Aug 10, 2011

Pengertian Internet

Tags


WorldWideWebAroundWikipediaDewasa ini, internet sudah menjadi dunia baru bagi kehidupan masyarakat diseluruh dunia. Bahkan bagi sebagian orang internet adalah merupakan gaya hidup, dimana budaya sudah berubah dengan kehadiran internet ini beberapa tahun silam. Akan tetapi bagi sebagian kalangan lain memang belum terlalu mengenal bahkan memahami apa itu yang dimaksud dengan internet. Mengenai pengertian internet ini, ada yang mengenal, ada yang tahu, ada yang hanya bisa menggunakan, namun ada juga yang sama sekali tidak mengenal.

Sepertinya tidak terlalu penting dengan definisi yang hanya sebuah istilah saja. Namun tidak ada salahnya kita mengenal apa pengertian dari internet itu. Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Kalau kita lihat, mungkin anda, seseorang terbiasa dengan duduk didepan disebuah komputer / laptop memainkannya, melihat dan membuka informasi dan menjelajah isi dunia, berbincang dan bertukar gambar dengan tenman diseluruh pelosok, itu hanyalah sebagian kecil dari aktifitas ber-internet. Bahkan kini aktifitas yang dulu biasa dilakukan didunia nyata, kini sudah berpindah atau dapat dilakukan di internet, seperti misalnya aktifitas belajar mengajar, usaha, perdagangan, informasi, siaran televisi, beraktifitas dengan hobby, dan sebagainya.

Itulah salah satu kemajuan teknologi dunia. Semakin mudah kita mendapatkan informasi dari seluruh dunia, namun semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi, karena disana pula terdapat aktifitas yang tidak selamanya jujur, kalau kita lengah dan terperdaya bisa saja kita terseret kedalam jalan yang salah. Untuk itu tetaplah bijak dalam berinternet, dan tetap gunakan etika dalam berinteraksi di dunia maya. Terimakasih.


EmoticonEmoticon