Mar 9, 2011

Cara Google Adsense Mendeteksi Invalid Click


Sudah banyak pemilik web atau blog yang menjalankan program Google Adsense di penjuru dunia, termasuk saya dan anda. Setiap harinya Google menerima ratusan pendaftar baru, dan juga memecat (mem-banned) puluhan publisher “bermasalah” setiap harinya.

Kenapa anda mendaftar Adsense? tentu alasannya sama, singkatnya yaitu untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Kemudian, mengapa adsense anda di banned atau di non-aktifkan dari program? inilah yang perlu kita ketahui sebagai publisher adsense, terlebih bagi seorang pemula yang baru memulai program adsense ini. Mari kita sama-sama belajar disini, agar kit senantiasa berumur panjang dan mendapatkan penghasilan yang baik dari adsense.

Salah satu alasan Google mem-banned akun adsense kita adalah adanya Invalid Click. Apa itu Invalid Click? Adalah sebuah klik yang melanggar TOS program Adsense, misalnya melakukan klik pada iklan sendiri. Lalu kenapa google bisa tahu bahwa kita melakukan kecurangan klik? bukankah tidak terlihat?

Disini, mari kita pelajari bersama bagaimana Adsense mengetahui bahwa itu adalah Invalid Click. Berikut adalah beberapa cara adsense mendeteksi Invalid Click:

1. IP Address

Jika kita mengklik iklan berkali-kali dari sebuah alamat IP yang sama, maka account adsense kita akan ditandai sebelumnya sebagai “mencurigakan”

2. Cookies

Mengakali IP Address dengan merubah2? seperti pada telkomnet-instan, atau warnet? Ingat bahwa Google mempunyai beberapa cookies di komputer kita, saya sarankan agar dihapus saja.

3. Logika Layanan Google

Ingat jika anda menggunakan password yang sama pada beberapa account Google seperti Gmail, Talk, Google Pages, Blogger, dsb., maka jika anda login ke salah satunya secara langsung anda sudah terhubung ke semua layanan. Jika begitu Adsense pasti mendeteksi keberadaan kita walaupun itu di warnet atau kantor. Walaupun anda tidak mengakses adsense, tetap mereka punya biodata lengkap anda. Untuk itu saya sarankan jangan lakukan login satu pun jika ingin aman.

4. Logika Klik (Metode 1)

Hebatnya adsense dalam pola ini adalah mereka akan mengamati tingkah laku seseorang di depan internet, padahal netter sendiri tidak sadar kalau sedang diamati. Seperti contohnya “mengapa seorang ini senang meng-klik iklan di situs A?” Jika terus-terusan seperti itu dan tidak pernah meng-klik iklan situs lain, maka Google akan berusaha mendapatka identitas orang tersebut, dan jika diketahui sebagai publisher, maka bersiaplah untuk didepak.

5. Logika Klik (Metode 2)

Mengapa seorang clickers ini senang membuka situs secara langsung? (mengetikkan alamat www.blablabla.bla dari addressbar atau dari bookmark) Logikanya, seorang yang biasa melakukan seperti itu adalah pemilik situs sendiri. Padahal google lebih senang kalau seorang pengguna internet mengunjungi situs dari hasil pencarian Search Engine. jadi, apa yang harus anda lakukan jika ingin aman? Anda pasti mengerti. :D

6. Logika Klik (Metode 3)

Selanjutnya adalah timbul pertanyaan dari Adsense, mengapa seorang clickers senang dengan "hit and run”? atau pencet dan lari? ini dicurigai karena berarti dia pergi ke situs tersebut hanya untuk meng-klik iklan saja, bukan mencari pengetahuan atau apa pun di dunia maya. Ingat “perkumpulan saling klik akan melakukan hal yang seperti ini, sangat berbahaya untuk dicurigai”

7. Click Trough Rate (CTR)

CTR kita secara normal adalah berkisar antara 0.5% sampai dengan 10% saja, jadi jika melebihi nilai itu, tak salah jika Adsense mencurigai situs kita.

