. Dan setelah muter-muter saya nemuin juga obat herbal ini. Kayaknya boleh nih saya share sama sobat-sobat siapa tau bermanfaat dan bisa dipakai juga kalau sobat sakit tenggorokan. Langsung saja deh tips ini saya kutip dari detikSehat.com
  1. Berkumur dengan jus lidah buaya dua kali sehari.
  2. Berkumur dengan campuran setengah sendok teh klorofil yang dicampur dengan setengah cangkir air, berkumur sebanyak 3 kali sehari.
  3. Campurkan satu sendok teh sari cuka apel, satu sendok teh lada cayenne dan 3 sendok makan madu yang dicampurkan dalam segelas air hangat, berkumurlah sesuai dengan kebutuhan.
  4. Buat teh chamomile yang ditambahkan dengan 1 sampai 2 sendok teh bubuk chamomile yang dikeringkan dalam air panas, minum setiap beberapa jam sekali.
  5. Iris jahe seperti koin dan letakkan dalam teko kecil, lalu seduh dengan air panas seperti membuat teh hingga warnanya coklat kekuning-kuningan. Tambahkan 3 sendok makan madu untuk membuat rasa menjadi manis, lalu minum secara perlahan-lahan
  6. Teteskan 5 tetes ekstrak biji buah anggur yang dicampurkan dengan air lalu kumur secara perlahan-lahan. Ekstrak ini berguna sebagai antimikroba dan membunuh bakteri.
  7. Campurkan seperempat sari cuka apel ditambahkan seperempat madu, lalu minum setiap 4 jam sekali untuk mengurangi rasa sakit.
  8. Campurkan madu dengan jus lemon dalam satu sendok makan, lalu berkumur dan biarkan berada di tenggorokan beberapa saat. Ini berguna untuk membantu mengurangi iritasi, lakukan beberapa kali dalam sehari.
  9. Buat campuran jus lemon dengan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat, berkumurlah 3 kali sehari selama 1 menit.
  10. Campurkan segelas air hangat dengan satu sendok teh garam, lalu berkumurlah beberapa kali dalam sehari.
Nah itu dia tipsnya, mungkin saya akan coba beberapa dulu nih, mudah-mudahan lebih baik. Oke Sob, mudah-mudahan bermanfaat ya. segitu saja curhatnya hehe... selamat malam, selamat beistirahat dan happy blogging.

5 komentar

Kumur lidah buaya Sob??? masa sih?? yg aku tau cuma buat nyuburin rambut lidah buaya hhe... klo garem bukannya buat sakit gigi Sob??? wah aku kayanya mesti lebih banyak surfing nie hhe.. thnx 4 info Sob....

wah mas Akoey rupanya sakit tenggorokan semoga cepat sembuh sob, cara ngatasi sakit tenggorokan bagus juga saya baru tahu, setahu saya beli obat minum istirahat nah itu saja, tks sob sheringnya.... nanti mau di save artikelnya siapa tahu bermanfaat..

Ya setauku jg gitu sob, makanya mau coba nih. siapa tau cocok. pait ga yah lidah buaya? oke deh thanks sOBAT..
Happy blogging. :)

@Insurance: Iya nih Sob, kebetulan belum sembuh. mau coba obat herbal yg tanpa efek samping sob.. Thanks yah moga bermanfaat buta sobat. :)

mas saya sudah follow nomor urut 234, oce


EmoticonEmoticon