Jun 23, 2010

Tips Merawat Gitar


Banyak orang yang bisa memainkan gitar, tapi tidak sedikit pula yang melupakan perawatannya,  terkadang setelah asik memainkannya gitar ditaruh begitu saja. Tentu saja kebiasaan itu dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Nah, agar gitar selalu enak dimainkan dan menghasilkan suara yang  bagus, berikut beberapa tips merawat gitar agar awet dan selalu enak dimainkan:
  1. Gunakan case atau sarung gitar. Gitar cukup peka terhadap cuaca, untuk itu perlu dipakaikan sarung atau case untuk gitar agar terlindungi. case gitar jenisnya ada dua yaitu hard yang terbuat dari kayu atau plastik, dan soft yang berbahan kain yang biasa dipakai untuk gitar akustik. usahakan setiap habis pakai dipakaikan case.
  2. Bersihkan senar. Ketika memainkan gitar, kita bisa mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangan. Ini karena kerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi, dan itu akan mengakibatkan kotoran dari debu dan keringat hingga menjadi daki pada fret gitar yang akhirnya akan membuat suara menjadi jelek. Untuk itu setidknya seminggu sekali kita perlu bersihkan senar agar tidak terlalu kotor dan membersihkannya gampang saja cukup dengan kain lembut bila perlu dibasahi, dan pakai string cleaner yang bisa didapatkan ditoko-toko musik.
  3. Kendorkan senar. Untuk menjaga agar neck gitar tidak cepat melengkung atau bengkok, hal ini perlu dilakukan jika gitar tidak akan dipakai untuk waktu yang cukup lama terutama untuk gitar akustik karena biasanya banyak yang tanpa plat penahan neck. 
  4. Letakkan dengan benar. Setiap orang berbeda kebiasaannya ketika setelah memainkan gitar, ada yang apik dan ada pula yang ceroboh atau biasa saja. Akan tetapi biasakanlah menyimpan gitar dengan benar agar tetap terjaga terutama dari benturan, dan kalau perlu disimpan pada stand gitar.
    Buatlah Kinclong
  5. Ganti Senar. Usahakan jangan tuggu senar gitar sampai berkarat agar suara yang dihasilkan tetap merdu. Biasakan mengganti senar sekaligus 6 buah agar suaranya rata antara satu senar dengan yang lainnya.
  6. Bersihkan Fretboard. Fretboard jika dibiarkan terlalu lama, bisa manjadi kerak. Jadi usahakan setiap Anda mengganti senar, sekalian bersihkan fretboard-nya. gunakanlah benda yang tumpul, jangan runcing, disarankan jangan pisau, coba saja gunakan pick gitar. Sebab bila menggunakan barang tajam karena bisa mengikis fretboard-nya. kemudian setelah bersih, dilap lagi dengan bahan halus.
  7. Jangan Dibanting. Bolehlah kita meniru gaya bermain gitar idola kita, keren kan kalau kita nampak seperti mereka. Tapi, jangan semuanya juga ditiru, misalnya aksi panggungnya yang menghancurkan gitar di akhir pentas, yngwie malmsteen misalnya. Yang jelas bukan awet tapi sebaliknya, kecuali kalau kita mempunyai koleksi seperti mereka.
Begitulah kira-kira tipsnya, apa pun merek gitar anda, rawatlah dengan sungguh-sungguh agar bisa menghasilkan suara yang selalu enak didengar.
Selamat bermain gitar dan ciptakanlah lagu-lagu yang indah untuk dunia... :)

4 komentar


EmoticonEmoticon