8. Geo Location

Jika anda pernah menggunakan layanan Google Analystic sebelumnya, maka google akan dan dapat mencari jejak tentang traffic kita, tidak peduli IP yang berbeda, Google akan mendapatkan lokasi yang tepat bagi traffic anda. Kenapa trik ini juga dipakai, karena mereka akan memastikan bahwa peng-klik itu adalah bukan dari kota yang sama, apalagi dari komputer atau laptop yang sama. Trik ini juga cukup efektif bagi google untuk menjaring pelanggar aturan publisher.

9. Hardware Address?

Salah satu cara mendeteksi Invalid click lainnya adalah dari MAC Address dari sebuah LAN Card, modem, dan router, ini akan bekerja seperti layaknya sidik jari, sehingga mudah untuk dilakukan pelacakan.

10. Search Engine Ranking Index

Situs Anda pasti terindex oleh google, karena sepertinya tidak mungkin kalau anda mendaftar adsense tapi tidak diketahui oleh Google, bukan begitu? nah dengan demikian dari analisa tersebut akan diketahui dari traffic yang ada jika terjadi invalid click.

11. Combo

Metode ini adalah gabungan dari beberapa metode yang tadi disebut diatas, sehingga menjadikan metode yang sempurna untuk melacak dan mengetahui Invalid Click yang datang dari mana pun.

Demikianlah, beberapa cara Google adsense mendeteksi Invalid Click dari Publishernya. Sudah saya katakan sebelumnya bahwa algoritma Adsense sangat canggih, tidak mungkin mereka lengah bukan? jadi, apakah masih berpikir untuk mencurangi andsense? :P Jika ingin panjang umur sebagai publisher, janganlah berbuat curang, sehat itu lebih baik. Saran dari saya buatlah konten yang menarik, pertajam meta-tag (jangan berlebihan), dan belajar SEO, kemudian biarkan pengunjung yang mengklik iklan kita sesuai dengan kebutuhan mereka.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

16 komentar

nice info sob ;)
i read this , because im newbie :D

Wadu-waduh-waduh...
ckckck canggih bener dah cara ngedeteknya.

kalo cara adsensecamp mendetek invalid click gimana Ang? Taulah kebiasaan blogger kalo yang udah punya iklan di blognya...hehehehe

ya nih musti hati2 ma AdSense salah2 bisa di baned

Informasi anda sangat lengkap dan saya banyak dapat informasi tentang aturan adsense. Thanks ya atas sharingnya, Saya juga pelaku bisnis adsense.

Wow terimakasih gan, saya udah 2 x kena banned tuh > sedih, untung cadangan masih ada

matur nuwun postingnya sangat membantu menambah pengetahuan tentang mbah google

sangat bermanfaat infonya gan.. saya lagi banyak belajar mengenai yang satu ini gan :(

Nice info sobat, ane udh 4x kena banned gara2 klik sendiri dari warnet. hehehe

begini gan.. saya numpak tanya.. jika kita daftar adsense diwarnet pada COM1, apakah kita bisa klik iklan kita sendiri di COM lain tanpa log in blogger kita?
mohon kunjungi ya gan,, aq baru mengenal bisnis blogger

http://danieltambunan05.blogspot.com

Bisa aja gan, tapi kalau terlalu sering nanti bisa dicurigai gan. kalo mai klak klik iklan sndiri mendingan cb pake trik hide ip gan, tp sy sndiri gak berani tuh sayang kan kalo ketauan di banned udh susah2 daftar. mendingan intens posting yg unik aja gan, plus teknik menulis yg jitu.
ok gan nnti sy berkunjung. thanks dah mampir.

terus kalau mau aman masuk ke blog kita harus bagaimana caranya?


EmoticonEmoticon