Jul 27, 2011

Cara Membuat Hotspot dengan Laptop di Windows 7


Saya yakin anda sudah mengetahui apa itu yang disebut Hotspot, kalau boleh saya kutip dari bang Wiki kira-kira arti dari hotspot itu sendiri adalah Area bersinyal merujuk pada tempat-tempat tertentu (biasanya tempat umum) yang memiliki layanan internet dengan menggunakan teknologi Wireless LAN. Mungkin anda sering menjumpai ditempat-tempat umum seperti kampus, pusat perbelanjaan, perpustakaan, mall dsb. 
Pada kesempatan kali ini, saya coba berbagi dengan anda sobat semua, kebetulan saya punya sedikit pengalaman ketika teman saya ingin menggunakan hotspot di ponsel Sonyericsson Experia-nya, sementara di lantai 4 tempat saya bekerja tidak dapat sinyal yang biasa didapat di lantai 1, 2 dan 3. Akhirnya saya buatkan Hotspot dengan laptop saya yang berwajah windows 7, kebetulan laptop saya terkoneksi dengan LAN. Anda juga bisa membuatnya dengan salah satu cara ini (masih ada cara lain untuk membuat hotspot dari laptop). Cara ini adalah dengan  menggunakan sebuah aplikasi yaitu Connectify (klik saja disini untuk mendapatkannya). Sebelumnya pastikan bahwa laptop anda sudah ada Wi-Fi nya.
Setelah mendownload software Connectify tadi, silahkan instalkan dan ikuti langkah berikut ini (lihat gambar):
connectify
  1. Wifi-Nama : Isi nama jaringan wifi anda anda kehendaki, kalau saya ab-wifi
  2. Password : masukan password yang anda kehendaki. Password ini berfungsi untuk mengamankan jaringan internet anda, dari orang-orang yang tidak berkepentingan.
  3. Internet : Pilih sumber koneksi internet anda yang akan anda share, kalau laptop anda menggunakan LAN pilihlah Local Area Connection.
  4. Wifi : Pilih "wireless network connection"
  5. Mode : Biasanya di sesuaikan dengan jenis kartu wifi anda, ini bergantung pada kartu wifi anda, sudah support yang mana.
  6. Klik aplly settings 
Sampai tahap 7 diatas, berarti selesai sudah instalasi Connectify-nya, selanjutnya lakukan sedikit setting pada koneksi internet nya, jika anda menggunakan Local Area Connection sebagai line utama, maka lakukan setting dengan cara berikut ini:
  1. Masuk ke control panel dan buka Internet and sharing center
  2. Klik pada menu change adapter setting yang ada disamping kiri
  3. Kemudian klik kanan pada internet connection yang aktif (yang hendak dibagi) misal pada Local Area Connection (lihat gambar) lalu klik Properties, dan pada tab sharing centang keduanya lalu pilih koneksi utamanya dan klik OK.

Sekarang selesai sudah setting hotspotnya, tinggal jalankan dan star hotspot, dan sekarang teman anda sudah bisa menikmati hotspot dari koneksi internet yang anda bagi. Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 komentar

mas,, kaka saya meng'unable kan pencari koneksi WIFI di laptop saya agar saya tidak membawa laptop saya ke sekolah dengan alasan: "mau internetan gratis"
ternyata,
bukan hanya tidak konek ke WIFI, tapi juga tidak bisa koneksi menggunakan sambungan kabel. celakanya kaka saya itu bekerja diluar kota, sehingga dia tidak bisa memperbaiki laptop ini.
tolong donk mas cari cara buat meng'enable kannya kembali dan cara untuk meng'unable kannya juga ....please!

.jepri: kalo pake software wifi-finder, uninstal saja dulu. terus cb cek driver LAn sama wirelesnya, apa terpasang atau tidak.

gan, kalo kita sharing bandwidth gini, ada pengaruhnya nggak ama koneksi di kompi kita ???

gan ane kok di Local area connection nya pas d properties g ad sharingnya cman ad Networking

hafizah said :
wah wah , ternyata bisa juga ya hospot saya ,
terimakasih atas info and petunjuknya ,

jadi kawan besok kawan saya bisa bawak laptop dan memakai hospot saya utk bisa connect ke internet

conectivity mantappppppppppppppppppp


EmoticonEmoticon