Sep 1, 2010

Mengatasi kerusakan LCD ponsel


Perlu diketahui bahwa LCD (Liquid Crystal Display) adalah terdiri dari sel-sel yang terbentuk dari Kristal cair yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menampilkan karakter melalui pengotrolan unit logika  (CPU) pada ponsel. Anda bisa baca pada posting teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Adapun penyebab kerusakan LCD pada ponsel antara lain adalah:
•    Terjadi benturan yang menyebabkan adanya entakan arus sesaat diluar kemampuan ponsel.
•    Terkena air
•    Kontak langsung dengan sinar matahari yang terlalu lama sehingga mengakibatkan cairan LCD memuai.
•    Kerusakan pada bagian koneksi seperti rubber contact, kabel fleksibel, dan konektor.
Selanjutnya, kita akan masuk ke pembahasan bagaimana kita mengatasi kerusakan LCD blank.
LCD blank atau layar tidak bisa merespon dan ditampilkan saat ponsel dinyalakan. Dalam hal ini iperlukan kejelian, sebab pada kasus seperti ini, pada ponsel tertentu bisa saja ini masalah bukan dari hardware tapi software. Nah, bagaimana untuk membedakan antara kerusakan antara hardware dan software? Coba anda lakukan hal berikut ini:
  1. Masukkan simcard kemudian nyalakan ponsel.
  2. Lakukan panggilan ke operator, (contoh jika memakai kartu simpati, lakukan panggilan ke 116)
Analisanya:
  1. Jika nomor dapat dihubungi (dengarkan suara operator), maka gangguan LCD berasal dari hardware. Tapi,
  2. Jika terjadi sebaliknya, tidak ada respon dari operator atau tidak dapat melakukan panggilan, berarti gangguan berasal dari software.
Lihat gambar hubungan dasar input pada LCD berikut ini:
Berikutnya kita lakukan perbaikan:
1.    Perbaikan hardware:
  • Bersihkan koneksi antara LCD dan pad PCB ponsel (plat konektor, kabel fleksibel, dan rubber contant, dan soket LCD) menggunakan cotton bud yang dibasahi menggunakan cairan pembersih IPA.
  • Apabila tidak berhasil, bisa dipastikan LCD rusak, langkah selanjutnya LCD harus diganti.
2.    Perbaikan software:
  • Anda tinggal melakukan re-flash atau flah ulang data ponsel dengan menggunaka repair box atau program yang sesuai dengan jenis ponsel tentunya. Biasanya sosuli perbaikan dengan re-flah ini mempunyai kans 90% berhasil.
Demikian pembahasan pada perbaikan LCD blank. Lakukanlah analisa secara benar, dan selamat mencoba.

6 komentar

wah kl yg rusak lcdnya biasanya dah ga bs dibenerin lg, mahal reparasinya.mending bl yg br lg..he3...

Sobat tiwi: emang sih harga LCD bisa nyampe 3/4 harga hapenya jd mending ganti baru aja.. hehe.. thanks deh, happy blogging.. :)

ini saya mw tanya ,saya belom satu bulan ganti LCD ,akan tetapi LCD ini tidak tahan terhadap kekeuatan ,
misal :
saat saya nyalakan handphone maksimal 15 menit dia kuat,setelah itu warna buram ,padahal ini baru sdua minggu saya ganti .minta tolong penjelasan masalah ini ..
terimakasih .

@Eno: terimaksih sebelumnya sudah share dsini. prtama saya mau tanya type ponselnya apa terus menggunakan LCD lokal atau original? soalnya kualitas LCD sangat mempengaruhi. kalau kondisi ponsel masih normal, maka bisa dipastikan lcd yg tidak cocok. kecualiengine ponselnya pernah kena benturan -misalnya- bisa saja ada komponen yang bergeser di bagian cpu atau power dan perlu di resolder atau jumpering.
atau untuk beberapa type ponsel nokia/SE bisa coba di flash ulang saja. Demikian, mudah2n membantu.

Mau Tanya Nih, Hp saya Gambar nya Jadi Pada Nge Blur, Terus Ada Pantulan cahaya di Hp saya, Apakah Ada Solusi nya ? Apakah LCD yang rusak ? Atau apa ? Tapi Jika sms atau Telpon Masih Bisa. Thanks.

Mau tanya nih, Hp Saya Tiba Tiba Nge Blur Gambar nya, Tulisan nya. Tapi Masih Bisa Sms dan Telpon. Apa Solusi nya ya ? Thanks


EmoticonEmoticon