May 6, 2011

Tips Memilih Modem dan Koneksi Internet


Kemarin2, teman saya beli modem yang katanya cepat dan murah, habis itu eh dia malah marah2 katanya cepat tapi ko lelet, boyot banget jalannya kayak keong, :@ agak marah dia ngomong ke saya. Nah terus saya sih ketawa aja, trus saya tanya dia, memangnya kamu beli modem apa? berapa harganya? pake provider apa? GSM atau CDMA? beli paketnya yang berapa? Dipakai buat apa, browsing atau download? di rumah kamu kuat ga sinyalnya? hehe... dia malah bingung ga bisa jawab.
Maksud kamu apa dia bilang.. ya itulah yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli USB Modem, apakah itu GSM atau CDMA, yang penting ya poin2 yang saya sampaikan tadi diantaranya.. begitu cuy, hehe... maaf ya..

Itu tadi hanya cerita kecil saja pengalaman saya, memang sekarang adalah jamannya internet tanpa kabel bergerak atau bahasa kerennya "Wireless Internet Mobile". Ada beberapa teknologi yang digunakan saat ini diantaranya adalah teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication Systems), atau bisa juga disebut sebagai teknologi 3.5G  yang sekarang kita kenalkan lagi dengan teknologi EVDO yang biasa disebut dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO  dan ini adalah merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. Tentu saja, dengan adanya teknologi tersebut mempemudah kita untuk mengakses internet dimana sata, dengan menggunakan perangkat yang digunakan yaitu disebut "Modem".

Menyambung cerita kecil diatas, selanjutnya saya coba berbagi sedikit pengalaman dengan anda bagaimana caranya atau tips memilih modem (modem USB)  dan koneksi internet agar tidak menyesal setelah dipakai ternyata seperti cerita diatas, hehe...

Sebetulnya simple saja dalam hal memilih modem ini, yang diperlukan adalah inventarisir situasi dan kondisi anda sendiri berkaitan dengan koneksi internet yang akan dilakukan. (mudah2an bahasanya bisa dicerna, hehe...) . Ya, yang pertama perlu dilakukan adalah survey, kumpulkan data sebanyak mungkin -apakah itu dari internet, toko modem/komputer/seluler, atau dari pengalaman teman/kenalan/kerabat anda yang lebih dulu punya pengalaman dengan internet dan modem. Setelah anda cukup mendapatkan data dari beberapa hal yang berkaitan dengan modem dan koneksi internet tersebut, mulailah menentukan tipe dan merek yang menjadi target pembelian (kayak marketing aja, eh kebalik ya? pokonya itu lah maksudnya.. :)..) Buatlah daftar gadget/modem yang diincar pada secarik kertas sebagai catatan saja, kalau males diingat2 saja.

Selanjutnya, sudah selesai langkah diatas? mulai lah menentukan tipe dan merek apa sih yang bagus itu? soalnya kalau lihat iklan semuanya bagus dan menawarkan kualitas yang paling hebat. namanya juga iklan mas, hehe... terkadang user terjebak dengan iklan yang ada. Memang, orang bilang harga biasanya ga pernah bohong, dan biasanya semakin tinggi harga fasilitasnya juga semakin tinggi atau baik. Tapi menurut saya itu ga identik lagi sekarang, yang terpenting adalah kesesuaian dengan kondisi kita.

Baiklah, misal kita hendak membeli modem USB yang paling flexible untuk masa kini mengingat penggunaannya pun mudah, bisa cabut pasang di PC atau di Laptop. Urusan kualitas, pertama pilihlah modem yang berfitur lebih, tapi jangan sampai salah satu fiturnya dominan, misalnya support dengan kecepatan 3.6 Mbps dan 7.2 Mbps. Bisa menggunakan slot Micro-SD Card. USB Extension. Fitur Wireless Lan (Wifi). Fitur GPS. Support Eksternal Antena Indoor dan Outdoor, dll.

