Jan 9, 2011

Mengenal Ekstensi File Aplikasi Ponsel


Ada beberapa produk layanan yang bias ditambahkan pada ponsel kita sebagai sarana pelengkap yng bias kita nikmati, produk tersebut bias kita tambahkan dengan cara mentransfer file seperti yang diuraikan pada posting sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa macam produk / layanan yang bias kita tambahkan ke ponsel:
  1. Aplikasi. aplikasi adalah merupakan fitur tambahan untuk digunakan pada ponsel.Fitur atau menu yang digunakan sudah tentu harus sesuai / support dengan tipe, versi, dan pabrikan ponsel. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain seperti Mp3 Player, browser, antivirus, remote control, dsb. Pada umumnya file aplikasi berekstensi [*.sis].
  2. Ringtone. Seperti yang kita tahu bahwa ringtone adalah berupa nada suara yang biasa digunakan untuk menerima panggilan atau pesan. Ringtone juga biasanya mrupakan tambahan karena memungkinkan untuk diubah sesuai selera pengguna. Pada umumnya file ringtone ini memiliki bebrapa ekstensi seperti [*.wav], [*.wmf], [*.mid], [*amr], dan [*.mp3].
  3. Games. Games ini adalah sebuah fitur berupa permainan yang pada umumnya merupakan tambahan diluar paket dari ponsel tersebut walaupun ada beberapa yang memang bawaan dari pabrikan. Ada beberapa file atau system yang digunakan seperti Java atau symbian. Biasanya game mempunyai ekstensi file [*.jar]
  4. MP3. File ini berupa file music dan lagu, biasanya file mp3 berekstensi [*.mp3] yang bias mengeluarkan seluruh instrument music lengkap, atau suara saja. Seiring perkembangannya, file mp3 tidak hanya didengarkan pada mp3 player namun bias digunakan sebagai ringtone untuk nada panggil atau pesan.
  5. Video. File ini adalah berupa file movie yang biasa kita nikmati pada DVD, VCD atau PC. File yang berupa gambar bergerak berikut suara ini bias kita nikmati pula di ponsel dengan file yang biasanya berekstensi [*.3gp], atau [*.RM].
  6. Wallpaper. File ini adalah berupa gambar tidak bergerak (statis) yang biasanya digunakan sebagai tampilan muka ponsel atau background. File ini bias kita rubah-rubah atau buat sendiri di program image / photo editor dengan catatan file tersebut nantinya disimpan dalam ekstensi [*.jpeg] atau [*.bmp] agar bias digunakan di ponsel.
  7. Animasi atau Screen Saver. File ini hamper sama dengan wallpaper hanya saja perbedaannya file ini berupa gambar yang bergerak sesuai dengan setingnya. Screen saver biasanya akan terlihat setelah timing beberapa saat (sesuai pengaturan), ekstensi ang digunakan pada file ini adalah [*.GIF]. Untuk Animasi dan Screensaver sebetulnya sama saja hanya memiliki perbedaan pada ukuran filenya saja.
  8. Theme (tema). Theme ini adalah merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi mengubah seluruh tampilan menu pada ponsel. Banyak sekali tersedia tema-tema di internet yang bias di download secara gratis, bahkan kita bias membuat tema sendiri. Untuk tema biasanya memiliki file yang berekstensi [*.thm] atau [*.sis].
Dengan mengenal ekstensi file-file yang biasa digunakan pada ponsel, diharapkan kita tidak akan salah dalam menerapkan file dan setidaknya kita bias memilih file yang cocok untuk ponsel kita. Terlebih mengetahui kapasitas file agar sesuai dengan memori ponsel agar tidak terlalu besar karena biasanya file yang terlalu berat akan memperlambat kinerja ponsel dan bias terlihat dari proses loading ponsel yang cukup lama.


EmoticonEmoticon