Feb 24, 2016

Pakai aplikasi Recycle Bin di android untuk menghapus file sementara

Tags


Banyak data yang disimpan di ponsel android, baik itu berupa file dokumen, gambar, musik, dan sebagainya. Didalam sebuah ponsel biasanya memiliki dua penyimpanan yaitu internal sebagai bawaan dari pabrikan dengan kapasitas seadanya atau terbatas, dan external yang merupakan SDcard yang kapasitasnya lebih besar sesuai keinginan, kebutuhan dan sepesifikasi maksimum dari ponsel itu sendiri.
Data atau file-file yang ada di memori itu tetap ada selama tidak dihapus, terkena virus, atau filenya korup/rusak namun jarang terjadi.
Tapi biasanya ponsel akan terasa sedikit lebih berat apabila data di memori terlalu banyak atau mendekati penuh daripada kapasitas memori yang disebut tadi. Dan bersih-bersih file biasanya dilakukan, menghapus2 file2 lama, duplikat, atau yang sudah tidak perlu.
Menghapus satu persatu file akan lebih aman, karena kita teliti sebelum menghapus. Tapi Jika terlalu banyak, pilihlah secara kolektif dan file akan terhapus bersamaan tanpa harus repot jari memilih-milih yang mana yang kusuka :D .
Namun terkadang lupa atau kebablasan menghapus file yang masih perlu, nah kalau sudah terlanjur menghapus  begini yang terjadi adalah :'( bye bye data dan wassalam.  Mungkin ada beberapa cara atau software untuk menyelamatkan korban -maaf- data maksudnya, tapi itu rumit dan kalau gak bisa pasti pusing. Lalu bagaimana? Sekarang mari kita mengingat satu pepatah populer "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Bukan hanya kesehatan, dalam hal ini jg kita bisa terapkan, daripada sibuk mencari cara buat mengembalikan data, kalaupun ada itu mahal karena harus sewa gogoojejek hihii,,, lebih baik kita mencegahnya.
Untuk menghindari kesalahan menghapus, gunakanlah aplikasi resycle bin di ponsel android anda, dengan begitu ketika kita lupa menghapus, maka si pacar yang ditendang itu bisa balikan lagi. Hehe.. maksudnya file bro. Nah jadi file yg dihapus sebetulnya masih da di tong sampah, dan kita bisa balikin lagi ke folder yang memang tempatnya.
Sebagai ilustrasi anda punya file bernama "datapenting.doc" di folder "aplikasi" yang ada di folder "software" pada SDcard. Nah ketika file "datapenting.doc" terlanjur dihapus, maka sebetulnya file tidak hilang tapi berpindah ke Recycle bin karena sudah terinstal aplikasinya. Dan ketika ingin mengembalikannya, maka buka saja aplikasinya dan pilih filenya kemudian restore dan file tersebut akan kembali ke folder aslinya. Selamat deh... nyaris saja.. hehe..
Begitu, jika ingin mencoba memasang aplikasinya silahkan download aplikasi Recycle bin di Google playstore disana banyak gratis, pilih satu saja dari banyak aplikasi recycle bin dan instal, jangan lupa sedikit setting unuk mengtur aplikaainya, pasti bisa..
Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon