Mar 26, 2011

Beberapa Manfaat Berjalan Kaki


kki Anda mempunyai kesibukan yang sangat padat? atau tidak adak waktu untuk berolahraga? padahal tubuh kita sangat memerlukan pergerakan yang cukup untuk menyeimbangkan kondisinya. Sebetulnya, olah raga itu tidaklah melulu berupa jenis olahraga yang formal, katakanlah disini adalah seperti sepak bola, bulu tangkis, futsal, dsb yang cukup banyak dilakukan kebanyakan oran, padahal olah raga tersebut tidaklah murah dan memerlukan biaya setidaknya untuk beberapa perlengkapan.

Nah, bagi anda yang tidak senang atau sedikit waktu olahraga, terutama untuk orang tua, cobalah lakukan olah raga kecil dengan berjalan kaki, karena jangan salah bawa ternyata berjalan kaki itu, disamping gratis, juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berjalan kaki dapat menurunkan tingkat kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau yang biasa dikenal dengan sebutan kolesterol jahat. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan produksi kolesterol HDL (high density lipoprotein).
  2. Berjalan kaki termasuk aktivitas yang berdampak rendah, tak akan memberatkan sendi dan tidak mempengaruhi ataupun meningkatkan risiko terserang osteoarthritis layakanya aktivitas olahraga lainnya.
  3. Berjalan dapat mengurangi risiko dari berbagai gangguan kesehatan. Dengan berjalan kaki akan lebih tahan terhadap penyakit karena otot-otot kita bergerak secara dinamis.
  4. Menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem kardiovaskuler, mengurangi faktor risiko untuk perkembangan, dan meningkatkan pengelolaan diabetes melitus tipe 2.
  5. Bagi Anda yang sedang berdiet ataupun berusaha menjaga bobot tubuh, berjalan kaki akan sangat membantu mendapatkan bobot tubuh yang diidam-idamkan.
  6. Meningkatkan mood dan kekuatan fisik melalui latihan otot dan mengurangi kemungkinan terserang osteoporosis.(medicmagic/ULF).

Mudah-mudahan bermanfaat, saran saya janganlah terlalu memanjakan kaki anda dengan sedikit-sedikit naik kendaraan, lakukanlah gerakan-gerakan kecil seperti berjalan kaki dengan berkeliling komplek, taman kota, atau dimana saja yang menyenangkan. :)


EmoticonEmoticon