Apr 22, 2010

Tips Komputer Aman dari Virus



Virus, sesuatu yang menakutkan dalam hal apapun itu, termasuk dalam dunia komputer. Terkadang kita sering dibuat pusing olehnya ketika komputer kita rusak atau error padahal kita akan menggunakannya. Tapi kita jgn kuatir sebab ada penyakit pasti ada obatnya, begitu juga dengan virus pasti ada antivirusnya. Jika  anda ingin mengatasi virus tsb, disini saya akan berbagi mengenai tips menghindari virus. 
Antivirus adalah suatu metode untuk menangkal datangnya virus, virus komputer tentunya. Dan antivirus itu biasanya terbuat dalam bentuk software karena praktis. 
Ada banyak pilihan antivirus yang beredar sekarang ini, dari mulai yang free sampai berbayar.
Mengenai Antivirus apa yang paling baik adalah Brainware, dan untuk versi software tentu saja yang berbayar dan biasanya yang rada mahal menurutku harga sebanding dengan kualitas. karena Komputer itu ngga punya foolproof (anti kebodohan) kecuali kalo ada programmer inisiatif membuat soft/hardware yang mencegah itu.
 
Preset configuration :
- Tampilkan semua hidden files, system files, dan file extension
- Gunakan tampilan detail pada windows explorer
- File di sort berdasarkan tipenya
 
Tipsnya:

1. Isolasi komputer anda dari dunia luar. cara ini ampuh tapi susah kayaknya...

2. Jika komputer harus ditancapkan flash drive, tetapi flash drive tersebut mencurigakan, lakukan langkah berikut : a. Tahan shift kiri dengan tangan kiri dan tancapkan flash drive .b. Jika ada ‘file mencurigakan’ delete terlebih dahulu. Biasanya nama file tersebut seperti autorun.inf, %namavirus%.exe, %virusnginjeksi%.exe, %sesuatu%.com, %sesuatu%.scr,  %sesuatu%.vbs

3. Waktu browsing, surfing atau semacamnya, pastikan situs yang anda kunjungi aman. Situs yang aman biasanya sering orang-orang gunakan, bukan komunitas virus, bukan website yang habis kena hack, bukan situs porno dan bukan situs crack.

4. Jika mendownload file dari internet. Pastikan yang di download itu bukan ware-ware ga jelas (spyware,malware) dan asalnya dari situs yang terpercaya. Jangan mau jika sebuah situs memaksa anda menginstall program tambahan pada komputer anda. Misalnya megaupload memaksa anda menginstall ‘MUT’ untuk bisa mendownload. Sebaiknya pemaksaan ini anda akali dengan menginstall plugin Megaupload 3 di Firefox.

5. Jika virus menginjeksi file *.exe (ukurannya lebih besar), *.doc, atau *.xls, gunakan recovery tools.

6. Jika akan ada seseorang yang mau menancapkan flash drivenya ke komputer anda, coba
analisa dulu. Banyaknya, kalo orang mukanya ngga bersih, murem, cupu di komputer dan jorok,
besar kemungkinan flash drivenya kotor. Jadi, jangan biarkan komputer anda banyak cabut
pasang flash drive kotor.

Okey, itu diantara sebagian tips bisa saya bagi, mungkin masih banyak tips-tips lain yang anda ketahui, semoga saja bermanfaat.


EmoticonEmoticon