Mendeteksi kebohongan

Akoey Jr.
By -
2

Siapa yang tidak pernah bohong? sepertinya semua pernah berbohong walaupun untuk kebaikan.
mengenai bohong, orang yang berbohong bisa diketahui dengan cara-cara berikun ini:

1. Body Language.
Dalam buku "Body Language at Work" tulisan Peter Clayton, disitu disebutkan bahwa tubuh manusia mengeluarkan sinyal ketika berbohong, seperti:

  • wajah memerah
  • tatapan mata, pupil menyempit
  • mulut kering
  • hidung dan tenggorokan terasa gatal
  • berbicara lebih lambat
  • perubahan suara
  • tangan dan lengan terlihat gugup
  • telapak tangan berkeringat
  • menunda tanggapan
  • tubuh lebih kaku, baik saat duduk atau berdiri
  • secara umum kurang spontan.
Namun demikian dalam bukunya juga beliau menambahkan bahwa bahasa tubuh juga kan bisa dilatih seperti bahasa lisan, sehingga body language ini bisa saja disamarkan atau bahkan dihilangkan

2. Poligraf
Sebuah alat yang secara simultan merekam proses perubahan psikologis, misal detak jantung, denyut nadi, dan pernafasan. alat ini dipakai oleh departemen kepolisian atau agen-agen Rahasia seperti CIA dan FBI. teorinya, ketika seseorang berbohong, dia juga khawatir akan kebohongannya, dan itulah yang menyebabkan naiknya kecepatan detak jantung, tekanan darah, dan pernafasan dengan perubahan ritme pernafasan. untuk mengetahuinya kita ajukan pertanyaan yang sudah diketahui jawabannya dan poligaf akanmencatat tanda-tanda fisik yang menunjukan kadar indikasi kebohongan
nya.

3.Handy Truster
911 Computer Co. Korea adalah perusahaan yang mengeluarkan alat ini. alat ini dikembangkan penemunya Israeli Amir Liebermann pada saat bekerja untuk militer israel. produk yang mudah dibawa-bawa dan praktis untuk menangkap kata-kata dusta dengan segera, praktis karena bisa dihubungkan ke handpone atau telepon biasa. alat ini lebih efektif dari poligraf. alat ini mempu memperlihatkan warna nada dari percakapan orang yang mengisyaratkan kebimbangan atau ketidaktegasan, mampu mendeteksi tekanan pada frekuensi rendah yang biasanya menjadi tanda perkataan dusta. telinga biasa tidak dapat mencermati fluktuasi nada suara tapi alat ini bisa mampu mengungkap berbagai kebohongan, mulai pendusta kelas ringan sampai kakap. sebagai parameter tingkat kebohongan yang terdeteksi, LCD yang tersedia akan menampilkan gambar buah apel "kejujuran", dan itu merupakan bentuk keputusan yang diambil detektor terhadap ada tidaknya isyarat dusta. saat layar menampilkan buah apel secara utuh  berarti tingkat kebohongan kecil, dan bila terlihat gambar apel yang terpotong hingga kelihatan biji, artinya kebohongannya besar. menurut penciptanya, alat ini mempunya akurasi sekitar 84%, setidaknya bisa mengungkap 8 dari 10 kebohongan.

Sebetulnya masih banyak perangkat-perangkat pendeteksi kebohongan dan sampai sekarang terus dikembangkan oleh para peneliti, untuk membasi kebohongan dimuka bumi ini, walau pun tidak mungkin 100% dihilangkan, setidaknya dengan adanya alat pendeteksi orang akan berfikir untuk berbohong.

Posting Komentar

2Komentar

  1. wah harus waspada donk yg niat mw ngeboong,,hihi nice article koey ^_^

    With Love,

    |
    |
    V

    Miss Rinda - Personal Blog

    BalasHapus
  2. Hehe..., iy minimal buat akoey sndiri biar ga jd tukang bohong,,, ;) thx Miss...

    BalasHapus
Posting Komentar