Sep 1, 2010

Kesabaran Tiada Batas

Tags


Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar. (Q.S. Ali-Imran : 142)

Sabar menurut Al-Quran memiliki arti menahan diri dari sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridho Allah. Sedangkan Imam Ghazali menyebutkan bahwa sabar adalah merupakan ke-khas-an manusia yang memerlukan kekuatan yang berfungsi melawan setiap kecenderungan kepada arah yang tidak sesuai dengan kesucian tersebut, sesuatu yang tidak terdapat pada binatang sebagai factor kekurangannya, dan didalam diri malaikat sebagai kesempurnaannya.

Ada lebih dari 90 ayat didalam Alquran yang menjelaskan tentang satu kata sabar ini, dan Allah menambahkan ketrangannya tentang sejumlah derajat yang tinggi dan kebaikan, dan menjadikannya sebagai buah dari kesabaran. Sabar bukanlah pelengkap, melainkan masalah utama yang dibutuhkan oleh manusia untuk meningkatkan kualitas material dan moralnya. Atau bisa saya sederkanakan sebagai modal untuk mencapi kesejahteraan lahir dan bathin. Sebuah agama tidak akan tegak, dan dunia tidak akan bangkit kecuali dengan sabar. Tidak akan tercapai kemenangan di dunia dan kebahagiaan di akherat kecuali dengan sabar.
Coba kita telaah, kalau bukan karena kesabaran, seorang ibu tidak akan sanggup merawat dan membesarkan anaknya dari mulai mengandung hingga beberapa lama mencapai dewasa. Begitu pula seorang pelajar dengan kesabaran menjalani pendidikan selama bertahun-tahun. Dan banyak lagi contoh kesabaran yang lainnya. 

Disinilah, betapa kesabaran itu bukan sebuah penunjang, melainkan utama dan penting dalam menjalankan kehidupan untuk mencapai suatu tujuan hidup. Pernah dikatakan oleh Yusuf Qardawi, bahwa setiap orang yang berhasil didunia ini pasti mencapai mencapai keberhasilannya melalui kesabaran, mereka merasakan kepahitan, kepedihan, penderitaan, dan mengalami kesulitan seperti ibrat berjalan diatas padang berduri.
Bisa saja mereka mengalami kegagalan namun bangkit dengan kekuatan dan kesabarannya. Mungkin juga mereka menghadapi berbagai musibah namun dengan sabar melewatinya. Dan sabar seperti inilah, sabar dalam menghadapi musibah atau cobaan adalah merupakan tingkatan sabar yang yang paling diutamakan diantara yang lainnya,karena setiap muslim akan mampu bersabardalam menunaikan kewajiban dan menahan diri dari berbagai larangan, sedangkan untuk menghdapi cobaan dari Allah tak semua mampu melewatinya karena hal ini merupakan kesabaran yang paling berat.

Lalu bagaimana dengan batas kesabaran itu? Apakah ada? Pertanyaan ini sebetulnya tak berbeda dengan bagaimana dengan rasa saying seorang ibu pada anaknya? Adakah batas kasih Allah pada Hambanya? Dan tidak ditemukan dalam Alqur’an dan hadits sahih mengenai batas kesabaran ini. 
Didalam bukunya yang berjudul ”Shabar satu prinsip gerakan Islam”, Dr. Yusuf Qhardawi menyebutkan beberapa hal yang merusak kesabaran, yaitu: isti’jal (ketergesaan), al-ghadhab (marah), terlalumeratapi kesedihan, dan putus asa. Dan akhirnya bias disimpulkan bahwa batasan kesabaran itu adalah tiada lain melainkan kematian.

“dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka perbuat” ingatlah sobat, bahwa Allah tidak akan menyalahi janjiNya.

1 komentar so far

sulit sekali menerapkan sabar..huff, apalg mkn tinggi tngkat keimanan seseorg, maka mkn tinggi pula tingkat ujian kesabarannya...yah semoga sj kt trmsk yg diberi kekuatan u bersabar...Amin.


EmoticonEmoticon