Apr 24, 2010

Bagaimana merawat handphone agar panjang umur?



Berbagai macam kegiatan yang kita lakukan disetiap harinya, terus menerus berulang dan berulang hingga kita menemukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Tanpa disadari, rupanya bagi sebagian besar orang ada sesuatu yang ga bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-harinya. benarkah? ya, handphone atau ponsel, tapi kita lebih senang menyebutnya hape. bagaimana bisa? tentu saja iya sebab banyak hal yang bisa kita lakukan selain fungsi utamanya untuk berkomunikasi dengan ponsel diantaranya waktu, kalkulator, kamera, musik, game, sampai layanan social network yang lagi marak seperti facebook, twitter, frienster dsb, tergantung dari ketersediaan fitur di hapenya.

Lalu bagaimana agar kita bisa menikmati itu semua tanpa ada gangguan dengan hape kita? setiap orang mau donk punya barang yang awet, setidaknya kan bisa hemat pengeluaran kocek. Memang setiap benda hidup mempunyai lifetimenya masing-masing, walaupun begitu setidaknya kita bisa berusaha memperpanjang masa hidupnya itu dengan merawatnya supaya lebih lama.

Ada tips nih buat teman-teman soal merawat ponsel agar panjang umur:

1)     Kenali benar-benar hape kita dari jenis dan tipe, kalo sempat baca semua petunjuk yang ada di buku panduan, tapi biasanya sih agak males.
2)    Jangan pindah tangankan hape kita apalagi sama anak-anak kecil, selain privacy, biasanya orang beda cara pakai barang sendiri degan pakai barang punya orang lain. ups.. sedikit pelit yaa…? Kalo ada yang pinjam boleh saja tapi seperlunya.
3)   Jangan menaruh hape disembarang tempat, misal tempat lembab atau tempat yang terkena sinar matahari secara langsung yang dapat merusak LCD.
4)     Pakaikan sarung atau tali hape buat kita yang bekerja aktif. kalo ga terlalu aktif  bisa  dikantongin aja usahakan disaku celana biar lebih aman.
5)     Hemat energi, karena sumber energi hape adalah baterai jd kita harus menghemat batre diantaranya seperti:
a)     Pengecasan sebaiknya hape dlm keadaan mati. Sebab kalo ponsel nyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya bisa merusak molekul dalam baterai.
b)     Jangan terlalu sering mengecas hape di mobil. Saat mengisi baterai dalam kendaraan, kita menggunakan pemantik api sebagai sambungan. Voltase pada kendaraan sering tidak stabil, sehingga arus yang masuk ke batre ga stabil.
c)      Bersihkan konektor batre hape kalo sudah lebih dari 6 bulan untuk menghindari korosi.
6)     Untuk menghemat speaker dan buzzer, stel volume earpeace, ringtone, dan musik pada posisi sedang.
7)    Biasakan membersihkan hape dari debu minimal satubulan sekali, kalau ga bisa atau berani buka pcb nya, cukup buka casingnya saja.
8)     Inti dari semua itu, Perlakukanlah hape kita seperti peliharaan kesayangan kita,  sedikit dimanjain lah biar ga rewel. hehee...

Hmm.. apa lagi ya..? mungkin masih banyak tips” lain yang teman-teman tahu. Itulah sedikit tips ringan dari saya, sekedar berbagi dengan apa yang sudah saya alami.
Well, semoga bermanfaat… dan selamat mencoba..


EmoticonEmoticon