Mengatasi Error 31 pada Koneksi Internet Modem di Windows 7

Akoey Jr.
By -
8
error 31Beberapa waktu terakhir ini saya selalu menggunakan speedy untuk koneksi internet saya, sampai tadi malam saya coba kembali sambungkan internet dengan menggunakan modem. Kebetulan saya sedikit bereksperimen dengan salah satu paket internet CDMA. Tapi sebelum uji kelayakan saya berjalan, saya sempat disibukkan dengan error connection yang saya alami di laptop saya. Lumayan sedikit memaksa untuk berfikir, padahal saya biasa menggunakan modem tersebut di laptop saya ini.
Kegagalan koneksi yang saya alami ini, kebetulan saya menggunakan Windows 7 (tidak tahu kalau di windows xp), adalah ketika melakukan registrasi pada koneksi internet muncul pesan error yang berbunyi:
Error 31: A device attached to the system is not functioning
Sebagai langkah awal, saya coba otak atik properties untuk adaptor setting internet koneksi yang saya pilih, ternyata masih saja tetap begitu, kemudian saya coba uninstall driver modemnya kemudian restart dan instal lagi, hasilnya begitu juga belum ada perubahan. Wah heran juga, ada apa dengan ini semua? Akhirnya saya coba modem yang saya pakai ini di Desktop komputer dan ternyata tidak ada masalah. Jadi apa yang menyebabkan error 31 ini?
Ya sudah, untuk menghilangkan rasa penasaran dan memecahkan solusi ini (sayang juga kalau harus menginstall ulang OS) Akhirnya saya coba lah bertanya pada mbah Google, dua kali searching dan akhirnya saya dibawa ke sebuah halaman forum yang membahas masalah error 31: A device attached to the system is not functioning ini. Dan dari beberapa reply thread, disamping jawaban yang tidak jelas ternyata ada sebuah jawaban yang cukup masuk akal untuk saya.
Ya, ternyata disitu disebutkan, jika ada software Connectify maka uninstal saja karena itulah yang membuat masalah ini. Ternyata saya ingat, beberapa hari yang lalu saya menginstalkan program ini, bahkan saya postingkan di blog ini (klik disini). Setelah itu langsung saja saya copot program pembuat wi-fi connectify ini. Dan hasilnya ternyata benar, software inilah yang membuat masalah ini. Akhirnya modem saya bisa digunakan kembali di laptop windows 7 saya.
Sebagai catatan diakhir posting ini sebetulnya saya belum faham betul secara sistem apa yang menyebabkan software ini mengganggu koneksi internet modem karena saya sendiri masih mencari jawaban akan hal ini. Setidaknya ini bisa menyelesaikan satu masalah, dan semoga jika anda mengalaminya bisa dicoba saja tips ini.
Akhirnya, karena saya telah mencopot program wi-fi connectify untuk mengatasi error 31 di tanggal 31 ini, maka saya akan menggantinya dengan membuat wireles dengan software lain agar teman saya bisa menikmati internet dengan hotspot dari laptop saya ini di hanphonenya. Demikianlah sedikit tips kali ini, semoga bermanfaat.
Tags:

Posting Komentar

8Komentar

  1. nuhun kang Akoey, berbagi pengalamannya. kalo2 nanti saya mengalami hal yg sama jadi tak terlalu pusing mengatasinya.

    salam

    BalasHapus
  2. Ass. mas aku sangat sangat terima kasih udah hampir 2 minggu nih laptop gk bisa konek2 , aku pke smartfren ....... 1.udah di uninstal driver modemnya msih gk bisa ,,,,, pkoknya hampir putus asa deh .... sampe2 hampir mau instal ulang !!! eh ternyata iseng2 browsing di hape ktemu website mas ....... eh ternyata di kompi aku terinstall connectify ...... udah lgsng aj di uninstal ...... dan ternyata kompinya konek lagi ..... mas aku doain mas mendapatkan banyak pahala karena telah menolong orang yang hampir berputus asa dibulan puasa ini .... trims atas tutornya wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. .anonymous: makasih kembali mas, senang bisa bermanfaat. selamat berinternet n makasih udah mampir ya.. :)

      Hapus
  3. Terima kasih ya mas akoey ^^! Saya juga mengalami masalah yg sama ketika menginstall modem smart.. sempet putus asa dan hampir ingin format ulang komputer.. tapi untung pas googling nemu blog ini dan skrg saya sudah bisa konek dengan modem di laptop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. .anonymous: sama2, kembalikasih mas. senang bisa bermanfaat. selamat berinternet n makasih udah mampir ya.. :)

      Hapus
  4. bang ,,,krmaren w jg instal tu software , tp ga sampe selese langsung gw cancel ,, gw liat di un instal prgramnya ga ada ,, gmn thu ? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, sangat bermanfaat.. Sy mengalami hal yg sama juga.. Dan akhirnya modem huawei sy bisa digunakan kembali. Thanks 4 share..

    BalasHapus
Posting Komentar