Jun 6, 2012

Bagaimana Membedakan Blackberry Asli dan Palsu? awas tertipu...

Akoey Jr. | Jun 6, 2012 - 6/06/2012 | , | 2 comments
Saking pesatnya perkembangan teknologi seluler di dunia, khususnya di Indonesia. Terutama untuk gadget jenis smartphone seperti yang paling populer ini yaitu Blackberry, bukannya gengsi lagi malah barang dibikin obral. Tapi awas, hati-hati dengan gadget yang anda beli, bukannya puas malah teripu barang palsu. Untuk smartphone Blackberry, sekarang sudah banyak dijual murah, dengan berbagai promo, terutama lewat iklan internet online atau lewat jejaring sosial yang lagi marak belakangan ini.

Nah biar tidak kena tipu atau salah beli, apalagi ada uang tak ada barang, hehe.. :P lebih baik kenali dulu BB itu asli apa palsu? lalu bagaimana cara membedakannya? begini, kita bicara logika dulu saja, Harga Blackberry terlaris Gemini normalnya adalah sekitar 1,7 juta-an atau sekitaran, yang beredar sekarang banyak BB sejenis yang ditawarkan jauh dibawah standar harga normal, kembali logikanya harga terlalu murah tersebut tentu tidak jelas, apakah itu Black Market? Cuci gudang? Rekondisi? lebih parah lagi Curian. nah berarti, simpulkan saja bahwa barang itu secara logika bukan asli atau resmi. Boleh saja membeli barang seperti itu, karena mereka yang menjual juga tentu mempunyai niat usaha untuk menghidupi keluarga kan? kita hargai saja aspek tersebut. :) Namun yang membedakan tentu kualitas dan life time nya, Atau bahkan tak jarang beberapa fitur yang tidak berfungsi, harus upgrade lagi dan keluar duit lagi.

Langsung saja berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan sebelum membeli handset Blackberry sekaligus memeriksa apakah Blackberry tersebut asli atau palsu:
  • Mengecek PIN dan IMEI Blackberry
cara membedakan blackberry asli dan palsuPIN dan IMEI setiap handset Blackberry umumnya terletak pada filmware handled, dus/kotak dan stiker yang tertempel pada tempat baterai Blackberry. Nah, untuk mengeceknya PIN dan IMEI, buka menu Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Bisa juga dengan menggunakan shortcut ALT+SHIFT+H (tekan bersamaan) dari layar utama. Selanjutnya akan muncul data-data seperti: Vendor ID, PIN, IMEI dan lain sebagainya.
Cek nomor PIN dan IMEI. Blackberry tiruan tidak akan menampilkan nomor PIN dan IMEI, karena Blackberry palsu memang tidak punya data seperti itu. Jika terdapat data PIN dan IMEI, cocokkanlah dengan dus/kotak untuk memastikan tidak terdapat kesalahan dalam package yang akan
  • Mengecek Internal Data Blackberry
Dengan cara mengecek status Blackberry Pada Home Screen >> pilih Option >> pilih Status. Setelah berada pada tampilan Status, ketikkan BUYR, selanjutnya akan muncul beberapa data tambahan seperti Data Usage (penggunaan data) dan Voice Usage (lama panggilan telpon). Jika Blackberry tersebut benar-benar baru, maka akan menampilkan jumlah data 0 alias NOL. Jika misalnya data yang tampil pada Data Usage: 102 KB dan Voice Usage: 25 mins, itu artinya Blackberry tersebut sudah pernah digunakan.Sebetulnya asli juga, tapi secon-hand artinya sudah digunakan. Ingat juga bahwa segel bisa dipalsukan.
  • Perhatikan logo dan dus/kotak Blackberry
Dus Blackberry biasanya mencantumkan stiker identitas handheld dan hak paten. Biasanya terdapat logo operator seluler berbagai negara. Meski terdapat logo lain negara, jangan khawatir karena Blackberry masih bisa dipakai bila koneksi tak terkunci alias unlock. Perlu diingat, logo di layar LCD harus sama dengan logo yang ada di body.

Pastikanlah bahwa gadget yang anda beli tersebut benar-benar baru. Jika anda membeli gadget Blackberry yang palsu, bukannya asik Blackberry-an, anda justru tidak akan mendapatkan kemewahan support dari RIM (Research in Motion) berupa Blackberry Apps World yang didalamnya berisi ribuan aplikasi BB gratis, Blackberry OS asli, dan banyak support lainnya, yang memang diperuntukkan untuk Blackberry asli keluaran RIM.

Demikian hal diatas adalah tips membeli dan cara membedakan Blackberry asli atau palsu, ketika kita membeli secara langsung ditoko ponsel mungkin akan mudah dijalankan tips tadi diatas, namun jika anda membeli secara online, ini akan sulit karena biasanya transaksi jual beli online umumnya menggunakan sistem kirim uang kirim barang. Jadi berhati-hatilah saat membeli Gadget terutama Blackberry ini. Terkecuali jika dana anda terbatas dan hanya agar memiliki saja, tidak masalah tapi tidak puas pastinya. Semoga bermanfaat. :)

Update artikel kami secara gratis via email, untuk berlangganan silakan masukkan e-mail anda:

Artikel Terkait:


2 komentar:

pulsa elektrik said...

makasih tipnya sob,memang sekarang banyak sekali beredar produk yang imitasinya.

fadli said...

Bagus ,sob , bisa jadi bahan pembelajaran bagi banayka orang dalam hal memilih gadget yang tepat , sangat bermanfaat serta bisa menjadi amal jariyah

Post a Comment