Oct 15, 2010

Penyakit Hati, Sebaiknya Kita Kenali

Tags


"Sesungguhnya didalam jasad ada gumpalan, jika gumpalan itu baik, maka baiklah seluruh jasad, dan apabila gumpalan itu rusak, maka seluruh jasad itu juga rusak. Ketahuilah bahwa gumpalan itu adalah hati"

Diatas adalah sabda rasulullah tentang sebuah gumpalan yang ada didalam diri setiap manusia,  dimana gumpalan itu disebut hati, yang dapat menentukan baik atau buruknya seseorang.Termasuk dalam keimannan, hati adalah tempat tekad iman itu berada, dan karena keimanan seseorang itu biasanya bersifat fluktuatif atau pasang surut, dan tidak selalu baik, bahkan selalu saja ada penyakit. Disini kita wajib untuk selalu mengoreksi meneliti dan menjaga kesehatan hati, caranya dengan mengevaluasi secara kontinyu.
Kenapa kita perlu mengenali penyakit hati, tidak jauh berbeda dengan penyakit lahir, karena dengan mengenalinya kita akan senantiasa bertindak untuk mengurangi bahkan menghindarinya, sedang jika kita tidak mengenali penyakit itu biasanya kita akan terjerumus dan penyakit itu akan semakin akut sehingga susah untuk disembuhkan. Untuk itu marilah kita kenali apa saja yang disebut penyakit hati itu, berikut adalah sifat-sifat yang menjadi penyakit hati:
  1. Takabur (sombong). Adalah suatu sifat dan perilaku yang menolak kebenaran dan meremehkan manusia. Seseorang yang mempunyai sifat ini selalu menganggap dirinya yang paling hebat dan paling tinggi derajatnya daripada orang lain. Berbagai hal yang dapat menimbulkan kesombongan diantaranya seperti Ilmu, kekayaan, ibadah, rupa, pangkat, kejayaan, kekuasaan, nasab, dsb. Pada dasarnya sifat Takabur ini terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu:
    1. Takabur terhadap Tuhan
    2. Takabur terhadap Rasul dan kebenaran
    3. Takabur terhadap manusia.
  2. Riya. Adalah suatu sifat yang jika seseorang melakukan perbuatan mengharap dan ingin diketahui oleh orang lain, mengharap pujian, namun sesungguhnya perbuatan itu tidak terpuji.
  3. Ujub. Sifat ini adalah merupakan akar dari sifat takabur, sebuah perilaku yang membanggakan diri, golongan, atau kelompok yang seseorang.miliki. Sifat ini bisa timbul dari kekuatan kelompok, rupa, ketenaran, kejayaan, kekayaan, popularitas, pengikut yang banyak.
  4. Dusta. Sebuah perilaku atau pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dusta atau biasa disebut bohong ini bisa berupa perbuatan dan ucapan. Merupakan dosa besar, karena dapat mengakibatkan hal yang lebih buruk terjadi seperti Fitnah. Akan menjadi dosa yang sangat besar jika seseorang berdusta atas nama Allah dan Rasulullah.
  5. Dengki. Adalah sikap tidak senang ketika seseorang lain mendapat kesenangan, kemudian berusaha menghilangkan kesenangan orang tersebut dengan maksud agar kesenangan orang tersebut perpindah baik kepada si pendengki atupun tidak.
  6. Hasud. Hampir sama dengan dengki, hasud ini adalah sifat seseorang yang selalu ingin menghilangkan kenikmatan orang lain, dengan hasil untuk dirinya atau tidak yang penting seseorang yang dihasudnya kehilangan kesenangannya.
  7. Kikir. Penyakit hati ini adalah sifat tidak berterimakasih anugerah yang telah diberikan. Seorang yang mempunyai sifat kikir akanmenganggap bahwa hartanya adalah hasil usahanya sendiri, sehingga ia tidak memiliki kewajiban untuk membagikannya dengan orang lain yang membutuhkan. Sifat kikir ini disebut juga Pelit.
Nau'dzubillah, tersebut diatas adalah beberapa penyakit hati yang seyogyanya tidak ada dalam diri kita. Namun tidak semata-amata Allah menurunkan sebuah penyakit melainkan dengan penawarnya, begitu pula dengan penyakit hati ini, ada beberapa obat untuk menangkalnya yaitu:
  1. Membaca, atau menyimak ayat-ayat Al-Qur'an
  2. Memperbanyak dzikir
  3. Melakukan sholat malam
  4. Mengingat kematian
  5. Memperbanyak do'a, dan
  6. Menyantuni fakir miskin dan anak yatim.
Dengan mengetahui berbagai macam penyakit hati ini, diharapkan kita dapat menghindari atau setidaknya mengurangi sedikit demi sedikit agar tidak terjangkit penyakit hati. Insya Allah.

8 komentar

penyakit hati adalah pangkal dari semua penyakit...karena itu saya setuju dengan kalimat untuk selalu mengevaluasi atau istilah kerennya check up hati kita dengan cara2 yg udah di sebutkan terakhir.

Sobat:
@zan: Memang benar, dengan cara2 tsb mudah2n kita dpt mengurangi bahkan terhindar dari penyakit hati tsb. krn kadang tanpa sadar kita mengidap salah satu penyakit hati yg ada. makasih sobat, sukses slalu. :)

Setuju Sob.. penyaki2 hati yg udah sobat sebutin emank sebisa mungkin kita hindari hhe... sebelum menjalar dan kronis... makasih buat inspirasinya Sob..... btw, dari kpn nie ganti template?

semangat n happy blogging...

semoga kita terhindar dari sifat yang demikian.. banyak-banyakin istighfar aja, karena kadang secara nggak sadar mungkin kita juga berbuat yang demikian. Nice post..

Salam kenal dari anak kos yang doyan jalan ^_^

Ya Allah jauhkan Diri ini daRi penyakit2 yang akan merusak hidup ini....Amin Ya Rab.

semoga tak akan pernah Mieny jadi jiwa yang sakit

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

Sobat:
@Ferdinand, Gaphe, Mieny, Yohan:
makasih buat smua'y mudah2n dengan mengenal berbagai penyakit ini kita bisa mengurangi, atau terhindar dari penyakit hati. Amien.

thanks smua, happy blogging... ^__^

suatu manfaat yang lebih setelah membaca tulisan diatas :)


EmoticonEmoticon