Feb 12, 2011

Obat Alami Untuk Sariawan


Penyakit sariawan ini sering kali diderita dimasyarakat, walaupun dibilang ringan tapi cukup mengganggu. Sariawan sendiri dapat disebabkan oleh kondisi dari mulut seperti kebersihan mulut yang buruk, infeksi atau alergi, atau pengaruh cuaca karena penyakit ini juga termasuk panas dalam.

Adapun tumbuhan  yang berkhasiat untuk mengobati sariawan adalah sbb:
  1.  Daun Jambu Biji
    • Rebus dalam 1 liter air: 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saring air hasil rebusan dan minum sehari 2 kali
  2.  Daun Sirih
    • Petik 1 atau 2 lembar daun sirih. Cuci daun hingga bersih lalu kunyah hingga lumat. Biarkan daun sebentar di dalam mulut; terutama di bagian yang terkena sariawan.
  3.  Rimpang Temu Kunci (bahasa jawa: kunci)
    • Rimpang temu kunci dapat dii kunyah lalu di telan. Mengunyah irisan rimpang bersama pinang selain dapat menyembuhkan sariawan juga dapat menyembuhkan batuk kering.
Pada saat menderita penyakit ini, hindarilah memakan makanan yang mengandung minyak dan perbanyaklah minum vitamin C. Demikian, Semoga lekas sembuh.

2 komentar

lama kayaknya ga sakit ini...weh..biasanya kalo kena tak diemin aja sampe sembuh ndiri..ah ya tar terapin kalo gtu biar ceped sembuh ya...thx ya mas bro

malah teman saya pake abu puntung rokok, hiiiih apa ndak perih ya.


EmoticonEmoticon