Oct 20, 2012

Penyebab baterai Blackberry boros


Sebagai ponsel cerdas, Blackberry memiliki berbagai fitur dan spesifikasi yang lengkap, seperti mendukung untuk layanan internet, fotografi, multimedia, bahkan dokumen, dll. namun faktnya ini tidak serta merta menjadikan Blackberry Smartphone ini tangguh dalam energi atau ketahanan betraai, karena biasanya dengan makin banyaknya fitur yang digunakan, idealnya tenaga akan semakin boros, seperti halnya manusia jika dalam waktu bersamaan dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang banyak, tentu akan cepat menguras tenaga, yang seharusnya sarapan pagi cukup untuk sampai makan siang, karena bekerja berat maka jam 10 sudah lapar lagi :D

Jadi apa penyebab baterai blackberry lebih cepat habis dibandingkan ponsel lain? Ada beberapa penyebabnya, diantaranya adalah:
  1. Kekuatan sinyal operator, semakin bagus dan stabil, baterai akan irit, ini dikarenakan pada proses pencarian signal memerlukan energi yang tidak sedikit.
  2. Lalu-lintas atau Traffic data yg lewat, karena setiap ponsel cerdas memiliki akses yang selalu terhubung ke internet, ini berpengaruh terhadap signal juga, makin banyak data yang lewat seperti layanan internet, feeds, email, dll, baterai semakin boros.
  3. Setting alert, semakin minim, akan semakin irit, seperti contoh diantaranya pada point 4, 5, dan 6:
  4. Vibrate, bikin baterai boros karena merupakan gerakan mekanik yang memerlukan lebih energi daripada untuk menggerakkan software. Jadi manfaatkan opsi profil dan sesuaikan kebutuhan. kalau sekiranya akan terdengar ringtone, matikanlah vibrate.
  5. Volume, semakin kecil, akan semakin irit baterai, setting saja volume suara baik itu ringtone ataupun music secukupnya. Kalu mau kencang suaranya pake speaker mesjid saja heheee..
  6. Led indikator, saya pikir ini tak begitu penting secara kita juga tidak akan melototin led terus kan, nah lebih baik matikan saja, kalau mau tahu ada sesuatu yg masuk ya buka saja langsung, karena biasanya led akan menyala terus sebelum notifikasi dibuka dan akan memakan cukup banyak energi.
  7. Settingan tampilan, seperti brightness, Wallpaper, theme, idealnya semakin terang akan semakin boros, apalagi menggunakan theme animasi. Manfaatkan fitur Dim Backlight pagar cahaya meredup secara otomatis sesuai kebutuhan.
  8. Aktivitas mobilitas kita, semakin sering kita pake pastinya akan semakin boros, apalagi online terus di facebook, twitter, bbm, chatting, game, GPS, aplikasi dll, coba saja bandingkan ketika Blackberry dibiarkan standby akan lebih kuat berjam-jam.
Itulah beberapa penyebab mengapa Blackberry lebih boros dari ponsel lain, walaupun sebetulnya pada dasarnya semua gadget ponsel hampir sama, hanya saja Blackberry lebih memiliki banyak fitur. ini juga bisa dijadikan tips untuk semua ponsel. Terimakasih, semoga bermanfaat.

2 komentar

wah.. baru tau saya, langsung dicoba deh biar makin irit.. heheh

silakan dicoba gan, mudah2n bb nya gak terlalu berat ya


EmoticonEmoticon