Feb 19, 2011

Mengenal PIN, PIN2, PUK, dan PUK2

Akoey Jr. | Feb 19, 2011 - 2/19/2011 | , | 7 comments

Mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan PIN, PIN2, dan PUK. Ya, adalah berupa digit angka yang berhubungan dengan keamanan dalam hal ini berhubungan dengan ponsel. 
Biasanya anda diminta konfirmasai untuk PIN yang anda buat dengan memasukkan kembali berikutnya untuk memastikan kebenarannya.

Arti dari ketiga istilah tersebut adalah sbb:
  • PIN (Personal Identity Number) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengamankan telepon Anda dari penggunaan.
  • PIN2 (Personal Identity Number 2) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengakses memori prioritas nomor dan biaya panggilan.
  • PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK2 digunakan untuk membuka PIN dan PIN 2 kode masing-masing jika kartu SIM Anda diblokir.
Ketika anda mengaktifkan PIN, maka ponsel anda aman dari tangan lain -selama hanya anda yang tahu nomor PIN anda. Ketika anda ingin mengaktifkan fitur layanan di ponsel anda, maka anda menggunakan PIN2 untuk masuk dan menyimpannya. Namun ketika anda lupa akan nomor PIN dan atau PIN2 anda, maka anda hanya diberi kesempatan 3 kali untuk mencoba nomor yang diyakini, kemudian jika tetap salah maka simcard anda akan terblokir, dan anda diminta untuk memasukkan nomor PUK atau PUK2 untuk membukanya.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan nomor PIN, PIN2 dan PUK? Untuk mendapatkan nomor kemanan tersebut sebetulnya ada beberapa cara berbeda tergantung kebijakan dari operator selulernya sendiri yang digunakan. Ada yang terdapat pada starter-pack pada saat memebeli kartu perdana, adan yang dengan cara menghubungi operator, dll. Namun untuk standarnya biasanya adalah 1234 untuk PIN, sedangkan untuk nomor PIN2 standar adalah 12345. Namun untuk nomor PUK ada sedikit perbedaan tergantung dari kebijakan masing-masing operator seluler sperti yang saya singgung tadi.

Selanjutnya, ketika anda lupa akan nomor-nomor security tersebut, praktis anda tidak akan bisa menggunakan kartu anda walaupun menggunakan ponsel berbeda, (jengkel pastinya). Lalu, apa yang harus dilakukan? ya tentu saja mencari nomor PUK atau PUK2 untuk membuka PIN yang lupa tadi. Tapi bagaimana caranya untuk mendapatkan nomor pembuka nomor kemanan tersebut? sementara operator seluler yang kita gunakan di Indonesia cukup banyak. Tunggu kami di posting selanjutnya.


* untuk cara mendapatkan PUK atau PUK2 Kartu As dan simPATI silakan klik disini.


Update artikel kami secara gratis via email, untuk berlangganan silakan masukkan e-mail anda:

Artikel Terkait:


7 comments:

  1. Indahnya saling berbagi dan mengingatkan kembali, makasih mas tutorialnya. Salam sukses . . .

    ReplyDelete
  2. bagus artikelnya... informatif... makasih...

    ReplyDelete
  3. jiah,,ni dia yg di cari bang,,,barusan kartu qu terblokir gara2 salah pin 3 kali,,!!minta tolong ma teman2 qu,,semuanya bilang op 116 bilang udah di blokir total,,inisiatif terakhir wah gerai hallo telkomsel kayak nya bang...!
    nurut bang gimana..!!

    ReplyDelete
  4. @Eko: makasih mas, sukses slalu...
    @Daengrompa: makasih juga dah mampir mas, salam..
    @Nday: Telkomsel ya? coba akses *116# ikutin perintah selanjutnya sob... nanti ktemu deh.. oke.

    ReplyDelete
  5. kalo kartu three gimana ya?punyaku keblokir ini..
    kalo ada info tolong banget ya...
    :(
    terima kasih sebelumnya..
    ditunggu

    ReplyDelete
  6. Lok Smartfren kode PUK nya apa cz punyaq terblokir

    ReplyDelete
  7. kartu SIM ku 2-2 nya keblokir :(
    Simpati dan Indosat
    gmn dong bang :'(

    ReplyDelete

 

Facebook Page

Followers