Oct 31, 2010

Trik Mengganti Baterai Ponsel Jadul


Jangan salah dengan istilah jadul disini, ini berarti adalah ponsel model lama yang masih menjadi favorit bagi sebagian kalangan. Walaupun bisa dikatakan kuno, namun kita masih dengan mudah menjumpainya, coba saja jalan-jalan ke Roximas Jakarta atau BEC Bandung, disana masih banyak terpajang ponsel-ponsel keluaran lama. Selain mesin yang bandel, banyak juga alasan lain yang dikantungi ponsel jadul tersebut. Namun kendalanya tentu saja ada juga, dan yang paling banyak adalah baterai yang sudah tidak beredar dipasaran.
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengatasi masalah tersebut dengan memodifikasi baterai baru sehingga bisa digunakan pada ponsel unik kita.

Tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena yang kita bicarakan adalah baterai dan kita masih dapat menjumpainya dipasaran seperti tipe NiCd, MiMH, Lithium Ion, dan Lithium Polymer. Perlu diketahui bahwa yang terpenting dari sebuah baterai adalah nilai daya maksimum yang yang dihasilkannya.
Mengganti baterai dengan baterai yang tidak sesuai dapat mengakibatkan operasional ponsel tidak optimal, untuk itu perlu diperhatikan jenis dan tipenya seperti yang disebutkan diatas tadi.

Berikut ini, mari kita mulai memodifikasi batera dengan mengikuti langkah-langklah berikut:
  1. Mengetahui petunjuk tegangan kerja baterai tersebut (lihat pada baterai lama / casing ponsel). kita ambil contoh baterai samsung yang memiliki tegangan 3,7 V dan arus maksimum 600 mA. selanjutnya kita cari baterai yang memiliki spesifikasi yang sama dengan baterai lama tersebut.
  2. Menentukan konstruksi baterai pengganti agar sesuai dengan casing ponsel klasik kita, jangan sampai ukuran baterai barunya tidak muat di casing lama.
  3. memeriksa kondisi ponsel dan baterai pada saat pengisian setelah menggunakan baterai pengganti. Biasanya dapat dilihat dari waktu pengecasan (lama atau tidaknya).
  4. Lakukan panggilan setelah penggantian, apakah ponsel bermasalah atau tidak, misal hanya cukup digunakan beberapa saat saja, itu berarti baterai yang digunakan tidak cocok dengan ponselnya.
  5. jika terjadi tidak normal maka segeralah mencari baterai lain yang relevan, namun jika ponsel tidak bermasalah maka baterai tersebut bisa dikatakan cocok dan boleh digunakan selanjutnya.
Demikian trik mengganti baterai ponsel yang sudah tidak beredar dipasaran, ingat, lakukanlah dengan teliti agar ponsel senantiasa dalam kondisi baik. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

5 komentar

wah . , kalo battery-nya sudah tidak diproduksi lagi gmn sob ?? saya pnya hape jadul , dan itu dia masalahnya . , . . hehehehee

btw terima kasih tipsnya . ,

bagus buat yg masih mengoleksi ponsel jadull...
Ntah punya ane masih jadul apa kagak... wakaka

Wah asik nich duduk jg disini belajar dan nyantai hehehe


EmoticonEmoticon