Ada dua jenis SIM Card yang digunakan pada modem GSM dan CDMA, yaitu SIM Card CDMA (Misalnya Esia, Flexi, Fren, dll), dan SIM Card GSM (Misalnya Indosat, Simpati, Three, Mentari, dll). Mengingat hal ini, anda jangan sampai terbalik menggunakan meodem dengan provider selulernya. Akan tetapi, sebelum menentukan modem jenis frekuensi apakah (tersebut diatas, GSM atau CDMA), anda harus sudah mengetahui kondisi jaringan internet di daerah tempat anda akan menggunakan modem tersebut. Untuk mempermudahnya, lakukan pengecekan signal operator dengan ponsel, pilih sinyal (signal) operator yang terbaik, kalau dilihat dari baris sinyalnya tetap tidak naik turun. Ini penting karena sehebat apa pun modem yang anda beli, kalau jaringan di daerah anda jelek ya percuma dong, pasti menyesal dikemudian hari, hehe...
Ohya, jangan salah juga, terkadang sinyal voice bagus, tapi sinyal datanya jelek, nah disinilah anda harus jeli.

Kemudian berikutnya, carilah modem yang dilengkapi dengan software untuk mengkonfigurasikan setting internet anda. Beberapa software modem memiliki settingan internet yang lengkap namun ada juga yang settingannya tidak dapat dimodifikasi lagi (Modem Locked). Pilihlah modem yang settingannya mudah dan tidak terlock oleh provider internet tertentu agar anda bisa menggunakan berbagai provider kartu, misalnya ketika ganti kartu karena update harga atau paket internet yang murah dari operator lain. Langkah berikutnya, pilih kecepatan internet yang ditawarkan oleh modem. Saat ini, rata-rata modem yang beredar dipasaran memiliki kecepatan transfer data antara 3.6 Mbps sampai 7.2 Mbps. Ini berarti kecepatan transfer modem dan BTS adalah 3.6 atau 7.2 Megabytes tiap satu detiknya. namun ini bukan berarti bahwa kecepatan download anda hanya sekitar 256Kbps saja. Kecepatan transfer modem anda memang benar 3.6 atau 7.2 Mbps ke BTS, tapi umumnya provider internet membatasi kecepatan anda dari BTS ke Internet, sehingga anda mendapatkan kecepatan lebih kecil.
Skema jalur aksesnya seperti ini:

Modem -----(7.2Mbps)---> [BTS] -----(256Kbps)----> Internet

Terakhir, bagaiamana caranya memilih koneksi internet yang tercepat? tentu saja, karena biasanya provider memiliki berbagai paket internet yang ditawarkan sesuai dengan kualitas kecepatan akses data yang diberikan. Misalnya untuk Telkom Flash ada paket basic, advance, dan pro, pada Esia AHA mempunyai paket Ekonomis, dinamis, dan Fantastis, begitu juga yang lainnya.

Itulah sedikit gambaran bagaimana cara memilih modem dan koneksi internet yang baik untuk anda, terlihat ribet ya? ;-) Ya inilah versi saya, mugkin berbeda dengan anda? Tiada lain maksudnya  sama agar kita benar-benar mendapatkan koneksi terbaik yang kita inginkan. Oke, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Selamat berinternet ria, dan tetaplah sehat dalam berinternet. :) Terimakasih.

6 komentar

aku mau mulai pake modem, ini juga bingung pake apa dan yg mana..kata kawan, coba test dulu, kira2 pake apa yang sinyalnya bagus di tempatku gtu.....

.adit: iya sob, usahain cek sinyal, klo bisa cek koneksinya langsung biar pasti modem n provider apa yg mau dipake.. mksh udh mampir ya... :)

hmmm begitu ya sob, makasih atas tipsnya ya :)

Informasi menarik buat memilih modem ni gan

setuju sob, mau bagus bagaimanapun modemnya, klo sinyal providernya kurang bagus mending ganti providernya, seperti saya dulu pke matrix kurang mendukung jaringannya di tmpt saya, lalu setelah pke 3 lancar2 aja walau dgn modem yg sama


EmoticonEmoticon