Dec 5, 2010

Cara Mengganti LED (Light Emiting Diode) Pada Ponsel


LED (Light Emiting Dioda) adalah meruppakan sebuah dioda yang dapat mengeluarkancahaya ketika diberi tegangan DC. LED tidak akan menyala ketika kaki positif (anoda) tidak mendapat tegangan positif (+).  LED yang biasa ini masih banyak ditemukan pada ponsel ponsel lama yang masih beredar di pasaran.
Untuk mengganti sebuah LED yag rusak atau mati, diperlukan ketelitian dalam melakukan pelaksanaannya. Berikut adalah cara melakukan  proses penggantiannya, ikuti dan lalukanlah dengan baik.

  1. Proses pengangkatan
    • Pertama lepaskan atau buka casing ponsel, karena letak LED adalah enempel di PCB. Periksa LED yang akan diganti secara benar, apakah betul-betul sudah tidak ber4ungsi. Untuk mengetahui letak LED, nyalakan terlebih dahulu ponsel seharusnya semua menyala. Baik pada LCD maupun pada keypad pada saat ponsel dinyalakan. Lakukan pengukurn pada kedua kaki LED tersebut dengan menggukan ohm meter (AVOmeter) dengan skala X1 ohm. Caranya adalah dengan menghubungkan jarum hitam (-) ohm meter pada kaki positif dan menghubungkan jarum merah (+) avometer pada kaki negatif dari LED.
    • Untuk memudahkan proses pengangkatan, agar mesin ponsel dipasangkan pada BGA tool. Beri sedikit songka atau pasta pada kaki LED sedikit saja, agar memudahkan melunakkan timah pada LED yang akan diangkat.
    • Nyalakan Hot Air pada temperatur sekitar250-3000C. jarak corong hot air dengan LED diusahakan sekitar  1 cm. Embuskan  hot air secara perlahan dan merata di kaki LED, kemudian angkat menggunakan pinset.
2. Proses pemasangan LED
    • Pertam perhatikan letak posisi kaki LED pada pads PCB, jangan sampai salah memasang kutub positif dan negatif LED! Dan untuk keamananan, lakukan pengukuran terlebih dahulu meggunkan multi tester (ohm meter) pada skala X1. Caranya adalah sebagai berikut:
    • Ukur dan tandai kutub-kutubnya. Apabila tdak ada respon maka dipastikan rusak atau putus. Lakukan pengukuran pada pads pcb sebagai tempat pemasangan, pada umumnya kutub positif dari LED terhubung pada tegangan poositif dari baterai.
    • Setelah dipastikan bahwa LED baik, maka pasang pada pads pcb dengan menggunakan sedikit songka, kemudian blow komponen dengan menggunakn hot air sampai songka  mengering dan LED melekat.
    • Bersihkan sisa songkamenggunakan cairan IPA dan pasang kembali pada casing.
Demikianlah cara mengganti LED yang telah mati, proses dalam melakukan penggantian bisa mempengaruhi hasilnya. Proses pemanasan yang berlebihan akan membuat cahaya LED redup. Jadi, lakukan dengan teratur.

6 komentar

wah kayaknya susah ya mengganti led di ponsel,,,ga berani buka sendiri nih, ga ngerti sama sekali soal jeroan ponsel,,hehe
makasih infonya, kawan ^_^

wah ini maen copot cpot :D mendingan suruh nggantiin counter aja mas :D tinggal bayar :P anyway thank you.

waduh belum berani mas,,
mending bayar deh, hehe,,

kunjungan balik,,
terima kasih mas udah berkunjung,,

ijin follow,

wah..masih belum berani otak-atok bagian dalam HP mas...cos resikonya kalau salah fatal..hehehehe

Terimakasih gan sudah berkunjung ke dtutorial.com...

salam kenal.. :)

Beli LED yg barunya di konter ada ga ya mas?


EmoticonEmoticon