Nov 18, 2010

Ayo nge-Blog

Tags


Kalau dulu sobat pernah punya impian pengen punya situs web -seperti saya- tentu sekarang hal tersebut bukan mimpi lagi. Dulu setidaknya kita harus mempunyai sedikit pengetahuan mengenai IT seperti bahasa pemrograman untuk membuat sebuah situs. Misalnya HTML, PHP, C++, memahami Internet protokol, Hosting, dsb. Nah sekarang semua itu bukan suatu keharusan, karena sekarang ada beberapa platform web yang menyediakan hosting gratis tersebut. Dikenallah dengan sebutan Blog.

Blog sendiri adalah kependekan dari Weblog, artinya adalah sebuah situs yang isinya lebih mencerminkan si pemiliknya (pada awalnya). namun dengan perkembangannya, kalau pada kemunculannya blog itu merupakan jurnal harian dari si pemilik, sekarang justru dengan blog setiap orang dapat melakukan hal yang lain seperti berbagi, belajar, sampai berjualan online.

Sudah banyak blogger yang eksis di Indonesia, termasuk sobat tentunya bahkan terus bermunculan blogger-blogger baru. Nah, bagi yang belum mulai. Kenapa engga sekarang saja? Masih bingung? Baiklah, termasuk dalam tulisan ini juga saya coba berbagi mengenai apa dan bagaimana itu blog atau blogging?

Oke, santai saja, siapin dulu cemilannya sebelum membaca biar lebih santai. soalnya blogging itu harus santai sob, dan juga ikhlas. oke. :)

Diantara sobat pasti ada yang sudah tau istilah 5W1H, apa coba? bukan... bukan virus flu babi loh, kalo itu kan H1N1, hehe... Nah 5W1H itu artinya kependekan dari What, Who, Why, When, Where, dan How. Ya, itu bisa dikaitkan dengan pengetahuan apa saja sebetulnya, tapi kali ini saya kan lagi ngomongin masalah blog, jadi ya saya akan membahas kaitannya dengan Blog.

Oke deh, langsung saja... cekibrot... :-P
Yang pertama What?, apa sih Blog itu? Blog adalah kependekan dari weblog, istilah ini pertama digunakan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Setelah itu seterusnya berkembanga mencari bentuk yang sesuai kemauan para pembuatnya (blogger). Pada awalnya blog itu merupakan catatan perjalanan seseorang di internet yang dilengkapi dengan gambar-gambar dan link yang menarik yang telah dikunjungi. Dengan kata lain blog adalah merupakan sebuah situs dimana isinya adalah bisa berupa tulisan yang berurut menurut tanggal, biasanya nih sob, blog itu berisi ide-ide, pengalaman, opini, atau juga berupa sarana pemasaran. Kemudian biasanya para blogger saling berinteraksi melalui saling berkomentar.

Terus siapa sih yang bisa bikin blog? nah ini adalah W ke-2 yaitu Who?, saat sekarang ini siapa saja bisa membuat blog dan menjadi seorang blogger, baik itu sobat pribadi atau kelompok, atau juga organisasi, bahkan perusahaan atau instansi. Mudahnya lagi sobat bisa membuat blog tanpa harus memiliki kemampuan IT seperti programming gitu. Syarat utamanya yang penting bisa mengetik dan mengekspresikan diri, jujur dan terus terang lewat tulisan.

Kriuk kriuk dulu ah... kripik kingkongnya masih banyak nih, :D Oke deh, lanjutkan..
Terus mengapa kita bikin blog ya? Why?, Nah dengan blog ini sob, kita bisa berbagi pengalaman, ide, opini, pemikiran dan perasaan kepada orang lain. Dengan bgitu kan kita jadi punya "suara di internet. Nah terus kapan kita bikin blog? When, di W yang ke-4 ini, soal kapan kita bikin blog itu kapan saja sob, ga ada batasan sebab blog memang merupakan ekspresi diri masing-masing, dan si pemilik blog adalah yang punya kuasa penuh atas blognya.

W yang ke-5 adalah When?, dimana kita bisa bikin blog? ini gampang, karena banyak situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog ditambah Gratisan lagi, jadi ga usah sungkan deh. Contohnya sobat bisa buat gratis di blogger.com, wordpress.com, multiply.com, space.MSN.com, blogdrive.com, webs.com, dan banyak lagi lainnya. Alamat blog kita nantinya biasanya adalah seperti ini [nama_bebas_kita].[nama_penyedia_blog].com. contohnya kalau sobat bikin di blogger.com nantinya punya alamat seperti ini http://blogku.blogspot.com

Terakhir H yaitu How, bagaimana nih caranya membuat blog? Gampang sekali ko, begini kalau sobat bikin di blogger.com -kenapa saya contohkan di blogger.com karena platform ini paling mudah digunakan dan sudah banyak sekali penggunanya-. Tahapan pembuatannya cuma ada tiga langkah mudah saja, yaitu pertama membuat account, kedua menamai blog, dan terakhir memilih template awal. Nah dikarenakan blogger.com ini adalah produk google, jadi kita harus punya akun google dulu atau email di gmail.com.

Setelah selesai membikin blog, barulah kita mulai blogging, menulis post atau beraktifitas lainnya seperti blogwalking (jalan-jalan ke blog lain untuk berinteraksi) dan bertukar link. mulai mengotak-atik tampilan dengan widget atau aksesoris-aksesoris blogger, dan mempercantik blognya, ini ga perlu kuatir soalnya kita bisa googling buat mendandani blog kita dengan itu.

Sebelum terjun bebas blogging, mungkin sobat belum merasakan bagaimana manfaat dari blogging itu, nah nantinya akan ada dua hal yang kita rasakan efek dari blogging yaitu pertama kita akan menemukan minat menulis dan keberanian beropini, dan yang kedua adalah akan mulai lebih menghargai cara pandang kita terhadap diri sendiri dan orang lain. Mungkin juga ada banyak manfaat lain yang bisa dirasakan nntinya. Gimana, blogging bermanfaat bukan?

Oke deh, bagaimana mudah bukan? tertarik dengan nge-blog? ayo, semoga saja bermanfaat buat kita semua dan bisa memulai blogging sehingga menjadi seorang blogger yang bermanfaat. Amien... :-)
Salam Blogger dan Happy Blogging...

2 komentar

siap jadi blogger propesional niy akoey? hihihi...

Amien, Insya Allah Bu Dokter yg professional.. hehe...


EmoticonEmoticon