Jun 9, 2010

Tips mengatasi Marah


Pernahkah anda marah? berapa lama biasanya kalau anda marah? walau bukan seorang pemarah, pastilah suatu waktu anda pernah marah, entah karena apa sebabnya banyak sekali, biasanya marah bisa timbul begitu saja. Sebagan orang bilang bahwa marah itu membuat cepat tua, bahkan Imam Ali bin Abi Thalib r.a. mengatakan "barangsiapa yang tidak dapat menahan amarahnya, maka akan mempercepat kematian".
Untuk itu sangat penting untuk kita mengatasi kemarahan. Ada banyak buku atau pesan yang sering kita dengar mengenai cara mengatasi amarah, diantaranya dengan menarik nafas panjang untuk menormalkan denyut jantung. Atau menghitung bilangan dari satu sampaisepuluh, dan masih banyak lagi dan berikut ada beberapa tips untuk mengatasi kemarahan:
  • Selidiki terlebih dahulu hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kemarahan kita timbul, dengan mengetahuinya kita bisa mengatasinya jika gejala itu muncul.
  • Perbanyak kemampuan untuk mengelola diri, seperti teknik mengelola waktu, teknik komunikasi yang baik, dan teknik teknik kpeningkatan emotional quotion.
  • Biasakan diri pada berbagai kondisi dan situasi lingkungan agar diri terbiasa berhadapan dengan kesulitan.
  • Hindarkan makana yng berkadar protein tinggi, karena makanan tersebutdapat meningkatkan kemarahan, misalnya daging kambing.
  • Diam saat menrasakan lonjakan emosi sebelum beralih menjadi kemarahan. Sabda Rasul, "Apabila salah seorang diantara kamu marah maka diamlah." (H.R.Ahmad)
  • Apabila marah, duduklah. Jika tidak mempan, berbaringlah. dan jika tidak berpengaruh juga, berwudhulah tau mandi.
  • Minta perlindungan kepada Allah Swt. Karena Allah adalah sebaik-baik tempat berlindung.Sabda Rasul, "Pabila salah seorang diantra kamu marah, maka katakanlah. 'aku berlindung kepada Allah', maka marahnya akan reda".
  • Alihkan energi marah menjadi sesuatu yang produktif. bisa apa saja yang anda anggap positif.
  • Mencari teman untuk mengingatkan saat anda marah.
Nah, bagaimana dengan tipsnya? mudah-mudahan dapat bermanfaat setidaknya dapat mengurangi tensi ataupunfrekuensi marah anda.

1 komentar so far

amarah adalah salah satu bentuk kekesalan yang kalo boleh jujur sangat sulit aku kontrol...melalui beberapa postingan teman2, saya tetap berharap ada tulisan yang bisa meredam dan membantu mengurangi kekesalan jiwa ini..

salam kenal,
Bolehngeblog


EmoticonEmoticon