May 7, 2011

Mempertajam Meta Tag untuk Menaikan Pendapatan Google Adsense


Pernah saya singgung sebelumnya, bahwa untuk mengelola google adsense tidak mudah, tapi tidak pula sulit kalau kita terus lakukan siasat atau trik2 untuk mendapatkan klik di iklan kita. Memang, sedikit saja kita putus asa dengan dollar yang tak kunjung naik, bisa bisa kita membelot untuk mencuranginya dengan melakukan trik yang melanggar tos adsense. Tapi tetap saja, sekali google mengetahui kecurangan kita, bisa-bisa yang ada malah mendapat sanksi fatal berupa pemblokiran atau banned dari google.

Daripada kita mengambil resiko, marilah kita bersiasat dan lakukan trik yang tepat untuk mendapatkan klik dari pengunjung web/blog kita. Salah satunya adalah dengan mempertajam meta tag. Saya yakin diantara anda terutama blogger pasti sudah mengetahui apa itu meta tag, maka dari itu saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang hal ini.

Kenapa kita perlu mempertajam meta-tag ini?, disini kita akan mencoba meyakinkan robot adsense (adsense crawler) agar lebih yakin tentang apa yang ada atau isi dari situs atau blog kita. Saya kira ini sangat berguna untuk meningkatkan "Ad Relevancy" situs, sehingga nantinya apa yang ditampilkan adsense pada ad-unit ataupun ad-link mereka bisa cocok dan sesuai dengan isi situs/blog kita. Disamping kita dapat membantu adsense crawler untuk mengetahui isi situskita, dengan penggunaan meta-tag ini dapat membantu web crawler untuk menentukan dan me-ranking situs kita, tentu saja ini sangat mengntungkan bagi kita.

Selanjutnya mari kita mulai pada pemasangan meta tag di situs atau blog kita. Sebetulnya mudah sekali pemasangannya, kita tinggal meletakkan beberapa kode meta tag diantara tag <head> .... </head> dan dibawah tag <title> .... </tittle>, berikut contoh kode meta tag:

<head>
<title>your page title goes here</title>
<meta name ="description" content="a short but specific blurb abaut de page is about">
<meta name ="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, dst.">
</head>
Pada tag title, isi dengan judul halaman blog kita. Pada meta description, ceritakan tentang deskripsi situs kita, jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, usahakan singkat padat dan jelas atau to-the-point. Kemudian pada meta keywords, isikan dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan isi blog kita (jangan bersebrangan). Boleh lebih dari 4 keyword tapi jangan terlalu banyak atau berlebihan karena jika memasang keyword terlalu banyak atau berlebihan, sama halnya pada meta description, maka search engine akan menganggap situs kita sebagai spam, tentu saja ini sangat merugikan buat kita sendiri sebagai publisher google adsense.

Sepintas memang pemasangan meta tag ini tidak terasa dan mungkin seperti tidak penting, tapi lama kelamaan efeknya akan terasa karena disamping membantu robot crawler mencari tahu tentang isi situs kita, juga dapat meningkatkan ranking kita di mata teknik SEO (Search Engine Optimalization) dan nantinya akan dapat meningkatkan pengunjung yang datang ke situs kita dan dengan demikian akan dapat meningkatkan pula target page impression, atau dengan bahasa sederhananya memungkinkan lebih besar pengunjung untuk meng-klik iklan adsense kita. Bagi yang belum menerapkan trik ini, silahkan dicoba dan bagi anda publisher yang sudah memasangnya, tidak ada salahnya meninjau ulang meta tag blog anda agar lebih tajam. Terimakasih.

9 komentar

thanks for sharing :D im newbie in adsense :D i want to try ;)

belum sempet daftar adsense sob but nice tips :)

info menarik sobat, buat newbie adsense sepeti saya :)

di template gw uda langsung isi gitu..jadi nga usa pasang lagi..btw thanks for sharing ..emang lebih baik dipasangin bagi yang belum masang...

mampir silaturahim kang akoey...semoga sukses terus blognya..

salam sahabat, waduuuh blog mas makin kren saja, ini info bagus kalau gitu mantap banget dengan seperti ini. Posting mantap dan kren ditunggu partisipasi mas di blog saya , tks

Kalau saya sie pake template yang uda ada meta tagnya gitu jadi uda langsung ...

mancap gannn,,,q jadi pengin cpt2,,daftra v blog q lum banyak yang ngunjungi,,n q masih awab dua web,,haduhh,,,cemnagat,,,
ditunggu kunjungannya,,
info-otomania.blogspot.com

oke deh bos... nanti di coba deh,,, bos tulisanya kecil amat bos hee


EmoticonEmoticon