Oct 9, 2015

Tips memilih dan membeli Powerbank


Di era teknologi Gadget masa kini, Powerbank terlah menjadi kebutuhan kedua setelah gadget itu sendiri karena tak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat gadget memerlukan power yang cukup untuk agar tetap bisa digunakan. Situasi yang ada sekarang adalah, Gadget seperti Handpone, Tablet, Smartphone, dan lainnya semakin banyak digunakan seiring berkembangnya aplikasi dan internet juga game yang dampaknya memerlukan banyak daya lebih lama, untuk itu diperlukan cadangan daya untuk mengisi ulang baterai gadget.
Pada awalnya Powerbank hanya digunakan sebagai cadangan pengganti Charger untuk digunakan ketika tidak tersedia jaringan listik untung mengisi baterai seperti kita sedang berada diperjalanan atau mobile, namun seiring perkembangannya pula kini telah menjadi trend tersendiri bahkan kebutuhan. Bisa Galau kalau gadget mati, :D.
Telah banyak produsen dan model dari Powerbank, kapasitasnya pun bervariasi mulai 3000 MAh sampai puluhan ribu MAh. Nah berikut saya akan coba sharing sedikit mengenai tips membeli powerbank sebagai panduan untuk anda agar tidak salah beli. Berikut tipsnya.

Berpinsiplah pada prinsip ini
  • Ada harga ada kualitas
  • Harga gak pernah bohong
Saya yakin anda tidak akan menyesal setelah membeli powerbank jika berpegang teguh pada prinsip ini. :). dengan begitu berarti akan tau mana yang berkualitas pasti harga lebih tinggi,  biasanya yang bermerek, seperti contoh Philips, Vivan, dll. Sebagai ilustrasi saja Powrbank Philips dengan kapasitas 10000MAh bisa mencapai harga 400,000 an sedangkan powerbank dengan merek Samsung KW dengan kapasitas 80000MAh hanya seharga 80,000 saja. Maka dari itu jangan tergiur harga, karena bisa saja daya nya tidak sesuai dengan spesifikasinya walaupun kita tak pernah tau realnya, paling hanya bisa menghitung berapa kali nya bisa dipaka mengisi ulang. Biasanya yang berkualitas dengan harga lebih tinggi mempunyai karakter berikut:
  • Keaslian terjamin karena produsen terppercaya dan berpengalaman
  • Memiliki garansi resmi minimal 1 tahun, dengan segel original, bukan garansi toko yang hanya 1 minggu
  • Kapasitas lebih real dibanding yang harha murah
  • Kualitas bahan dan accessoris seperti connector lebih kuat
  • Lifetime terbukti lebih lama
Tetapi ingat jangan tertipu juga dengan merek yang sama tapi palsu, makanya harus jeli.

Pilih kapasitas sesuai kebutuhan
  • Jika keseharian normal, misalnya Sekolah, Kerja pulang pergi, atau berwirausaha dirumah, minimal beli lah powerbank yang cukup untuk 2x pengisian saja yaitu dengan kapasitas 3000MAh atau lebihi sedikit 4000MAh 
  • Jika sering diluar rumah dalam waktu yang cukup lama seperti Pekerja lapangan atau Pendaki, minimal bli lah powerbank yang bisa digunakan lebih dari 2x , misal yang 10000 MAh atau bahkan lebih misal 30000 MAh.
  • Jika baterai gadget anda sudah boros, senang main games, boleh kita membeli yang berkapitas besar misal 50000Mah atau bahkan 80000 MAh.
  • Jika berpatokan pada model atau warna? berarti anda harus mengabaikan hitungan kapasitas, beli lah sesuai selera seperti warna, ukuran. :D
Saya rasa itulah beberapa tips membeli Powerbank, semoga anda tidak salah beli dan menyesal dikemudian hari ketika Powerbank anda awet tak awet, mungkin masih banyak tips-tips lainnya dari yang lain. Mudah-mudahan ini bisa berguna sebagai referensi.



EmoticonEmoticon