Jan 9, 2011

Mengenal Perangkat Pengisian Aplikasi Ponsel


Yang dimaksud perangkat pengisian aplikasi ponsel disini adalah merupakan sebuah software diinstal pada PC dengan tujuan memindahkan ke ponsel dan sebaliknya. Sebuah program aplikasi yang digunakan ini adalah untuk menambah data yang sifatnya content pada sebuah ponsel, seperti misalnya games, wallpaper, tema, screen saver, mp3, mp4, dsb.

Untuk mendapatkan software-software aplikasi tersebut diatas, kita bias mendapatkannya melalui CD aplikasi yang dijual di pusat penjualan ponsel atau di took-toko software computer kemudian menginstal di PC dengan menggunakan PC Suite sesuai jenisponsel. Atau mentransfer langsung untuk diinstal di ponsel. Cara lain untuk mendapatkan software aplikasi ponsel juga anda bias mendapatkannya di internet secara gratis, tinggal googling saja aplikasi yang kita cari, biasanya akan muncul sederetan situs atau blog yangmenyediakan banyak aplikasi ponsel.

Selanjutnya, ada beberapa perangkat yang akan kita gunakan untuk mentransfer file atau data ke ponsel, diperlukan seperangkat computer, sejumlah database, dan alat transfer atau penghubung dari computer ke ponsel tersebut.
Berikut adalah peralatan standar yang biasa digunakan untuk pengelolaan transfer file tersebut:
  1. Komputer. Komputer ini wajib dimiliki karena merupakan alat utama untuk proses transfer file. komputer yang digunakan disarankan dengan spesifikasi minimal yaitu memiliki Processor Intel Pentium III 300Mhz, RAM 64 Mb, Harddisk 10Gb, Floppy Drive 1.44 Mb, CD ROM, Monitor SVGA, dan tentu saja Motherboard yang dilengkapi beberapa Port seperti port com, port parallel, port serial, port PS/2, dan port USB.  Dan untuk maksimalnya anda bias menggunakan spesifikasi computer yang lebih dari itu.
  2. Kabel data. Kabel data memiliki beberapa jenis dan model, ini biasanya tergantung dari tiope, versi, dan pabrikan ponsel. Pada umumnya, sebagai alat transfer berupa kabel biasanya kabel data ini memiliki port COM atau USB. Untuk mendeteksi siaponya kabel data biasanya dilengkapi dengan driver beserta software pendukung yang diinstalkan. Software pendukung dimaksud adalah PC Suite yang biasanya setiap ponsel memiliki tipe dan versi yang berbeda pula.
  3. Bluetooth. Perangkat ini menggunakan gelombang radio dalam proses transfer file, dengan frekuensi 2.4GHz bias sampai menempuh jarak sekitar 300 meter (tergantung dari spesifikasinya). Sebelum digunakan, Bluetooth ini harus dilengkapi denagn driver yang diinstalkan pada PC anda. Setelah itu kamudian Bluetooh dipasang pada port USB 2.0 untuk digunakan.
  4. IrDA (Infra-red Data Access). Untuk ponsel yang memiliki fasilitas Infra-red, proses transfer data ini juga bias dilakukan dari PC ke ponsel atau sebaliknya. Fasilitas ini juga merupakan sebuah solusi dalam proses pengiriman data. Pihak download center (penyedia aplikasi download) tidak lagi perlu menyediakan kabel data untuk tipe tipe ponsel yang memiliki fasilitas IrDA, biasanya pada notebook sudah tersedia fasilitas ini, namun untuk PC yang belum tersedia maka diharuskan menginstal drivernya terlebih dahulu (biasanya satu paket pada saat pembelian). Pada proses pentransferan data, fasilitas IrDA pada kedua perangkat yaitu PC dan Ponsel harus diaktifkan terlebih dahulu, kemudian hadapkan kedua perangkat Infra-red tersebut dengan jarak sekitar 2 – 3 cm. dengan begitu file akan ditransfer setelah ada perintah dari user.
Hal lain yang perlu diperhatikan saat mentransfer file / data dari PC ke ponsel atau sebaliknya adalah memastikan perangkat beserta drivernya sudah ter-instalasi dengan benar dan jenis file atau ekstension sesuai dengan aplikasi yang akan digunakan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon