Jul 14, 2010

Energi Listrik dari Belimbing Wuluh


Hmm.. ternyata orang Indonesia juga tidak mau kalah dengan Thomas Alpha Edison, salah satu bukti adalah Sunarto (40), seorang warga di Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jatim yang mampu menciptakan tenaga listrik dari bahan dasar larutan air belimbing wuluh. Apa iya? Sekedar berbagi informasi saja, mari kita simak cerita berikut yang saya dapatkan dari tvone.co.id

Awalnya, Bapak 40 tahun ini prihatin akan tarif dasar listrik yang terus naik, dan banyaknya  keluhan warga akan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sejak awal Juli lalu, selain itu juga masih banyak warga Indonesia di daerah pedalaman yang belum tersentuh listrik, sehingga mulailah dia mengemmbangkan tenaga listrik dari larutan belimbing wuluh ini.

Belimbing wuluh yang tumbuh subur di pekarangan rumahnya, ia sulap menjadi zat pengurai yang mampu menghasilkan tenaga listrik alternatif. Dalam penuturannya, untuk menciptakan energi listrik tersebut, awalnya belimbing yang biasa digunakan sebagai sayuran ini dihaluskan untuk diambil airnya. selanjutnya, dengan menggunakan media tanah yang ditaruh dalam gelas bekas air mineral ini, air belimbing ini disuntikan secukupnya.

Selanjutnya, masing masing gelas berisi tanah bercampur sari air belimbing ini dihubungkan dengan rangkaian kawat lempengan tembaga dan seng, guna mengalirkan arus listrik.

Hasilnya, energi listrikpun tercipta dengan tegangan yang lumayan ujarnya, yakni hingga mencapai 5 Volt, cukuplah untuk menghidupkan lampu penerangan. Tegangan yang dihasilkan ini juga lebih besar dari tegangan satu buah batu baterai.

Menurut dia, energi listrik ini tercipta karena belimbing wuluh yang memiliki tingkat keasaman tinggi hingga dapat menghantarkan ion dan elektron yang ada pada lempengan tembaga dan seng. Sehingga terciptalah arus listrik.

Rata-rata, 10 butir belimbing wuluh ini mampu menciptakan tegangan listrik hingga mencapai 2,5 volt atau setara dengan satu buah batu baterai kering. Bahkan menurut pengalamannya, energi listrik dari belimbing sayur ini dapat bertahan lama hingga mencapai satu bulan.

Sunarto yang juga guru elektronik di salah satu SMA di Bendo Magetan ini, berharap, nantinya temuannya ini dapat terus dikembangkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Di antaranya untuk menghidupkan radio, jam dinding, hingga lampu penerangan bagi daerah pedesaan yang belum tersentuh listrik. Sebuah harapan yang tidak muluk menurut saya.

Dan hingga kini, Sunarto masih terus mengembangkan hasil temuannya. Ia ingin nantinya setelah berkembang, energi listrik alternatif temuannya ini dapat dikemas dalam bentuk produk energi yang praktis layaknya baterai. Sehingga, temuannya itu dapat dikembangkan sebagai salah satu energi alternatif ditengah tarif listrik yang dampaknya kian terasa berat bagi rakyat kecil. 

Inilah yang seharusnya dihargai oleh negara kita, Semoga saja penemuan energi listrik oleh Sunarto ini menjadi Inpirasi untuk kita terus berkarya dalam bidang apapun yang kita senangi dan geluti. Semoga bermanfaat.

14 komentar

PERTAMAXXX :)) weleh, ni blimbing canggih juga ternyata manfaatnya, hmmm...bs jadi energi listrik alternatif nih buat Indonesia saat ini n kedepannya..info nya bermanfaat skli sob, saya suka :) keep share ya, happy blogging ..

wah hebat sob ane baru tau ni, mksh info nya sob

MAju terus ... Magetan, dengan penemuan-penemuannya...

beLimbing wuLuh umumnya dapat tumbuh subur, namun pengapLikiannya masih sangat rendah sekaLi. mengingat metode yang disampaikan Pak Sunarto tentunya dapat memanfaatkan beLimbing wuLuh Lebih Luas Lagi, semoga penemuan ini dapat dikembangkan untuk dimanfaat bagi warga masyarakat.

wah penemuan yg inspirasional neh kawan,,
ternyata banyak ilmuwan kecil kita yg bisa menciptakan alternatif seperti itu ya,,,

selamat utk hasil karyanya, and thxs udah share sobat,
salam,,

@anggasona: iy smoga aja Indonesia bisa manfaatinnya.
@Ndolem: iya sob kreatif nih penemunya.
@syahida: amien, semoga menular ke daerah" lain yah.
@om-rame: mudah'm om, masyarakat Indonesia lebih bisa manfaatin SDA kdepan'y.
@Hdsense: sangat inspiratif, awalnya jg sy ga kepikir, hebat..
>> @all: makasih udh share dsini.. keep blogging n success.. :)

keren banged kang,, penemuan yang sangat hebat,, ternyata ada energi alami yang dapat mengimbangi energi kimia,, semoga penemuan ini dapat dikembangkan untuk menanggulangi masalah listrik di negeri kita ini

mantap tuh..bisa mendukung perekonomian rakyat tuh dengan penanaman blimbing wuluh secara besar2an dan pemanfaatan buahnya untuk energy listrik..hebat-hebat..ayo kita dukung dan....lanjutkan

Keren tuh gan... bisa jadi alternatif lain, soalnya sekarangkan tarif dasar listrik lagi naik ni.

Mudah2an bisa berguna tuh buat ganti listrik lagi naik.. Entar kalo orang Indonesia punya listrik mandiri bisa say godbye ke PLN. Jadi kalo PLN mau naikin listrik lagi orang sudah masa bodo karena sudah tidak pake PLN lagi.
Ok fren sudah kufollow balik ya..

subhanallah ya.. bahkan tumbuhan itu bisa dijadikan energi cahaya.. nikmat yang sungguh luar biasa.. :D

wawh...
keren sob..
 semoga aja penemuan ini bisa di kembangkan lebih baik,.

kalo satu ember berapa yach dayanya?


EmoticonEmoticon