Dec 11, 2010

Ponsel Gangguan Contact Service


Gangguan pada ponsel dalam kasus ini adalah dapat diketahui dengan terlihatnya tulisan “Contac Service di layar LCD. Biasanya, ponsel dalam masalah seperti ini tidak bias dimatikan melalui tombol power kecuali dengan melepas baterai.  Kasus ini biasanya berawal dari kerusakan pada komponen IC Audio sehingga sehingga CPU tidak bias member perintah untuk menampilkan karakter pada LCD. Untuk mempermudah praktek dalam memperbaiki kasus seperti ini, kita gunakan ponsel tipe lama yaitu dari jenis Nokia seri 80, 30, atau 50. Karena ponsel-ponsel tipe ini sering mengalami gangguan “Contac Service”.
Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan pengecekan software dengan menggunakan Tornado Box, karena menggunakan tool ini biasanya lebih ampuh disbanding yang lain. Pertama klik tombol [INFO] pada software tornado tersebut. Selanjutnya dari hasil pengecekan tersebut akan menampilkan serial number ber-inisial [000000]. Kondisi tersebut menandakan bahwa komponen IC audio COBBA (Common Baseband Analog) mengalami gangnguan. Selanjutnya lakukan langkah berikut:
    • Lakukan blow pada IC COBBA dan setuhlah sedikit menggunakan pinset sehingga terasa sedikit goyang. Perhatikan pada langkah ini jangan sampai mengubah posisi dari IC COBBA tersebut.
    • Angkat dan cetak IC BGA (Ball Grid Array) bola timah jika dipandang perlu, namun perhatikan pula apabila serial number IC Audio terbaca dengan benar pada saat melakukan pendeteksian menggunakan Tornado Box,maka lakukan selanjutnya dengan proses flashing, sampai tahap ini seharusnya ponsel sudah kembali normal.
  2. Jika pada langah tersebut diataak mengubah kondisi ponsel menjadi baik, selanjutnya lakukan penggantan IC Memory. Kemudian kembali lanjutkan dengan melakukan flashing. Ponsel dipastikan normal, namun jika tetap belum berhasil, maka lakukan langkah terakhir pada poin selanjutnya.
  3. Pada langkah terakhir ini adalh dengan melakukan penggantian komponenn IC CPU. Langkah ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu pada komponen lain. Namun, pada proses ini sangat beresiko tinggi dimana kemungkinannya ada dua, yaitu normal atau mati. Dan jika telah selesai dilakukan dengan teliti, maka dipastikan ponsel kembali normal.
Demikian proses perbaikan ponsel denngan gangguan “Contac Service” yang masih banyak ditemui pada beberapa jenis ponsel.

2 komentar

kalo lcd udah deathpixel gmana sob...hrus ganti lcd hp y?


EmoticonEmoticon